PENDAMPINGAN UMKM SAAT PANDEMI COVID-19 DENGAN TEKNOLOGI INFORMASI BERBASIS CMS WORDPRESS PADA ALPHONSE SHOE DI JAKARTA SELATAN

Tri Ika Jaya Kusumawati, Teja Endra Eng Tju

Abstract


ABSTRAK

Alphonse Shoe merupakan UMKM yang telah didampingi dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini dengan tujuan agar dengan pemanfaatan teknologi informasi dapat berjualan secara daring dan bahkan berkembang lebih luas pemasarannya. Teknologi informasi berupa e-commerce berbasis CMS (Content Management System) WordPress. Di masa pendemi ini dengan alphonseshoe.com kegiatan pejualan sepatu tetap bisa dilakukan. Sebelumnya transaksi yang dilakukan belum optimal, media informasi berupa Instagram yang digunakan hanya untuk menampilkan barang-barang yang tersedia pada Alphonse Shoe sehingga pelanggan yang ingin membeli harus datang ke toko, dirasa masih kurang dalam memperbanyak tingkat penjualan barang. Metode pelaksanaan kegiatan terdiri dari tahap persiapan (observasi, wawancara, analisa), identifikasi dan pengolahan (desain, pengkodean, uji coba, implementasi), evaluasi (feedback, kuesioner), dan pembuatan laporan pengabdian masyarakat. Hasil dari pembuatan e-commerce telah dilakukan penilaian dengan kuesioner yang diperoleh hasil  learnability 79,87%, efficiency 78,21%, memorability 83,10%, error 83,73%, satisfaction, 87,77%, sehingga secara kesuluruhan nilai penerimaan user terhadap sistem e-commerce yang dibangun didapat nilai 82.54%. Angka ini menunjukkan bahwa aplikasi atau sistem yang dibangun dapat diterima dengan baik dan berhasil memenuhi aspek usability system.

 

Kata kunci: content management; e-commerce; pandemi.

 

ABSTRACT

Alphonse Shoe is an MSME that has been assisted in this community service activity with the aim that by using information technology it can sell online and even expand its marketing. Information technology in the form of e-commerce based on WordPress CMS (Content Management System). During this pandemic, with alphonseshoe.com, sales activities can be carried out. Previously the transactions were not optimal, the information media in the form of Instagram was used only to display the goods available on Alphonse Shoe so customers who wanted to buy had to come to the store, it was felt that they were still lacking in increasing the level of sales of goods. The method consists of the preparation stage (observation, interview, analysis), identification and processing (design, coding, testing, implementation), evaluation (feedback, questionnaire), and making paper reports. The results of the e-commerce creation have been assessed using a questionnaire. The results obtained are 79.87% learnability, 78.21% efficiency, 83.10% memorability, 83.73% error, satisfaction, 87.77%, so that the overall acceptance value users of the built e-commerce system obtained a value of 82.54%. This figure shows that the application or system that is built can be well received and successfully fulfills the usability aspect of the system.

 

Keywords: content management; e-commerce; pandemic.


Keywords


content management; e-commerce; pandemic.

Full Text:

PDF

References


telah memberikan dukungan dan tempat untuk berkarya.

DAFTAR RUJUKAN

Abdullah, A., Fauzan, A. G., & Prasetyo, W. R. (2021). PELATIHAN PEMBUATAN WEBSITE E-COMMERCE DENGAN WOOCOMMERCE GUNA MENUMBUHKAN SEMANGAT TECHNOPRENEURSHIP PDA HMIF. J-ADIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(1), 121–134.

Bramasta, D. B. (2021). Berlaku Hari Ini, Berikut Aturan Lengkap PPKM Darurat Jawa-Bali. Kompas.Com. https://www.kompas.com/tren/read/2021/07/03/060300065/berlaku-hari-ini-berikut-aturan-lengkap-ppkm-darurat-jawa-bali?page=all#page2

Feta, R. N., Wiliani, N., & Hesananda, R. (2021). Penggunaan dan pemanfaatan wordpress dalam upaya meningkatkan daya jual untuk pelaku umkm karang taruna bojongkulur. ABDIMAS Nusa Mandiri, 3(1), 1–3.

Gitiyarko, V. (2020). Kebijakan Perlindungan dan Pemulihan UMKM di Tengah pandemi Covid-19. Kompaspedia.Kompas.Id. https://kompaspedia.kompas.id/baca/paparan-topik/kebijakan-perlindungan-dan-pemulihan-umkm-di-tengah-pandemi-covid-19

Khalifa, R. lira. (2021). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/lyrareinekhalifa8629/60cc3b959f7b9d6758659742/pengembangan-umkm-digital-di-masa-pandemi-covid-19?page=1&page_images=1

Marzuki, K., Apriani, A., & Dasriani, N. G. A. (2021). Pemberdayaan Pengrajin Perak Melalui Market Place sebagai Media Penjualan Online di Desa Ungga,Kabupaten Lombok Tengah. ADMA : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 107–114. https://doi.org/10.30812/adma.v1i2.1023

Pratiwi, D., Santoso, G. B., Mardianto, I., Sediyono, A., & Rochman, A. (2020). Pengelolaan Konten Web Menggunakan Wordpress , Canva dan Photoshop untuk Guru-Guru Wilayah Jakarta Web Content Management Using Wordpress , Canva and Photoshop for Teachers of the Jakarta Region. Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 12.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i3.5403

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: