PEMANFAATAN BLOG SEBAGAI SARANA PROMOSI KAMPUNG WISATA DI MASA PANDEMI

Yana Shanti Manipuspika, Tantri Refa Indhiarti, Emy Sudarwati

Abstract


ABSTRAK

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di Kampung Biru Arema (KBA) Malang sebagai kelanjutan dari kegiatan pengabdian tahun sebelumnya. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk lebih mempromosikan KBA sebagai salah satu kampung wisata di Malang melalui media blog. Metode yang diterapkan ialah melalui pelatihan penulisan artikel blog untuk memberikan gambaran menarik terkait kampung wisata. Sebagai kelanjutan dari kegiatan tahun lalu, tim pengabdian dapat melihat bahwa media sosial KBA sudah lebih hidup dan lebih berwarna dengan postingan baru. Blog resmi yang telah direvitalisasi pada kegiatan pengabdian kali ini telah mampu mempromosikan KBA dengan lebih baik lagi karena menampung berbagai kegiatan masyarakat kampung wisata ini. Artikel-artikel baru yang ditulis oleh anggota karang taruna KBA juga cukup menarik, sehingga diharapkan para pembaca yang mencari informasi terkait KBA memperoleh lebih banyak informasi. Pada akhirnya, KBA akan semakin dikenal luas dan dapat kembali mendatangkan pengunjung saat situasi pandemi sudah mereda.

 

Kata kunci: blog; kampung wisata tematik; kampung biru arema; promosi; situs web.

 

ABSTRACT

This community service activity was carried out in Kampung Biru Arema (KBA) as a continuation of the previous year’s community service. The purpose was to further promote KBA as one of the thematic tourism kampung in Malang. Updating the content of the website, in this case the KBA blog, was the focus of this year’s agenda. The method used was by giving training to the youth members of KBA to create engaging articles for the official blog. As a continuation of last year’s activity, the community service team has revealed that KBA’s social media is more lively and more colorful with new posts. The official blog which has been revitalized is able to better promote KBA. The new articles written by members of the KBA youth organization (Karang Taruna) are also interesting and engaging, so it is hoped that readers who are looking for information related to KBA will gain more insights about this kampung. In the end, KBA will be more widely known and can bring back visitors when the pandemic ends.

 

Keywords: blog; thematic tourism kampung; Kampung Biru Arema; promotion; website.

 

Keywords


blog; thematic tourism kampung; Kampung Biru Arema; promotion; website.

Full Text:

PDF

References


Asri Sj, N., Fadilah, E., Basith, A.A. (2014). Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial untuk Promosi pariwisata dan Potensi Kearifan Lokal di Pantai Sayang Heualang Kab. Garut. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2 (12), 1-4. Diunduh dari https://jurnal.unpad.ac.id/pkm/article/view/20391/9783

Herdiana, D. (2020). Rekomendasi kebijakan Pemulihan pariwisata Pasca Wabah Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Kota Bandung. (2020). Jurnal JUMPA, 7 (1), 1-30. Diunduh dari

https://ojs.unud.ac.id/index.php/jumpa/article/download/61553/35445/

https://doi.org/10.24843/JUMPA.2020.v07.i01.p01.

Indhiarti, T.R, Manipuspika, Y.S, Sudarwati, E. (2020). Pelatihan Pengelolaan Media Sosial Kampung Biru Arema sebagai Media Promosi. ETHOS: Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 8 (2), 191-198. Diunduh dari https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/ethos/article/view/5413

Kertanegara, R. (2018). Penggunaan Clickbait Headline pada Situs Berita dan Gaya Hidup Muslim Dream.co.id. MediaTor: Jurnal Komunikasi, 11 (1), 31-43. https://doi.org/10.29313/mediator.v11i1.2751

Lidya, F., Sarwoprasodjo, S., & Hubeis, M. (2020). Gaya Kepemimpinan Transformasional pada Kelompok Wisata Berbasis Komunitas (Studi Kasus Kelompok Ranggon Hills, Desa Gunung Sari Bogor). Sodality: Jurnal Sosiologi Pedesaan, 8 (3), 131-151. Diunduh dari https://journal.ipb.ac.id/index.php/sodality/article/view/31764/20940

Morissan. (2010). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Rahayu, S., Dewi, U. & Fitriana, K. N. (2016). Pengembangan Community-based Tourism sebagai Strategi Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Penelitian Humaniora, 21 (1), 1-13. Diunduh dari https://journal.uny.ac.id/index.php/humaniora/article/view/13111

Sari, S., Saddhono, K., Suyitno. (2014). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Menulis Dengan Metode Field Trip pada Siswa SMP. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya. 1 (3), 540-550. Diunduh dari https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/bhs_indonesia/article/view/4050/2849

Sung, T. P. (2012). Developing and Promoting a Highland Community Livelihood for Sustainable Tourism: The case of Kg. Bundutuhan, Ranau, Sabah. Malaysia Journal of Society and Space, 8 (5), 94-99. Diunduh dari http://journalarticle.ukm.my/5517/1/artikel8.pdf

Widjajanto, K. (2013). Perencanaan Komunikasi: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Ultimus.-.(n.d). https://kampungbiruarema.blogspot.com/




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.5370

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: