UPAYA PENCEGAHAN PLAGIARISME DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI MENDELEY DALAM MELAKUKAN PENULISAN SITASI DAN REFERENSI

Nila Puspita Sari, Lenny Nofriyani Adam

Abstract


ABSTRAK

Menulis skripsi masih menjadi salah satu syarat mahasiswa untuk memperoleh gelar sarjana. Tujuan pelaksanaan kegiatan pengabdian ini adalah memberikan sosialisai terkait plagiarisme serta penulisan sitasi dan daftar pustaka kepada mahasiswa yang sedang menulis karya ilmiah sebagai tugas akhir untuk mencegah plagiarisme utamaya ­self-plagiarism. Kegiatan ini dilakukan di STIPAS St. Petrus Keuskupan Atambua, Kefamenanu yang dihadiri oleh 20 orang peserta yakni mahasiswa semester akhir yang sedang menulis tugas akhir. Kegiatan ini dilakukan dengan dua tahap, pertama pemberian angket terkait pemahaman peserta tentang aplikasi Mendeley dan plagiarism. Kegiatan kemudian dilanjukan dengan pemberian materi terkait plagiarism dan aplikasi Mendeley. Selanjutnya, peserta diajarkan cara menggunakan aplikasi Mendeley, mulai dari penginstalan hingga pada bagaimana pengaplikasian Mendeley dalam membuat referensi. Kegiatan kemudian diakhiri dengan pemberian angket terkaut kepuasan pelaksanaan kegiatan oleh peserta dan pemahaman peserta terkait aplikasi Mendeley setelah dilakukan pelatihan. Mahasiswa lebih sadar dalam melakukan sitasi dan juga penulisan referensi untuk menghindari plagiarism khususnya self-plagiarism dalam penulisan tugas akhir mereka. Peserta juga sangat antusias dengan penggunaan aplikasi Mendeley dalam menulis daftar referensi. Berdasarkan hal tersebut, pemahaman terkait isu-isu plagiarisme kaitannya dengan penulisan kutipan dan daftar pustaka perlu ditingkatkan lagi untuk mencegah bertambahnya perilaku plagiarisme. Selanjutnya, pendampingan lebih lanjut juga dilakukan kepada peserta baik secara langsung maupun melalui grup Whatsapp.  

 

Kata Kunci: plagiarisme; sitasi; mendeley.

 

ABSTRACT

Writing a thesis is still one of the requirements for students to obtain a bachelor's degree. This activity aims at giving material related to plagiarism also about citation and references to the final grade students who are writing their thesis to avoid plagiarism, particularly self-plagiarism. This activity has been conducted in STIPAS St. Petrus Keuskupan Atambua, Kefamenanu, that was attended by 20 students. It was conducted by two steps, firstly by spreading questionnaire related to students’ understanding about Mendeley and plagiarism. It was also continued to give material about Mendeley and plagiarism. Besides, the students also were taught about using that application started by installing till applying in making references. This activity was ended by spreading questionnaire secondly related their satisfaction about this activity and also their understanding about material has been presented. There are more aware in citation and writing references to avoid plagiarism particularly self-plagiarism in their thesis. Besides, the students are also enthusiastic in making references using Mendeley. Based on that case, students understanding related to plagiarism issues in relation to citation and references is suggested to be improved to avoid plagiarist. For the next part, accompanying the students in applying those things are still conducting directly or by Whatsapp.

 

Keywords: plagiarism; citation; Mendeley.


Keywords


plagiarism; citation; Mendeley.

Full Text:

PDF

References


Herqutanto, H. (2013). Plagiarisme, Runtuhnya Tembok Kejujuran Akademik. EJournal Kedokteran Indonesia, 1(1), 1–3. https://doi.org/10.23886/ejki.1.1589.1-3

Ilham. (1998). Apa itu sitasi. In Apa itu sitasi (pp. 1–9). https://osf.io/preprints/inarxiv/kebt3/

Istiana, P. (2013). Membuat Sitasi dan Daftar Pustaka. ResearchGate, May 2013. https://www.researchgate.net/publication/270050381_Membuat_Sitasi_dan_Daftar_Pustaka

Mufid, M. (2015). Pedoman Sitasi dalam Penulisan Karya Tulis: Penulisan Karya Tulis Dalam Modern Language Association (MLA) Style. 1–9. http://repository.uin-malang.ac.id/465/

Nur, A. S. (2019). HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI PLAGIARISME DENGAN KEPERCAYAAN PENGGUNA TENTANG KEAKURATAN SOFTWARE TURNITIN DI UNIVERSITAS INDONESIA Oleh: Sofia Nur Aisyah 1. Universitas Airlangga Repository.

Rosmini Silaban. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Menulis Metode Latihan Siswa Kelas 1 SD Negeri 014 Pagaran Tapah Darusalam. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1, 16–24.

Shadiqi, M. A. (2019). Memahami dan Mencegah Perilaku Plagiarisme dalam Menulis Karya Ilmiah. Buletin Psikologi, 27(1), 30. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.43058

Soelistyo, H. (2011). Plagiarisme : pelanggaran hak cipta dan etika.

Surachman, A. (2016). Panduan Gaya Penulisan Sitiran Karya Ilmiah. In Panduan Gaya Penulisan Sitiran Karya Ilmiah (pp. 1–12). lib.ugm.ac.id

Wahyuni, N. C. (2018). Ketika Plagiarisme adalah Suatu Permasalahan Etika. Record and Library Journal, 4(1), 8–14. https://e-journal.unair.ac.id/RLJ/article/view/8751/5813




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i3.4808

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: