PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN POWERPOINT DI MI MUHAMMADIYAH WANGON

Ali Nur Ikhsan, Muslimin Hidayat, Jali Suhaman

Abstract


ABSTRAK

MI Muhammadiyah Wangon merupakan salah satu sekolah yang mempunyai tenaga pendidik atau guru dengan rentang usia yang variatif, dalam menyajikan bahan ajar para guru mempunyai cara yang variatif juga. Di masa pandemi Covid-19 ini para guru dalam menyajikan bahan ajar masih merasa kesulitan untuk membuat video pembelajaran yang komunikatif dan interaktif. Tim pengabdian kepada Masyarakat (PkM) memberikan pelatihan pembuatan video pembelajaran dengan menggunakan PowerPoint. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini yaitu berupa workshop. Tim PkM melakukan pelatihan secara langsung dengan 1 narasumber sebagai pemateri workshop dan 2 pendamping untuk mendampingi peserta dalam pelaksanaan workshop. Pelatihan ini dapat menambah pengetahuan dan kemampuan peserta dalam membuat video pembelajaran yang komunikatif dan interaktif.

 

Kata kunci: pelatihan; video; interaktif; powerpoint; workshop.

 

ABSTRACT

MI Muhammadiyah Wangon is one of the schools that has mentors or teachers with various age ranges, and has various way of presenting teaching materials as well. During the Covid-19 pandemic, teachers in presenting teaching materials still found it difficult to make communicative and interactive learning videos. The community service team (PkM) provides training on making learning videos using PowerPoint. The method used in this training is a workshop. The PkM team conducts direct training with 1 person as a speaker and 2 assistants to assist participants in the implementation of the workshop. This training can increase the knowledge and abilities of participants in making communicative and interactive learning videos.

 

Keywords: training; video; interactive; power point; workshop.


Keywords


training; video; interactive; power point; workshop.

Full Text:

PDF

References


Ardiansah, F., & Miftakhi, D. R. (2019). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis PowerPoint Bagi Tenaga Pendidik Paud Himpaudi Kecamatan Gabek Kota Pangkalpinang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Universitas Bangka Belitung, 6, 16–24.

EMIS. (2020). EMISPENDIS. http://emispendis.kemenag.go.id/dashboard/index.php?content=madrasah&action=lbg&nss=111233020003.

Juanita, S., Hayati, P., & Sakti, D. V. S. Y. (2018). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYAJIKAN PRESENTASI MENARIK DAN INTERAKTIF BAGI GURU PKBMNEGERI 27 PETUKANGAN DENGAN PELATIHAN MICROSOFT POWERPOINT. SEBATIK, 528–533.

Nurrita, T. (2018). Development of circle learning media to improve student learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 03(01), 171–187. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099

Rusli, M., Winarso, E., & Putri, D. (2020). Pelatihan Microsoft Powerpoint Dasar Bagi Guru Guru Paud Kabupaten Bekasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 12–15. http://112.78.142.42/index.php/kalbisabdimas/article/view/22

Shedriko, Setiawan, H. S., & Kusmayadi. (2018). Pelatihan Perangkat Lunak Powerpoint untuk Meningkatkan Kinerja Guru di SD dan SMP 19 Muhammadiyah Sawangan Depok. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 151–158.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i3.4795

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: