PELATIHAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH BAGI GURU SMK AL-INABAH KECAMATAN BABADAN KABUPATEN PONOROGO

Mohammad Arfi Setiawan, Ade Trisnawati

Abstract


Publikasi merupakan tahap akhir yang penting dilakukan dalam penulisan karya ilmiah. Publikasi adalah cara yang dilakukan agar karya atau hasil temuan dapat dikenal secara luas, sehingga dapat menambah dan mengembangkan ilmu pengetahuan. Guru dituntut tidak hanya mengajar tetapi juga menghasilkan karya atau temuan. Salah satu bentuk pengembangan profesi guru adalah pengembangan kemampuan guru dalam membuat karya tulis ilmiah. Kemampuan ini dapat dilihat dari publikasi para guru yang dimuat dalam
berbagai media, khususnya jurnal ilmiah. Namun sebagian besar guru tidak mau menyusun dan melakukan publikasi karena membutuhkan waktu dan tenaga, sehingga guru hanya menyusun karya ilmiah tanpa melakukan publikasi. Program ini berupa sosialisasi mengenai publikasi karya ilmiah dimaksudkan untuk memberi pengetahuan dan memotivasi guru agar melakukan publikasi karya ilmiah ke dalam jurnal. Selain itu, dilakukan juga pelatihan publikasi karya ilmiah ke dalam jurnal sehingga dapat dilakukan sendiri oleh guru-guru khususnya guru SMK Al-Inabah. Hasil kegiatan ini yaitu pengetahuan guru tentang publikasi artikel makin meningkat.


Keywords


artikel, karya ilmiah, pelatihan jurnal, publikasi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v2i1.558

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: