PENYULUHAN TENTANG MENULIS KARYA ILMIAH BAGI GURU GURU SDN GUGUS VI KECAMATAN GERUNG LOMBOK BARAT TAHUN 2021

Radiusman Radiusman, Ida Bagus Kade Gunayasa, Sudirman Sudirman, Abdul Kadir Jaelani, Hasnawati Hasnawati

Abstract


PENYULUHAN TENTANG MENULIS KARYA ILMIAH BAGI GURU GURU SDN GUGUS VI KECAMATAN GERUNG LOMBOK BARAT TAHUN 2021

ABSTRAK

Penulisan karya tulis ilmiah merupakan suatu hal yang wajib bagi guru, namun masih banyak guru yang belum melaksanakan hal tersebut. Untuk mengatasi hal tersebut, maka perlu dilakukan suatu kegiatan kolaborasi antara pihak sekolah dengan instansi pendidikan, khususnya perguruan tinggi dalam bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan penyuluhan tentang bagaimana cara menulis karya tulis ilmiah bagi guru-guru SDN gugus VI Kec. Gerung. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini menggunakan tahap koordinasi, observasi, komunikasi dan sosialisasi. Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini dilakukan pada masa pandemi Covid-19 sehingga pelaksanaan harus dilakukan menggunakan protokol kesehatan 3M. Materi yang disampaikan pada kegiatan pengabdian ini adalah teknik menemukan permasalahan penelitian, ketatabahasaan karya ilmiah dan konsep penulisan karya ilmiah. Kegiatan ini berlangsung dengan lancar dan dihadiri oleh 38 orang yang terdiri dari 6 tim pengabdi dan 32 orang guru. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah guru mulai menyadari pentingnya menulis karya ilmiah untuk meningkatkan profesionalitas serta meningkatkan kemampuan siswa. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru peserta kegiatan diperoleh informasi bahwa perlu diadakannya kegiatan lanjutan berupa pendampingan dalam penulisan karya ilmiah.

 

Kata kunci: kegiatan PKM; karya tulis ilmiah; penyuluhan.

 

ABSTRACT

Writing scientific papers is mandatory for teachers, but there are still many teachers who have not implemented it. To overcome this, it is necessary to carry out collaborative activities between the school and educational institutions, especially universities in the form of community service activities. This community service activity aims to provide counseling on how to write scientific papers for SDN Cluster VI Kec. Gerung. The method of implementing this service activity uses the stages of coordination, observation, communication and socialization. The implementation of this service activity was carried out during the Covid-19 pandemic so it had to be carried out using the 3M health protocol. The material presented in this service activity is the technique of finding research problems, the grammar of scientific papers, and the concept of writing scientific papers. This activity ran smoothly and was attended by 38 people consisting of 6 service teams and 32 teachers. The result of this service activity is that teachers are starting to realize the importance of writing scientific papers to increase professionalism and improve students' abilities. Based on the results of interviews with teachers participating in the activity, information was obtained that further activities need to be held in the form of assistance in writing scientific papers.

 

Keywords: PKM activities; scientific papers; counseling.


Keywords


PKM activities; scientific papers; counseling.

Full Text:

PDF

References


Abduljabar, B., & Hidayat, Y. (2013). Karya Tulis Ilmiah dan Penelitian Tindakan Kelas Bahan Ajar pada Diklat PLPG. Bandung: Balai Diklat PLPG.

Juniardi, Y. (2019). Kesulitan Guru Sekolah Dasar Dalam Membuat Karya Tulis Ilmiah. Prosiding Seminar Dinamika Sekolah Dasar, 1(1), 1–7. Retrieved from https://journal.pgsdfipunj.com/index.php/prosiding-seminar/article/view/176

Marijan, M. (2012). Cara Gampang Pengembangan Profesi Guru. Yogyakarta: Sabda Media.

Marto, H. (2019). Kesulitan Guru Sekolah Dasar Dalam Menulis Karya Ilmiah Di Kabupaten Tolitoli. Bomba: Jurnal Pembangunan Daerah, 1(2), 84–89.

Noorjannah, L. (2014). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Profesional Di Sma Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity, 10(1), 97–114.

PermenpanPANRB. (2009). Permenpan Nomor 16 tahun 2009. Jakarta: Kementrian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi.

Rohaeti, E. E. (2013). Budaya Meneliti di Kalangan para Guru Matematika dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Stkip Siliwangi Bandung. Bandung: STKIP siliwangi bandung.

Sukirman, S. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2), 72–81.

Suryaningsih, N., & Kusmana, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Karya Tulis Ilmiah Berbasis Pendekatan Konstruktivisme. Jurnal Tuturan, 7(2), 884. https://doi.org/10.33603/jt.v7i2.1741

Wardani, O. P., Turahmat, T., Chamalah, E., Azizah, A., Setiana, L. N., Arsanti, M., … Wijayanti, D. (2019). Pelatihan penulisan karya tulis ilmiah bagi guru-guru SD di desa Geneng kabupaten Jepara. Indonesian Journal of Community Services, 1(1), 116–125. https://doi.org/10.30659/ijocs.1.1.116-125




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.4876

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: