Pendampingan siswa dalam pembelajaran matematika dengan memanfaatkan media pembelajaran permainan ular tangga di SMP Negeri 42 Samarinda

Indriasri Raming, Syaripuddin Syaripuddin, Fidia Deny Tisna Amijaya, Qonita Qurrota A’yun, Desi Febriani Putri, Sri Wigantono, Rinancy Tumilaar, Andri Azmul Fauzi, Wasono Wasono, Asmaidi Asmaidi, Hardina Sandariria, Rabbiatul Adawiyah, Auliya Rahman, Melati Elvita, Dimas Raditya, Said Said

Abstract


Abstrak

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran penting pada kurikulum yang berlaku di Indonesia. Pada pembelajaran matematika dibutuhkan suatu alat yang dapat digunakan untuk memudahkan siswa memahami apa yang telah disampaikan oleh guru di kelas. Salah satu contoh media pembelajaran adalah menggunakan media permainan ular tangga edukasi yang telah teruji validitasnya dalam meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa. Pembelajaran matematika di SMPN 42 Samarinda masih menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hal ini mengakibatkan siswa kesulitan dalam memahami pelajaran terdata hanya 10,53% siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal. Prodi Matematika FMIPA Universitas Mulawarman memberikan kontribusi untuk mengadakan kegiatan pengabdian terkait pendampingan siswa di SMPN 42 Samarinda dalam pembelajaran matematika dengan memanfaatkan media permainan ular tangga. Jenis kegiatan ini adalah pra-eksperimen dengan model one group po-test pos-test design. Subjek pengabdian ini adalah siswa kelas VII sebanyak 32 orang. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan pendampingan kepada siswa dalam pembelajaran matematika dengan harapan adanya peningkatan hasil belajar dan siswa lebih terlatih dalam pembelajaran matematika. Hasil yang diperoleh menunjukan adanya peningkatan yang cukup signifikan dari rata-rata nilai pre-test (48,67) sampai post-test (73.33). Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan uji Wilcoxon, diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Sesuai kaidah pengambilan keputusan dalam uji Wilcoxon, jika nilai sig. (2-tailed) < 0,05 maka hipotesis H0 ditolak yaitu terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test. Jadi dapat disimpulkan bahwa tim pengabdian kepada masyarakat berhasil meningkatan hasil belajar siswa SMPN 42 Samarinda.

 

Kata kunci: pembelajaran matematika; media pembelajaran; permainan ular tangga.

 

Abstract

Mathematics is one of the important subjects in the curriculum in Indonesia. In learning mathematics, a tool is needed that can be used to make it easier for students to understand what has been conveyed by the teacher in class. One example of learning media is using educational snakes and ladders game media that has been tested for validity in improving students' understanding and learning outcomes. Mathematics learning at SMPN 42 Samarinda still uses conventional learning methods. This results in students' difficulties in understanding the lessons recorded, only 10.53% of students achieving the Minimum Completion Criteria. The Mathematics Study Program, FMIPA, Mulawarman University, contributed to holding community service activities related to mentoring students at SMPN 42 Samarinda in learning mathematics by utilizing snakes and ladders game media. This type of activity is a pre-experiment with a one group po-test post-test design model. The subjects of this community service were 32 grade VII students. The purpose of this activity is to provide mentoring to students in learning mathematics with the hope of improving learning outcomes and students practicing more in learning mathematics. The results obtained showed a significant increase from the average pre-test score (48.67) to post-test (73.33). Furthermore, the data was analyzed using the Wilcoxon test, obtaining a sig. (2-tailed) value of 0.000. According to the decision-making rules in the Wilcoxon test, if the sig. (2-tailed) value <0.05 then the H0 hypothesis is rejected, namely there is a significant difference between the pre-test and post-test results. So it can be concluded that the community service team has succeeded in improving the learning outcomes of SMPN 42 Samarinda students.

 

Keywords: mathematics learning; learning media; snakes and ladders game.


Keywords


mathematics learning; learning media; snakes and ladders game.

Full Text:

PDF

References


Anisa W, C. F. (2023). Pengaruh Media Permainan Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar dan Pemahaman Konsep Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV SDN Lebaksiu Kidul 04. Wawasan Pendidikan, 427-439. doi:https://doi.org/10.26877/wp.v3i1.11936

Azhar, S. (2022). PENGARUH MEDIA POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI. Jakarta: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH.

Haryono E, S. M. (2023). STATISTIKA SPSS 28. Bandung: WIDINA BHAKTI PERSADA BANDUNG.

Kurnia I, G. N. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA BERBASIS ANDROID PADA POKOK BAHASAN GEJALA PEMANASAN GLOBAL UNTUK PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA 1). Jurnal Pembelajaran Fisika, 54-61. doi:https://doi.org/10.19184/jpf.v7i1.7225

Maulina R, A. D. (2022). Pelatihan pengolahan data menggunakan minitab bagi pegawai fungsional perencana. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 9. doi:https://doi.org/10.29303/rengganis.v2i1.157

Maysaroh, S. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII IPA SMP N 7 Muaro Jambi. Jurnal Pendidikan biologi, 2598-4284. doi:https://doi.org/10.30631/edu-bio.v3i1.139

Nurhasanah A, G. R. (2022). Rancangan Media Permainan Ular Tangga Untuk Pembelajaran Seni Tari di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH, 195-206. doi:https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v9i2.53037

Nurussofa R, A. H. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS), 22-28. doi:https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.4183

Prilili, A. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Games Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Kelas XI IPA 2 SMAN Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singigi Tahun Ajaran 2018/19. Pekanbaru: Universitas Islam Riau.

Rivai I, K. M. (2022). Penerapan Media Ular Tangga Berbantuan Kartu Angka untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas II. Jurnal Kualita Pendidikan, 2774-2156. doi:https://pdfs.semanticscholar.org/9e44/35f73068cfb9c7433e4b5a0db127c81f2a0c.pdf




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i4.27224

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: