Workshop pembuatan media pembelajaran berbasis Augmented Reality bagi guru

Ruqiah Ganda Putri Panjaitan, Yuliati Indrayani, Kiki Prio Utomo, Ayong Hiendro, M. Irfani Hendri

Abstract


Abstrak

Perkembangan teknologi dan informasi dalam bidang pendidikan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pengembangan media pembelajaran. Berkaitan dengan perkembangan teknologi dan media pembelajaran, media pembelajaran yang dapat dikembangkan yaitu media pembelajaran Augmented Reality. Media pembelajaran berbasis Augmented Reality adalah media pembelajaran yang menggabung dunia maya dan dunia nyata dalam bentuk dua dimensi atau tiga dimensi pada waktu yang bersamaan. Penggunaan media pembelajaran berbasis Augmented Reality dapat menjadikan proses pembelajaran lebih efektif, menarik, dan bermakna. Dalam pengembangan media pembelajaran berbasis Augmented Reality memerlukan kemampuan dan keterampilan guru dalam menggunakan teknologi yang dapat dibentuk melalui kegiatan workshop. Tujuan dari pelaksanaan workshop ini yaitu untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman bagi guru terkait pengembangan media pembelajaran berbasis Augmented Reality. Metode yang digunakan yaitu perencanaan awal kegiatan, sosialisasi, penyampaian materi, sesi diskusi, dan pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis Augmented Reality yang didampingi oleh tim pelaksana. Melalui workshop ini guru mampu membuat media pembelajaran berbasis Augmented Reality yang inovatif dan menarik.

 

Kata kunci: teknologi; media pembelajaran; Augmented Reality; workshop.

 

Abstract

The development of technology and information in the field of education can improve the quality of learning through the development of learning media. In connection with the development of technology and learning media, the learning media that can be developed is Augmented Reality learning media. Augmented Reality-based learning media is learning media that combines the virtual world and the real world in two-dimensional or three-dimensional form at the same time. The use of Augmented Reality-based learning media can make the learning process more effective, interesting and meaningful. Developing Augmented Reality-based learning media requires teachers' abilities and skills in using technology which can be formed through workshops. The aim of holding this workshop is to provide knowledge and experience for teachers regarding the development of Augmented Reality-based learning media. The methods used are initial planning of activities, socialization, delivery of material, discussion sessions, and training in creating Augmented Reality-based learning media accompanied by the implementing team. Through this workshop, teachers are able to create innovative and interesting Augmented Reality-based learning media.

 

Keywords: technology; learning media; Augmented Reality; workshop.


Keywords


technology; learning media; Augmented Reality; workshop.

Full Text:

PDF

References


Al Ikhsan, I., Supriadi, N., & Gunawan, W. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality: Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(2), 289. https://doi.org/10.30998/jkpm.v7i2.12839

Arifah, A. R., Winarni, R., & Suhita, R. (2023). Media Pembelajaran Augmented Reality sebagai Media Inovatif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia: Literature Review. . Prosiding Seminar Nasional, 8–15.

Febriningrum, D. P., & Purwaningsih, S. M. (2022). ngaruh Aplikasi Assemblr Edu Berbasis Teknologi Augmented Reality terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas XI IPS SMAN 8 Surabaya. Journal Pendidikan Sejarah, 13(1), 1–10.

Harahap, K. G., & Pradana, H. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Digital terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal on Education, 6(3), 17218–117223.

Haryani, P., & Ariyana, R. (2024). Workshop Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) dalam Pembelajaran. SOROT : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 64–68. https://doi.org/10.32699/sorot.v3i1.6585

Irsan, I., G, A. L. Nurmaya., Pertiwi, A., & R, F. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Inovatif Menggunakan Canva. Jurnal Abdidas, 2(6), 1412–1417. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i6.498

Isma, A., Isma, A., Isma, A., & Isma, A. (2023). Peta Permasalahan Pendidikan Abad 21 di Indonesia. Jurnal Pendidikan Terapan, 11–28. https://doi.org/10.61255/jupiter.v1i3.153

Musliadi, & Daud, F. (2022). Pengembangan Media Berbasis Augmented Reality (AR) pada Pembelajaran Biologi Kelas XI SMA Negeri 13 Pangkep. Journal of Biological Education, 5(2), 83–93.

Nurcahyo, A., Ishartono, N., Waluyo, M., Sutama, S., & Sari, F. I. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) Dengan Software Paint 3D Bagi Guru Matematika SMP. Jurnal Terapan Abdimas, 7(2), 154. https://doi.org/10.25273/jta.v7i2.11772

Purnamawati, Supriadi, Arfandi, A., Ponta, T., & Mukhlisin. (2021). Panduan Penggunaan Media Pembelajaran Augmented Reality (AR). Universitas Negeri Makassar.

Setyawan, B., Rufii, N., & Fatirul, Ach. N. (2019). Augmented Reality Dalam Pembelajaran IPA Bagi Siswa SD. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 78–90. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n1.p78--90

Sinensis, A. R., Firdaus, T., Mustofa, M. I., Puspita, I., & Chandra, A. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Augmented Reality (AR) untuk Meningkatkan Literasi Digital Guru di SMP Negeri 3 BP Peliung. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(5), 584. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v5i5.14166

Sugiarto, A. (2022). Peggunaan Media Augmented Reality Assemblr Edu untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peredaran Darah. Madaris: Jurnal Guru Inovatif, 1–13.

Untari, R. S., Hasanah, F. N., Wardana, M. D. K., & Jazuli, M. I. (2022). Pengembangan Augmented Reality (AR) Berbasis Android Pada Pembelajaran Pemodelan Bangun Ruang 3D. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 7(5), 190. https://doi.org/10.17977/jptpp.v7i5.15238

Wandira, S. A., Fatmawati, K., Antika, A. R., & Pujiarti, E. (2022). Produksi Media Pembelajaran Berbasis Video pada Siswa Pendidikan Tingkat Dasar. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 16(02), 162–178. https://doi.org/10.32806/jf.v16i02.6271




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v9i3.30197

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: