Pemberdayaan UMKM batik khas Jember Desa Sumberpakem melalui pelatihan desain dan digital marketing : peran teknologi online dalam meningkatkan akses pasar dan profitabilitas
Abstract
Abstrak
Pengabdian ini berfokus pada pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Batik Khas Jember di Desa Sumberpakem, Kecamatan Sumberjambe, Kabupaten Jember. Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan penerapan teknologi online serta manajemen keuangan, Pengabdian ini menguraikan implementasi kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Program Pengabdian Berbasis Pengembangan Desa Binaan (PROBANGDEBI)). Pendekatan edukatif dan pelatihan interaktif digunakan untuk membantu UMKM memperluas akses pasar dan meningkatkan profitabilitas. Metode pelaksanaan mencakup tiga tahap utama: Analisis Situasi Lapangan: Pengabdi menganalisis kondisi dan tantangan yang dihadapi oleh pelaku UMKM. Dari sini, mereka dapat mengidentifikasi area di mana teknologi online dapat memberikan dampak positif. Selanjutnya pengembangan materi edukatif: Tim Pengabdi mengembangkan materi edukatif yang relevan dengan kebutuhan UMKM. Ini mencakup pelatihan tentang penggunaan desain grafis dan strategi pemasaran. Implementasi Teknologi Online UMKM diberikan pelatihan dan pendampingan dalam menerapkan teknologi online dalam bisnis mereka. Ini melibatkan penggunaan platform e-commerce, media sosial, dan alat digital lainnya. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pengetahuan dan penggunaan teknologi online oleh pelaku UMKM. Dengan adanya pendekatan ini, diharapkan UMKM dapat lebih kompetitif, memperluas jangkauan pasar, dan meningkatkan profitabilitas mereka.
Kata kunci: batik sumber pakem; pasar digital; teknologi online; akses pasar; profitabilitas.
Abstract
This service focuses on empowering Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) of Jember Special Batik in Sumberpakem Village, Sumberjambe District, Jember Regency. In order to improve understanding and application of online technology and financial management, and describe the implementation of Community Service activities of the Village Development-Based Service Program (PROBANGDEBI)). An educational approach and interactive training are used to help MSMEs expand market access and increase profitability. The implementation method includes three main stages: Field Situation Analysis: The Community Service analyzes the conditions and challenges faced by MSME actors. From here, they can identify areas where online technology can have a positive impact. Next is the development of educational materials: The Community Service Team develops educational materials that are relevant to the needs of MSMEs. This includes training on the use of graphic design and marketing strategies. Implementation of Online Technology MSMEs are given training and assistance in implementing online technology in their businesses. This involves the use of e-commerce platforms, social media, and other digital tools. The evaluation results showed a significant increase in knowledge and use of online technology by MSME actors. With this approach, MSMEs can be more competitive, expand their market reach, and increase their profitability.
Keywords: batik sumber pakem; digital market; online technology; market access; profitability.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hanif, S. R., & others. (2020). Pemanfaatan Smartphone Dan Media Sosial Untuk Promosi Online Serta Aplikasi Pembukuan Guna Memaksimalkan Kemajuan Teknologi Pada Umkm Di Kelurahan Joglo, Kecamatan Banjarsari. 2020. IJECS: Indonesian Journal of Empowerment and Community Services, 1(1).
Istifadhoh, N., Wardah, I., & Stikoma, T. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing Pada Pelaku Usaha Batik Ekoprint. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 147–152.
Kurniawati, D., Oktanita, Nur Karimah, C., & Eka Ardhi Pratama, F. (2022). Pemberdayaan Wirausahaan Batik Disabilitas Melalui Digital Marketing di Kabupaten Jember. J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(3), 379–385. https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v7i3.3540
Primanata, R. O., Harjianto, H., & Irwan H, M. S. (2021). Eksplorasi Ragam Nilai Karakter Bangsa Berbasis Kearifan Lokal dalam Motif Batik Khas Banyuwangi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1), 27. https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i1.1138
Rosliyati, A., & Iskandar, Y. (2022). Pengaruh Literasi Keungan Terhadap Kinerja UMKM Bordir Tasikmalaya. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 5(1), 756–762.
Rukiah, Y., Akbar, T., & Ranuhandoko, F. C. N. (2021). Promosi Keripik Kentang “Terbang” Ibu Yati Oma Melalui Label Produk Kemasan. TRIDHARMADIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Jayakarta, 1(2), 109–122.
Septiani, R. N., & Wuryani, E. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Inklusi Keuangan Terhadap Kinerja Umkm Di Sidoarjo. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(8), 3214. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i08.p16
Sugiarti, S. (2020). Penerapan Tata Kelola Keuangan Pada Pelaku Usaha Di Kelurahan Jimus Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten. Budimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 69–75. https://doi.org/10.29040/budimas.v2i2.1357
Sulisawati, D. N., Amalia, D., & Djamali, M. F. (2021). Eksplorasi Konsep Dilatasi Etnomatematika pada Batik Tembakau Jember. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 4(1), 56–64.
Wijayanti, A. (2023). Edukasi pola bisnis di masa new normal. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 407–414.
DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i4.28157
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
Jurnal Selaparang
p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X
EDITORIAL OFFICE: