Penyuluhan manajemen pembiayaan pendidikan yang berkelanjutan bagi pengelola pendidikan anak usia dini

Siti Sanisah, Nurin Rochayati, Muhammad Alfin Tarmizi, Irmawati M. Banmalei, Lia Azali, Nurul Wathoni, Baiq Rauhun, Ipayati Ipayati

Abstract


Abstrak

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberi penguatan tentang manajemen pembiayaan pendidikan yang berkelanjutan kepada pengelola PAUD. Pengabdian dilakukan secara langsung dengan memberikan penyuluhan melalui tahapan koordinasi awal, perencanaan, pelaksanaan penyuluhan, kontrol dan evaluasi, serta penyusunan laporan. Mitra strategis selama pelaksanaan pengabdian adalah IGTKI Kecamatan Jonggat dengan melibatkan 26 orang pengelola PAUD di Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah sebagai sasaran penyuluhan. Pengabdian berproses dengan baik, pelaksanaan kegiatan sesuai dengan hasil koordinasi awal dan perencanaan yang sudah disusun sebelumnya, terdapat peningkatan pengetahuan peserta dari 55 (pre-test) menjadi 94 (post-test), dan terpenuhinya indikator keberhasilan proses penyuluhan. Untuk memaksimalkan capaian, disarankan agar pemerintah atau stakeholder lebih memperhatikan penyelenggaraan PAUD dengan cara memberikan dampingan dan pembinaan secara intens, termasuk dalam hal pengelolaan pembiayaan pendidikan yang berkelanjutan agar pengelolaan pendidikan menjadi lebih terarah, efektif, dan efisien menuju pendidikan bermutu untuk semua.

 

Kata kunci: penyuluhan; manajemen; pembiayaan pendidikan berkelanjutan; pendidikan anak usia dini

 

Abstract

This community service aims to reinforce sustainable education financing management to PAUD managers. The service is carried out directly by providing counseling through initial coordination, planning, implementation of counseling, control and evaluation, and preparation of reports. The strategic partner during the implementation of the service was IGTKI Jonggat Subdistrict involving 26 PAUD managers in Jonggat Subdistrict, Central Lombok Regency as the counseling target. The service process went well, the implementation of activities resulted from the initial coordination and planning that had been prepared previously, there was an increase in participant knowledge from 55 (pre-test) to 94 (post-test), and the fulfillment of the success indicators of the extension process. To maximize achievements, it is recommended that the government or stakeholders pay more attention to the implementation of PAUD by providing intense assistance and guidance, including in terms of sustainable education financing management so that education management becomes more directed, effective, and efficient towards quality education for all.

 

Keywords: extension; management; financing continuing education; early childhood education


Keywords


extension; management; financing continuing education; early childhood education

Full Text:

PDF

References


Afriyie, A. O. (2015). Financial Sustainability Factors of Higher Education Institutions: A Predictive Model. International Journal of Education Learning and Development, 2(3), 17–38.

Altalibi, G. M. (2024). Financial Sustainability In Higher Education Institutions: Accounting Perspective. Educational Esministration: Theory And Practice, 2024(5), 1421–1426. https://doi.org/10.53555/kuey.v30i5.3102

Basir, M. (2015). Pengaruh Kerja Tim Terhadap Kinerja Guru SMP. Journal of EST, 1(September), 8–19.

Cernostana, Z. (2017). Financial Sustainability for Private Higher Education Institutions. Institute of Economic Research, 17(17), 1–10.

Dakhi, Y. (2016). Implementasi POAC terhadap Kegiatan Organisasi dalam Mencapai Tujuan Tertentu. Jurnal Warta, 53(9), 1679–1699. https://bit.ly/3ycD5sQ

Hidayat, A. N., Sauri, R. S., Rhamdani, N., Alam, R., & Kusmiyati, N. (2023). Manajemen Pembiayaan Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMA Al Qona’ah Baleendah Kabupaten Bandung. Muntazam: Jurnal Manajenem Pendidikan Islam, 04(01), 30–37.

Kurniady, D. A., Setiawati, L., & Nurlatifah, S. (2014). Education Financing Management on Quality of Vocational School. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 263–269.

Laktionova, A., Koval, S., & Prystupa, L. (2022). Financial Sustainability of Higher Education Institutions in The Context of Ensuring Their Develpoment. Khmelnytskyi National University, Ukraine, 6(2), 95–100. https://doi.org/10.31891/2307-5740-2020-288-6-14

Lee, R. D., Johnson, R. W., & Joyce, P. G. (2013). Public Budgeting Systems. In Jones & Bartl ett Learning Publisher (Ninth Edit). Jones and Bartlett Publishers. https://doi.org/10.1142/9789813222076_0018

Maemunah, M., & Isnaini, I. (2023). Penyuluhan Pendidikan Politik Mahasiswa UMMAT Menjadi Pemilih Cerdas Menuju Integritas Pemilu 2024. Jurnal Pengabdian Mandiri, 2(10), 2177–2184.

Mesiono, & Haidir. (2020). Manajemen Pembiayaan Pendidikan (Analisis Konsep dan Implikasinya Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan). Jurnal Hikmah, 17(2), 61–73.

Muhajir, N. M. N., Bachtiar, M., & Fauzi, A. (2023). Pentingnya Manajemen Pembiayaan dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 4684–4689.

Murdianingrum, Y., Sudiyono, Sulistiono, A. A., & Perdana, N. S. (2020). Efektivitas Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia DIni (1st ed.). Pusat Penelitian Kebijakan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta.

Rahmawati, S. N. A., & Supriyanto, A. (2020). Pentingnya Kepemimpinan dan Kerjasama Tim Dalam Implemeentasi Manajemen Mutu Terpadu. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n1.p1-9

Sanisah, S. (2023). Budget Policy in Education (1st ed.). Deepublish: Yogyakarta.

Sanisah, S., Edi, Ihsani, B. Y., Darmurtika, L. A., Arif, Tarmizi, M. A., Karim, S., & Banmalei, I. M. (2024). Workshop Penyusunan Rencana Strategis Berbasis Blue Ocean Strategy. 7(1), 123–135.

Sanisah, S., & Santosa, H. (2023). Education Budget Fluctuation and Its Relevance to the Achievement of Human Development Index on the Dimension of Education. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 9(1), 140–150. https://doi.org/10.33394/jk.v9i1.7041

Soemarti, L., & Kundrat, K. (2022). Faktor yang Mempengaruhi Perubahan Perilaku Masyarakat dalam Pemanfaatan Sampah Domestik untuk Bahan Baku Pembuatan (MOL) Sebagai Upaya Meningkatkan Sanitasi Lingkungan dalam Mendukung Gerakan Indonesia Bersih. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(2), 141–154. https://doi.org/10.30999/jpkm.v12i2.2183

Sudarmono, S., Hasibuan, L., & Us, K. A. (2021). Pembiayaan Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 266–280. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1

Susanto, M. (2019). The Legislative Role in The Budgeting Process in Indonesia. ICONPO (International Conference on Public Organization), 9(2), 163–180. https://doi.org/10.22212/jnh.v9i2.954

Ziolo, M., & Sergi, B. S. (2019). Financing Sustainable Development: Key Challenges and Prospects (1st ed.). Springer Berlin Heidelberg.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i3.25278

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: