Pengabdian masyarakat : membangun kemampuan penetapan harga produk makanan sesuai tren pasar dan target konsumen bagi UMKM

Aliah Ghina, Leriza Desitama Anggraini, Reny Aziatul Pebriani

Abstract


Abstrak

UMKM di Indonesia memainkan peran penting dalam perekonomian nasional. Namun, banyak UMKM masih mengalami kesulitan dalam menentukan harga produk makanan yang optimal. Hal ini dapat menghambat pertumbuhan dan keberlanjutan usaha mereka.Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membangun kemampuan UMKM dalam menetapkan harga produk makanan yang sesuai dengan tren pasar dan target konsumen. Penerapan metode kegiatan ini melibatkan pemanfaatan teknik pelatihan, pendampingan, dan konsultasi. Materi pelatihan mencakup konsep penetapan harga, analisis tren pasar, analisis target konsumen, dan strategi penetapan harga yang efektif.  Hasil kegiatan menyatakan bahwa ada perubahan yang terjadi dalam peningkatan pemahaman UMKM tentang konsep penetapan harga, peningkatan kemampuan UMKM dalam menganalisis tren pasar dan target konsumen, peningkatan kemampuan UMKM dalam menetapkan harga produk makanan yang optimal.

 

Kata kunci: UMKM; harga produk penjualan; harga jual; tren pasar; target konsumen

 

Abstract

MSMEs in Indonesia play an important role in the national economy. However, many MSMEs still experience difficulties in determining optimal prices for food products. This can hinder the growth and sustainability of their business. The aim of this community service activity is to build the ability of MSMEs to set prices for food products in accordance with market trends and consumer targets. This activity method is carried out using training, mentoring and consultation methods. Training materials cover pricing concepts, market trend analysis, consumer target analysis, and effective pricing strategies. The results of the activity stated that there were changes that occurred in increasing MSMEs' understanding of the concept of pricing, increasing the ability of MSMEs in analyzing market trends and target consumers, increasing the ability of MSMEs in setting optimal prices for food products.

 

Keywords: MSMEs; product sales prices;  selling prices;  market trends; consumer targets


Keywords


MSMEs; product sales prices; selling prices; market trends; consumer targets

Full Text:

PDF

References


Bangun, N., Natsir, K., & Ngadiman, N. (2023). Pelatihan Penentuan Harga Pokok Produksi Pada Kelompok UMKM di Kelapa Dua Tangerang. Jurnal Bakti Masyarakat …, 6(2), 321–328.

bpkgoid. (n.d.). Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Handayani, R., & Manajemen, P. S. (2020). Sosialisasi Penghitungan Harga Pokok Penjualan Dan Harga. 6(1), 1–8.

Keuangan, S., & Perekonomian, D. A. N. (2023). 9102-28625-1-Sm. 11(2), 133–144.

Limansete, H. (n.d.). UMKM Menjadi Pilar Penting dalam Perekonomian Indonesia.

Luh Gede Bevi Libraeni, Desmayani, N. M. M. R., Devi Valentino Waas, Ayu Gede Willdahlia, Gede Surya Mahendra, Ni Wayan Wardani, & Putu Gede Surya Cipta Nugraha. (2022). Pelatihan Penentuan Harga Pokok Penjualan pada Toko Kue Dapur Friska. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(2), 255–265. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v3i2.973

Publikasi, A. J., Fahriani, D., Dwi Anggraini, A., Wadhah, A. N., Syarif’ah, S. N., & Pramesari, F. T. (2023). 614-618) 2,3,4,5 Fakultas Ekonomi. Rangkah Kidul Sidoarjo, 1(6), 61234.

Risawati, Dihadjo, D., & Azizah, N. (2022). Pengabdian Deli Sumatera Jurnal Pengabdian Masyarakat Pengabdian Deli Sumatera Jurnal Pengabdian Masyarakat. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 2–4.

Turangan, J. A. (2021). Perhitungan Harga Pokok Penjualan Dan Harga Jual Produk Untuk Keberlangsungan Umkm Dapur Pipit, Jambi. Prosiding SENAPENMAS, 735. https://doi.org/10.24912/psenapenmas.v0i0.15096

Wulandari, E., Prasetyo, M. S., & Purwanti, T. (2022). Pengabdian Kepada Masyarakat Di Usaha Sepatu Mojo, Pelatihan Perhitungan Harga Pokok Produksi (Hpp) Dalam Menentukan Harga Jual. Budimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 1–7. https://doi.org/10.29040/budimas.v4i2.5704

Yustitia, E., & Adriansah, A. (2022). Pendampingan Penentuan Harga Pokok Produksi (HPP) dan Harga Jual pada UMKM di Desa Sawahkulon. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.32764/abdimas_ekon.v3i1.2506




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i2.24666

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: