Peningkatan kemampuan dalam membuat media promosi melalui pelatihan edit foto produk menggunakan aplikasi photoroom

Tri Mulyani, Purwanto Purwanto, Yeny Fitriyani

Abstract


Abstrak

Penggunaan alat-alat pengeditan foto, seperti aplikasi Photoroom, telah menjadi langkah penting dalam memastikan bahwa setiap gambar yang digunakan dalam pemasaran online memiliki kualitas yang memadai. Kendati Photoroom dapat digunakan untuk visualisasi produk yang menarik, akan tetapi banyak individu dan pelaku usaha belum banyak yang mengetahuinya. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan para mitra dalam melakukan edit foto produk sebagai media promosi dengan menggunakan aplikasi Photoroom. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan kurang lebih 45 hari yaitu dimulai dari 20 Juli sampai dengan 30 September 2023 di Desa Adipuro, Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang. Mitra yang terlibat dalam kegiatan ini sebanyak 15 remaja di Desa Adipuro yang memiliki orang tua sebagai pemilik usaha kecil. Kegitan pengabdian dilaksanakan melalui tiga tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pengabdian ini telah memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan kemampuan para peserta dalam melakukan edit foto produk sebagai media promosi dengan menggunakan aplikasi Photoroom. Sebelum dilaksanakannya pengabdian, data awal menunjukkan bahwa hanya 66,7% peserta yang memiliki kemampuan sangat baik dalam menggunakan smartphone. Namun, setelah pelaksanaan pengabdian, terjadi peningkatan yang mencolok, di mana 93,3% peserta menunjukkan kemampuan yang sangat baik dalam memanfaatkan smartphone untuk keperluan editing foto. Tingginya persentase peserta yang meningkatkan kemampuan dalam menggunakan smartphone dapat dianggap sebagai indikator keberhasilan pengabdian.

 

Kata kunci: pengabdian kepada masyarakat; pelatihan; photoroom.

 

Abstract

Photo editing tools, such as the Photoroom application, have become essential in ensuring that every image used in online marketing is of sufficient quality. Even though Photoroom can be used to visualize attractive products, many individuals and business people need to learn about it. This service aims to improve partners' abilities in editing product photos as promotional media using the Photoroom application. This service activity will be carried out for approximately 45 days, from July 20 to September 30, 2023, in Adipuro Village, Kaliangkrik District, Magelang Regency. The partners involved in this activity were 15 teenagers in Adipuro Village whose parents were small business owners. Service activities are carried out through three stages: planning, implementation, and evaluation. This service has had a significant impact on increasing the participants' ability to edit product photos as promotional media using the Photoroom application. Before the service, initial data showed that only 66.7% of participants had excellent smartphone use abilities. However, after carrying out the service, there was a striking increase, where 93.3% of participants showed excellent skills in using smartphones for photo editing purposes. The high percentage of participants who improve their smartphone use indicates the success of their service.

 

Keywords: community service; training; photoroom


Keywords


community service; training; photoroom

Full Text:

PDF

References


Adha, S. (2022). Faktor Revolusi Perilaku Konsumen Era Digital: Sebuah Tinjauan Literatur. JIPIS, 31(2), 134–148.

Afifah, P., Jatmiko, E., & Wahid, M. A. R. (2023). Pelatihan Manajemen Pemasaran Melalui Photoroom pada UMKM di Desa Braja Harjosari, Kec Braja Selebah Lampung Timur. Peduli: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 91–95.

Aziz, P. F., Pinem, S., & Zalzulifa. (2022). PKM Pemberdayaan Digital Marketing Pada Usaha Kreatif. Jurnal IKRAITH-ABDIMAS, 5(2), 143–150.

Darmayanti, R., Utami, D. A. B., Subarkah, P., Alrasyid, H., & Trinarsih, N. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Informasi Nearpod sebagai Inovasi Pembelajaran di Era 5.0. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(4), 2249–2255.

Fadilah, T. N., Purwanto, P., & Alfianto, A. N. (2022). Tingkat Pengetahuan dan Produk Halal dalam Keputusan Pembelian Makanan Halal. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 18(1), 1–10.

Febriyanti, T., & Farida, S. N. (2023). Peran Foto Produk Sebagai Media Promosi Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Produk UMKM Desa Karangan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 20–27.

Gustiana, R., Hidayat, T., & Fauzi, A. (2022). Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Suatu Kajian Literatur Review Ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia). Jemsi: Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informsi, 3(6), 657–666.

Irawan, P. L. T., Kestrilia Rega Prilianti, & Melany. (2020). Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM) Melalui Implementasi E-Commerce di Kelurahan Tlogomas. Jurnal SOLMA, 9(1), 33–44. https://doi.org/10.29405/solma.v9i1.4347

Kisworo, B., Desmawati, L., Arbarini, M., & Shofwan, I. (2022). Pendampingan Wirausaha Digital Kelompok Sadar Wisata Desa Kalongan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(2), 160–167.

Lestarie, T., Khoirinka, R. P., Zaqiyah, N., Putri, S., Dewi, L., Desidin, A. Q., … Nurlaila, N. (2024). Evaluation Of The Family Capacity Building Meeting Program ( P2K2 ) Of The Family Hope Program Implementation Unit (UPPKH) Of Tasikmalaya City In The Cipedes And Mangkubumi Area Sectors. NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 25–35.

Muchammad, M., Purwanto, Maryono, Ansori, M., & Hasyim, A. F. (2023). Digitalization of Marketing as an Effort to Increase Sales of Agricultural Products. CONSEN: Indonesian Journal of Community Services and Engagement, 3(2), 40–50. https://doi.org/10.57152/consen.v3i2.890

Natania, A. T., & Dwijayanti, R. (2023). Pemanfaatan Platform Digital sebagai Sarana Pemasaran bagi UMKM. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 12(1), 1–8.

Novitasari, D. S., Marseto, & Nisa, F. L. (2023). Pedampingan UMKM Menuji Industri Kreatif melaui Implementasi Digital Marketing kepada Pelaku UMKM Desa Kedungdalem, Kabupaten Probolinggo. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(3), 1536–1543.

Purwanto. (2018). Teknik penyusunan instrumen uji validitas dan reliabilitas penelitian ekonomi syariah. Magelang: StaiaPress.

Suliswaningsih, Febriyantib, N. A., & Sita, D. L. (2023). Pemberdayaan PKK Desa Ketenger Melalui Pelatihan Edit Foto Produk Sebagai Media Promosi Menggunakan Aplikasi Photoroom dan Snapseed PKK Empowerment in Ketenger Village Through Product Photo Editing Training as Promotional Media Using the Photoroom and Sna. Community Engagement & Emergence Journal, 4(3), 267–275.

Syukri, A. U., & Sunrawali, A. N. (2022). Digital marketing dalam pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah. Kinerja: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 19(1), 170–182. https://doi.org/10.30872/jkin.v19i1.10207




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i1.22275

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: