PELATIHAN SELF INTEGRATED SENSORY TERAPHY (SIST) DAN PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN BAGI GURU SLBN Dr. RADJIMAN WEDYODININGRAT

Rischa Pramudia Trisnani, Wachidatul Linda Yuhanna

Abstract


ABSTRAK

Pandemi Covid-19 memberikan efek bagi pelaksanaan pembelajaran di SLBN Dr. Radjiman Wedyodiningrat. Guru SLB mengalami kesulitan dalam memberikan layanan pembelajaran dan terapi kepada ABK. Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas PGRI Madiun bermaksud melakukan pelatihan Self Integrated Sensory Teraphy (SIST) pada guru dan memberi pelatihan pembuatan media pembelajaran visual berupa video. Sasaran dari PKM ini adalah guru sejumlah 11 orang. Tahapan yang dilakukan pada PKM ini adalah (1 Pembukaan, (2) penyampaian materi, (3) penyusunan ruang multimedia, (4) praktik pembuatan video pembelajaran, (5) evaluasi tingkat pemahaman guru dalam terapi SIST. Metode evaluasi yang dilakukan adalah dengan mengisi angket sejumlah 10 pertanyaan. Kegiatan ini dilakukan dengan diskusi dan tanya jawab secara interaktif. Guru banyak bertanya tentang penerapan SIST secara kontekstual yang dapat dilakukan secara mandiri.Terapi SIST adalah suatu jenis keterapian yang bertujuan untuk memperbaiki sistem regulasi dan modulasi dari berbagai input sensori dan memfasilitasi fungsi regulasi. Hasil dari PKM ini adalah adanya peningkatkan pemahaman guru terkait implementasi SIST pada ABK dengan kriteria sangat baik adalah 81% dan baik 19%. Peningkatkan kompetensi guru untuk membuat media pembelajaran video untuk ABK di SLBN Dr. Radjiman Wedyodiningrat dengan kriteria sangat baik 72%, baik 19% dan cukup baik 9%. Kegiatan selanjutnya adalah adanya pendampingan penggunaan IT dan implementasi terapi SIST dan video pembelajaran pada siswa ABK.

 

Kata kunci: guru; sensorik; SLB; terapi; terintegrasi.

 

ABSTRACT

The Covid-19 pandemic has effects on the implementation of learning at SLBN Dr. Radjiman Wedyodiningrat. The SLB teachers difficulty in providing learning and therapy services to students with special needs. The PKM team of Universitas PGRI Madiun intends to conduct Self Integrated Sensory Therapy (SIST) training for the teachers and provide training in making visual learning media or videos. The target of this PKM is 11 teachers. The stages carried out in this PKM are (1) opening, (2) delivery of SIST material, (3) arrangement of multimedia room, 4) practice making learning videos, (5) evaluation of teacher's level of understanding in SIST therapy. The evaluation method used is by filling out a questionnaire of 10 questions. This activity is carried out with interactive discussion and question and answer. Teachers often ask about the application of SIST contextually that can be done independently. SIST therapy is a type of therapy that aims to improve the regulation and modulation system of various sensory inputs and facilitate regulatory functions. The result of this PKM is an increase in teacher understanding regarding the implementation of SIST with very good criteria being 81% and good 19%. Improving teacher competence to make video learning media for ABK at SLBN Dr. Radjiman Wedyodiningrat with criteria very good 72%, good 19% and quite good 9%. The next activity is the assistance in the use of IT and the implementation of SIST therapy and learning videos for ABK students.

 

Keywords: teacher; sensory, SLB; therapy; integrated

Keywords


teacher; sensory, SLB; therapy; integrated

Full Text:

PDF

References


Arianti,D. (2018). Pengaruh Terapi Bermain Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Down Syndromedi Slb Ypplb Padang. Jik- Jurnal Ilmu Kesehatan, 2(1), 23–30. https://doi.org/10.33757/jik.v2i1.79

Fajrie, N., & Masfuah, S. (2018). Model Media Pembelajaran Sains untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Bagimu Negeri, 2(1), 9–19. https://doi.org/10.26638/jbn.537.8651

Harahap, A. R., & Prastowo, A. (2021). Kompetensi Guru Sekolah Dasar dalam Menyusun Perencanaan Pembelajaran di SLB Kasih Ibu Dolok Masihul Elementary School Teacher Competence in Developing Lesson Plans at Kasih Ibu Dolok Masihul Special School. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 191–199.

Komariah, F. (2018). Program Terapi Sensori Integrasi bagi Anak Tunagrahita di Yayasan Miftahul Qulub. Inklusi, 5(1), 45. https://doi.org/10.14421/ijds.050103

Kurnianingsih, R. P., & Alfiyanti, D. (2017). Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Autis Berdasarkan Kategori Anak Autis , Usia , Dan Jenis Kelamin (Studi Observasi Pada Siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Semarang ). Karya Ilmiah STIKES Telogorejo, 7, 1–10.Nisa, K., Dewi, N. K., Sriwarthini, N. P. N., Hidayati, V. R., & Hasnawati, H. (2020). Pelatihan Terapi Sensori Integrasi Untuk Mengatasi Hambatan Belajar Anak Tuna Grahita di MI NW Tanak Beak. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 3(4).

Novianti, R., Satria, D., Author, C., & Article, H. (2020). Pelatihan Terapi Sensori Integrasi Bagi Orang Tua dan Guru PAUD. 3, 181–188.

Pangga, D., Ahzan, S., Gummah, S., & Prayogi, S. (2020). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Untuk Guru Ma Al-Istiqomah Nw Bedus. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 3(2), 203. https://doi.org/10.31764/jpmb.v3i2.1512

Permatasari, K., Degeng, I. N., & Adi, E. (2019). Pengembangan Suplemen Video Pembelajaran Adaptasi Makhluk Hidup untuk Siswa Tunarungu SLB-B YPLB Blitar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4), 268–277. https://doi.org/10.17977/um038v2i42019p268

Raffi, I., Ganis, I., & Utami, S. (2018). Efektifitas Pemberian Terapi Okupasi Dalam Meningkatkan Kemandirian Makan Pada Anak Usia Sekolah Dengan Down Syndrome. Jurnal Keperawatan Sriwijaya, 5(2355), 146–154. https://lib.unnes.ac.id/23361/1/1601409008.pdf

Setyabudi, I., & Hastutiningtyas, W. R. (2017). Konsep Taman Pekarangan Sebagai Zona Terapi Dan Edukasi Bagi Anak Autis (Studi Kasus : Sekolah Luar Biasa (Slb) Sumber Dharma Malang). Jurnal Lanskap Indonesia, 2012, 52–62. https://doi.org/10.29244/jli.2017.9.1.52-62

Solicha, I., Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, F., & Sunan Kalijaga Yogyakarta, U. (2021). Terapi Sensori Integrasi Untuk Anak Downsyndrome Melalui Busy Book. Jurnal Pelita PAUD, 5(2), 162–170. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v5i2.1210

Syaikh, I., Siddik, A., Belitung, B., (2019). Pengaruh Terapi Sensori Integrasi pada Anak Autis yang Mengalami Gangguan Sensori di Pusat Layanan Autis Provinsi Bangka Belitung. Mawa'izh: Jurnal Dakwah dan Pengembangan Sosial Kemasyarakatan, 10(1), 96–110.

Tanawali, N. H., Nur, H., & Zainuddin, K. (2018). Peningkatan Kemampuan Taktil Anak Autis Melalui Terapi Sensori Integrasi. Jurnal Psikologi TALENTA, 3(2), 64.https://doi.org/10.26858/talenta.v3i2.6528




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i3.5381

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: