Pelatihan pembuatan media pembelajaran digital untuk mendukung implementasi pembelajaran berdiferensiasi di SMP Negeri 17 Bintan
Abstract
Abstrak
Pengabdian kepada Masyarakat ini dilatarbelakangi oleh temuan permasalahan mitra berkaitan dengan implementasi pembelajaran sesuai Kurikulum Merdeka. Implementasi pembelajaran terdiferensiasi di SMP Negeri 17 Bintan belum didukung oleh bahan ajar yang menyesuaikan kebutuhan belajar peserta didik. Pada umumnya guru masih mengalami kesulitan merancang bahan ajar pembelajaran berdiferensiasi yang menyesuaikan kebutuhan peserta didik. Kendala utama guru ialah masih belum memiliki pemahaman yang baik terkait strategi merancang bahan ajar yang disesuaikan dengan hasil diagnostik kebutuhan belajar peserta didik. Alasan lain ialah kurangnya penguasaan teknologi dapat mengembangkan media pembelajaran digital. Oleh karena itu, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam mengembangkan media pembelajaran yang dapat digunakan untuk mendukung efektivitas pembelajaran berdiferensiasi di kelas. Metode PKM ini terdiri dari sosialisasi, pelatihan, penerapan teknologi dan evaluasi media pembelajaran digital hasil karya guru. Hasil evaluasi PKM menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada pemahaman peserta dalam merancang bahan ajar terdiferensiasi, dan peningkatan keterampilan menggunakan teknologi Canva, Powtoon, dan Smart Apss Creator untuk mendesain media pembelajaran digital. Berdasarkan hasil evaluasi dapat disimpulkan bahwa kegiatan PKM berhasil meningkatkan keterampilan guru mendesain media pembelajaran digital terdiferensiasi sesuai kebutuhan belajar peserta didik.
Kata kunci: media pembelajaran digital; pembelajaran berdiferensiasi,;canva; powtoon; smart apps creator.
Abstract
The community service project is motivated by the findings of issues faced by partners regarding the implementation of learning in accordance with the Merdeka Curriculum. The differentiated learning implementation at SMP Negeri 17 Bintan has not been supported by teaching materials that align with the learning needs of students. Initial studies revealed that teachers generally still struggle to design differentiated learning materials that meet student needs. The main challenge for teachers is their lack of understanding regarding strategies for designing teaching materials tailored to diagnostic assessments of students' learning needs. Another reason is the insufficient mastery of technology to develop digital learning media. Therefore, this training aims to enhance teachers' understanding and skills in developing learning media that can be used to support the effectiveness of differentiated learning in the classroom. The methods used in this community service program include socialization, training activities, guided assignments, and evaluation of the digital learning media created by teachers. Evaluation results show a significant improvement in participants' understanding of designing differentiated teaching materials and an increase in skills using technology like Canva, Powtoon, and Smart Apps Creator for designing digital learning media. This activity is expected to positively impact the quality of learning at SMP Negeri 17 Bintan.
Keywords: digital learning media; differenciated learning; canva; powtoon; smart apps creator.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraena, Y., Ginanto, D., Felicia, N., Andiarti, A., Herutami, I., Alhapip, L., … Mahardika, R. L. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen:Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. In Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia.
Attalina, S. N. C., Efendi, A., Fasya, N. A., & Nailufar, D. A. (2023). Pelatihan Digital Interaktif Berbasis PowToon Dalam Pembelajaran Tematik Di SDN 3 Menganti. Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa, 6(1), 21–25.
Danim, S., Hamzah, S., Afrina, M., & Fiona, E. (2024). Pemberdayaan Kreativitas Guru Sekolah Indonesia Di Malaysia Melalui Mobile Learning Berbantuan Smart Apps Creator Untuk Mendukung Implementasi Pembelajaran Terdiferensiasi Empowering the Creativity of Indonesian School Teachers In Malaysia Through Mobile. Jurnal Abdimas (Jornal of Community Service): Sasambo, 6(2), 284–295.
Digna, D., & Widyasari, C. (2023). Teachers’ Perceptions of Differentiated Learning in Merdeka Curriculum in Elementary Schools. International Journal of Elementary Education, 7(2), 255–262. Retrieved from https://doi.org/10.23887/ijee.v7i2.54770
Direktorat Riset, Teknologi, dan P. K. M. (2024). Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Jakarta: Ditjen Diktiristek Kemendikbudristek.
Ekaningtiass, P., Fitriani, H., Nurudin, M. N., & Akhodiyah, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Teknologi pada Materi Teks Prosedur untuk Siswa Kelas VII SMP. Journal on Education, 6(1), 841–847. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3000
Izzati, N., Antika, R., Susanti, & Siregar, N. A. R. (2020). Pembimbingan Guru Dalam Mengembangkan Soal Kategori HOTS di MGMP Matematika SMP Kota Tanjungpinang. JMM Jurnal Masyarakat Mandiri, 4(3), 370–381. Retrieved from http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/2511%0Ahttps://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/download/2511/pdf
Izzati, N., Tambunan, L. R., Susanti, S., & Siregar, N. A. R. (2019). Pengenalan Pendekatan STEM sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Anugerah, 1(2), 83–89. https://doi.org/10.31629/anugerah.v1i2.1776
Malikah, S., Winarti, W., Ayuningsih, F., Nugroho, M. R., Sumardi, S., & Murtiyasa, B. (2022). Manajemen Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5912–5918. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3549
Munti, N. Y. S., & Syaifuddin, D. A. (2020). Analisa Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1799–1805.
Nurbayani, A., Rahmawati, E., Nurfaujiah, I. I., Putriyanti, N. D., Fajriati, N. F., Safira, Y., & Ruswan, A. (2021). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Liveworksheets sebagai LKPD Interaktif Bagi Guru-guru SD Negeri 1 Tegalmunjul Purwakarta. Jurnal UPI, 1(2), 126–133. Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/IJOCSEE/
Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 86–96. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456
Rahadian, D. (2017). Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan kompetensi teknologi pembelajaran untuk pengajaran yang berkualitas. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 234–254.
Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, M. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Abdimas Siliwangi, 4(2), 335–343. Retrieved from http://dx.doi.org/10.22460/as.v4i2p%25p.6859
Setiawan, A., Alpindo, O., & Astuti, P. (2022). Development of interactive multimedia using Adobe Animate software on the material of sequences and series for class XI MAN Bintan. Jurnal Gantang, 7(1), 29–38. https://doi.org/10.31629/jg.v7i1.4523
Siregar, N. A. R., Susanti, S., Liana, M., & Elvi, M. (2023). Pelatihan E-LKPD Interaktif Menggunakan Liveworksheets untuk Guru SMP Negeri 14 Tanjungpinang. Jurnal Anugerah, 5(1), 83–94. https://doi.org/10.31629/anugerah.v5i1.5659
Supriyadi, S., Lia, R. M., Rusilowati, A., Isnaeni, W., Susilaningsih, E., & Suraji, S. (2022). Penyusunan Instrumen Asesmen Diagnostik untuk Persiapan Kurikulum Merdeka. Journal of Community Empowerment, 2(2), 67–73. https://doi.org/10.15294/jce.v2i2.61886
Supriyanto, S. (2022). Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Canva Melalui Kegiatan In House Training. Asas Wa Tandhim: Jurnal Hukum, Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 1(2), 107–120. https://doi.org/10.47200/awtjhpsa.v1i2.1144
Surur, M., S., L. D. K., H., A. F., Sugianto, R., Jannah, S., & Udzri, K. R. (2024). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Inovatif Berbasis Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital. JurDedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 8(1), 85–98. https://doi.org/10.33369/jurnalinovasi.v4i1.27417
Susanti, S., Elvi, M., Siregar, N. A. R., Liana, M., Izzati, N., & Prastowo, A. Y. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi sesuai Kurikulum Merdeka oleh Guru Matematika pada Sekolah Penggerak di Kabupaten Bintan. Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Tambunan, L. R., Siregar, N. A. R., & Susanti, S. (2020). Implementasi E-book Berbasis Smartphone pada Materi Polinomial di Kelas XI SMA Negeri 4 Tanjungpinang. Jurnal Anugerah, 2(2), 91–98. https://doi.org/10.31629/anugerah.v2i2.2521
Wulandari, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 682–689. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.620
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i4.27316
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: