Pelatihan pembuatan alat peraga pembelajaran fisika berbasis sensor dan mikrokontroler di SMK Pelita Persada kota Tangerang

Muhamad Fajar Muarif, Reza Syafrizal, Miftahul Ulum, Satria Raka Pratama

Abstract


Abstrak

Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dilakukan oleh Tim Dosen Fakultas Sains Universitas Sultan Maulana Hasanuddin Banten di SMK Pelita Persada Kota Tangerang untuk membantu siswa mengenal, merangkai, dan mengoperasikan alat peraga pembelajaran fisika berbasis sensor dan mikrokontroler untuk memahami konsep fisika. Peserta pelatihan ini adalah siswa kelas XI jurusan TKJ di SMK Pelita Persada Kota Tangerang. Tahapan kegiatan yakni tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap pelaporan. Kegiatan PkM berjalan lancar dan disambut baik oleh mitra. Hal ini dilihat dari hasil survey yang diisi langsung oleh mitra yang terdidir dari indikator kesesuaian materi dengan kebutuhan mitra memperoleh 75% setuju dan 25% sangat setuju, kejelasan dan kemudahan memahami materi memperoleh 69% setuju dan 31% sangat setuju, pelayanan Tim PkM dan kebermanfaatan teknologi bagi mitra memperoleh persentase yang sama yakni 13% setuju dan 88% sangat setuju, waktu pelaksanaan kegiatan memperoleh persentase 50% setuju dan 50% sangat setuju, serta rencana pelaksanaan tindak lanjut kegiatan memperoleh persentase 44% setuju dan 56% sangat setuju.

 

Kata kunci: alat peraga fisika; sensor; mikrokontroler

 

Abstract

Community Service (PkM) was carried out by the Lecturer Team at the Faculty of Science, Sultan Maulana Hasanuddin University, Banten, at Pelita Persada Vocational School, Tangerang City, to help students recognize, assemble, and operate sensor and microcontroller-based physics teaching aids to understand physics concepts. Participants in this training are class XI students majoring in TKJ at SMK Pelita Persada, Tangerang City. The activity stages are the preparation stage, implementation stage and reporting stage. PkM activities ran smoothly and were well received by partners. This can be seen from the results of a survey filled out directly by partners, which consists of indicators of suitability of material to partner needs, with 75% agreeing and 25% strongly agreeing, clarity and ease of understanding the material, getting 69% agree and 31% strongly agree, PkM Team service and usefulness. Technology for partners received the same percentage, namely 13% agreed, and 88% strongly agreed; the time for implementing the activity received a percentage of 50% agree, and 50% strongly agreed, and the plan for implementing follow-up activities received a percentage of 44% agree and 56% strongly agree.

 

Keywords: physics teaching aids; sensors; microcontrollers


Keywords


physics teaching aids; sensors; microcontrollers

Full Text:

PDF

References


Alaa, S., Qomariyah, N., Wirawan, R., Angraini, L. M., Syamsuddin, S., & Sukrisna, B. (2019). Peningkatkan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran Fisika Berbasis Metode Eksperimen. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 2(2), 1. https://doi.org/10.31764/jpmb.v2i2.868

Astuti, I. A. D., & Bhakti, Y. B. (2021). Kajian Etnofisika Pada Tari Piring Sebagai Media Pembelajaran Fisika. Prosiding SINASIS (Seminar Nasional Sains), 2(1), 477–482. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/5387

Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 57. https://doi.org/10.21009/1.03108

Atika, A., Kosim, K., Sutrio, S., & Ayub, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning Berbasis Android Pada Materi Fluida Statis. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 13–17. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.381

Dahlan Achmad, Christalomegatli Victor, Haryansyah, & Prayogi Denis. (2017). Implementasi Perangkat Berbasis Mikrokontroler Sebagai Sistem Pengendali Kursi Roda. Journal of Applied Microcontrollers and Autonomous System, 3(1), 1–13.

Dunn, W. C. (2008). Introduction to Instrumentation and Control. In Control.

Indrasari, W., Firmansyah, H., & Trie, A. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Sederhanan Berbasis Sensor Ultrasonik di MAN 7 Jakarta. 1, 1–4. https://doi.org/10.21009/jpmsa.v1i2.23336

Kurniawati, I. D., & Nita, S.-. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540

Nurul Qomariyah, Rahadi Wirawan, Hiden, Suhayat Minardi, & Lalu Sahrul Hudha. (2022). Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Fisika Untuk Madrasah Aliyah (MA). Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(1), 103–106. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i1.1373

Purwanti, A., Sutopo, & Wisodo, H. (2017). Penguasaan Konsep Materi Kinematika pada Siswa SMA Kelas X Dengan Menggunakan Pembelajaran Multirepresentasi. Jurnal Pendidikan : Teori Penelitian Dan Pengembangan, 2(4), 575–578.

Putra, D. P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Kartun 3D. Jurnal Literasi Digital, 1(2), 88–93. https://doi.org/10.54065/jld.1.2.2021.17

Rahmawati, Y., Febriyana, M. M., Bhakti, Y. B., Astuti, I. A. D., & Suendarti, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Game Edukasi: Analisis Bibliometrik Menggunakan Software VOSViewer (2017-2022). Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 13(2), 257–266. https://doi.org/10.26877/jp2f.v13i2.13170

Simaremare, A., Promono, N. A., Putri, D. S., Mallisa, F. P. P., Nabila, S., & Zahra, F. (2022). Pengembangan Game Edukasi Fisika Berbasis Augmented Reality pada Materi Kinematika untuk Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 203. https://doi.org/10.20527/jipf.v6i1.4893

Subekti, Y., & Ariswan, A. (2016). Pembelajaran fisika dengan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 252. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.6278

Yosua, R., Fauzan, A., Kistiani, K., & Astuti, I. A. D. (2020). Aplikasi KALFIS (Kalkulator Fisika) berbasis matlab untuk membantu analisis eksperimen fisika. Navigation Physics : Journal of Physics Education, 1(2), 59–62. https://doi.org/10.30998/npjpe.v1i2.201

Yusro, A. C., & Sasono, M. (2016). Penggunaan Modul Ilustratif Berbasis Inkuiri Terbimbing Pokok Bahasan Kinematika Gerak Lurus Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemandirian Siswa Kelas Vii Smpn 14 Madiun. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 2(1), 29. https://doi.org/10.25273/jpfk.v2i1.22

Yusro, M., & Diamah, A. (2019). Sensor dan Transduser Teori dan Aplikasi. In Universitas Negeri Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i2.24157

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: