Pelatihan produksi tv dan film di SMK Nasional Kayu Tanam

Ezriani Ezriani, Nitasri Murawaty Girsang, Vicia Dwi Prakarti, Dynia Fitri, Septriani Septriani, Khairunnisa Khairunnisa

Abstract


Abstrak

Proses  Produksi Televisi dan Film merupakan salah satu pengetahuan penting bagi siswa – siswi  SMK khususnya yang memilih jurusan dibidang tersebut. Namun sering sekali kegiatan proses produksi dilakukan dengan tahapannya belum sesuai, oleh karena itu sangat dibutuhkan pelatihan yang berkelanjutan untuk dapat mengatasi permasalahan tersebut. Kegiatan pelatihan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan guru dan peserta didik di SMK Nasional Kayu Tanam tentang proses Produksi Televisi dan Film. Metode pelatihan yang digunakan pada pelaksaaan pelatihan ini adalah metode ceramah. Adapun yang menjadi mitra/peserta pelatihan adalah guru dan siswa/ siswi SMK Nasional Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatera Barat  yang terdiri dari 6 orang guru dan 21 orang siswa/siswi. Ceramah diberikan dalam ruangan kelas yang dimulai dengan perkenalan, penjelasan materi, tanya jawab, dan pemberian doorprize. Materi yang disampaikan meliputi materi tahapan pra produksi, tahapan produksi dan tahapan pasca produksi TV dan Film. Kegiatan pelatihan ini berhasil memberikan pemahaman kepada guru dan peserta didik tentang pengetahuan proses produksi televisi dan film. Pelatihan ini dapat meningkatkan kreativitas guru dalam memberikan pembelajaran melalui media audio visual, sedangkan bagi peserta didik dapat membantu kesulitan dalam belajar dengan memanfaatkan media pembelajaran  audio-visual. Pelatihan ini juga dilakukan dalam upaya untuk meningkatan SDM SMK Kayu Tanam dalam menghasilkan lulusan yang mampu bersaing dengan kebutuhan industri global.

 

Kata kunci: pelatihan; produksi; TV dan film

 

Abstract

The Television and Film Production Process is an important piece of knowledge for vocational school students, especially those who choose to major in this field. However, production process activities are often carried out in inappropriate stages, therefore ongoing training is needed to be able to overcome these problems. The training activity aims to increase the knowledge of teachers and students at Kayu Tanam National Vocational School about the Television and Film Production process. The training method used in implementing this training is the lecture method. The partners/training participants are teachers and students of Kayu Tanam National Vocational School, Padang Pariaman Regency, West Sumatra Province, consisting of 6 teachers and 21 students. Lectures are given in the classroom starting with introductions, explanation of the material, questions and answers, and giving door prizes. The material presented includes material on pre-production stages, production stages and post-production stages for TV and film. This training activity was successful in providing teachers and students with an understanding of the knowledge of the television and film production process. This training can increase teacher creativity in providing learning through audio-visual media, while students can help with learning difficulties by utilizing audio-visual learning media. This training is also carried out in an effort to improve the human resources of Kayu Tanam Vocational School in producing graduates who are able to compete with the needs of global industry.

 

Keywords: training; production; TV and film.


Keywords


training; production; TV and film.

Full Text:

PDF

References


Abuddin Nata, (2011) Prespektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 181.

Audrey, Atika Wibi, Yuni Aninda Murfiyana, Ahmad Muzaki, and Riana Anjarsari. 2023. “PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENDUKUNG KARIR SISWA SMK N 3 METRO MELALUI PROGRAM BMW.” PANDU : Jurnal Pendidikan Anak Dan Pendidikan Umum 1(4). doi: 10.59966/pandu.v1i4.654.

Brown, J. (2017). Casting for Film and Television. Los Angeles: Screenplay Publishing.

Haryanto, (2012) dalam artikel “Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli” http://belajarpsikologi.com/pengertianpendidikan-menurut-ahli/diakes pada tanggal 18 Desember 2022

Johnson, R. (2018). Film Financing: A Practical Guide. Chicago: MediaFin Press.

Mu’awanah, (2011) Strategi Pembelajaran Cet 1. Kediri: Stain Kediri Press, 27

Reisz, K., & Millar, G. (2018). The Technique of Film Editing. Boston: Focal Press.

Smith, K. (2020). Screenwriting: The Art and Craft. San Francisco: Writers' Hub.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jakarta: Kemendikbud.

Tim Pengembang Kurikulum. (2019). Buku Panduan Pengembangan Kurikulum SMK. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMK.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i2.23570

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: