Peningkatan kompetensi MGMP matematika di Kabupaten Bintan melalui pelatihan pengembangan media pembelajaran berbasis digital dengan konteks kemaritiman

Nurul Hilda Syani Putri, Nur Asma Riani Siregar, Een Sumarni

Abstract


Abstrak

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru MGMP Matematika SMP di Kabupaten Bintan dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi digital dengan konteks kemaritiman. Sebanyak 45 peserta terlibat, mewakili MGMP dari berbagai SMP/MTs di Kabupaten Bintan. Metode pelaksanaan meliputi ceramah, diskusi, demonstrasi, dan tugas terbimbing. Materi pelatihan mencakup pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran, desain media menggunakan Canva, serta pembuatan media berbasis aplikasi dengan Smart Apps Creator (SAC).  Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 30% peserta sangat mampu dan 70% mampu menggunakan Canva, sedangkan 16% sangat mampu dan 84% mampu menggunakan SAC. Selain itu, 17% peserta sangat mampu dan 83% mampu mengintegrasikan konteks kemaritiman dalam media pembelajaran. Pelatihan ini memberikan manfaat signifikan, seperti meningkatkan wawasan dan keterampilan guru dalam membuat media pembelajaran interaktif yang relevan dengan konteks lokal. Kesimpulannya, pelatihan berhasil mendukung pengembangan kompetensi guru dalam menyusun media pembelajaran berbasis digital yang efektif dan bermakna, meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pengaitan materi dengan kearifan lokal. 

 

Kata Kunci: kompetensi; media pembelajaran; digital; kemaritiman; MGMP matematika. 

 

Abstract

This training aimed to enhance the competence of MGMP Mathematics teachers at junior high schools in Bintan Regency in developing application-based digital learning media with a maritime context. A total of 45 participants from various junior high schools and Islamic junior high schools (SMP/MTs) in Bintan Regency took part. The methods employed included lectures, discussions, demonstrations, and guided assignments. Training materials covered the use of information technology in teaching, designing media with Canva, and developing application-based media using Smart Apps Creator (SAC).  The evaluation results revealed that 30% of participants were highly proficient and 70% were proficient in using Canva, while 16% were highly proficient and 84% were proficient in using SAC. Additionally, 17% of participants were highly proficient and 83% were proficient in integrating maritime context into learning media. This training significantly benefited the participants by improving their knowledge and skills in creating interactive learning media relevant to local contexts. In conclusion, the training successfully supported the development of teachers' competence in designing effective and meaningful digital learning media, fostering students' motivation by integrating subject matter with local maritime wisdom. 

 

Keywords: competence; learning media; digital; maritime; MGMP mathematics 


Keywords


competence; learning media; digital; maritime; MGMP mathematics

Full Text:

PDF

References


Arnandi, F., Siregar, N., & Fitriawan, D. (2022). Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Smart Apps Creator pada Materi Bilangan Bulat di Sekolah Dasar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 345–356. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.1110

Effendi, D., & Wahidy, D. A. (2019). PEMANFAATAN TEKNOLOGI DALAM PROSES PEMBELAJARAN MENUJU PEMBELAJARAN ABAD 21. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG 03 MEI 2019 (pp. 125–129). Palembang.

Fatmawati, Hasbi, & Nurdin K. (2020). Dampak Implementasi Manajemen Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS Terhadap Profesionalitas Guru SMP Negeri di Palopo. Retrieved from https://jurnaldidaktika.org/

Fricticarani, A., Hayati, A., R, R., Hoirunisa, I., & Rosdalina, G. M. (2023). Strategi Pendidikan Untuk Sukses Di Era Teknologi 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(1), 56–68. https://doi.org/10.52060/pti.v4i1.1173

Hanifah Salsabila, U., Irna Sari, L., Haibati Lathif, K., Puji Lestari, A., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138

Isnaini, K. N., Sulistiyani, D. F., & Putri, Z. R. K. (2021). Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 291. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6434

Juniarti, Y., & Ramadan, G. (2021). Pelatihan Pembuatan dan Penerapan Multimedi media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Aplikasi Smart Apps Creator (SAC) di TK Kabupaten Limboto. Jurnal Sibermas (Sinergi Pemberdayaan Masyarakat), 10(3), 647–661. https://doi.org/10.37905/sibermas.v10i3.13461

Mutiara Jaiz , Rian Vebrianto, Zulhidah, M. B. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal BASICEDU, 4(4), 1201–1211.

Rizanta, G. A., & Arsanti, M. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Masa Kini. Prosiding Seminar Nasional Daring, 2, 560–568. Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1381

Saerang, H. M., Lembong, J. M., Sumual, S. D. M., & Tuerah, R. M. S. (2023). Strategi Pengembangan Profesionalisme Guru di Era Digital: Tantangan dan Peluang. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 65–75. https://doi.org/10.19109/elidare.v9i1.16555

Sari, V. K., Rusdiana, R. Y., & Putri, W. K. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Canva bagi Guru SMPN 1 Tegalampel Bondowoso. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(3). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i3.952

Sobiruddin, D., Dwirahayu, G., Kustiawati, D., & Satriawati, G. (2020). Pendampingan Bagi Guru RA di Pandeglang-Banten dalam Memanfaatkan Media ICT Berbasis Proyektor Interaktif. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 13–20. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v4i1.1892

Susanti, Putri, N. H. S., & Sumarni, E. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Dengan Konteks Kemaritiman Bagi Guru Di SMP N 1 Bintan. JA, 5, 147–159.

Tsurayya, G., Haq, A., Sismulyasih Sb, N., & Purwati, P. D. (2024). Canva-based Smart Apps Creator Media to Enhance Comprehension Skills of Informational Text for Third-Grade Students. International Journal of Elementary Education, 8(2), 385–393. Retrieved from https://doi.org/10.23887/ijee.v8i2.77090

Windrawanto, Y. (2015). Pelatihan Dalam Rangka Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru: Suatu Tinjauan Literatur. Satya Widya, 31(2), 90. https://doi.org/10.24246/j.sw.2015.v31.i2.p90-101




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i4.27287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: