Edukasi Analisis Teknologi Pada Pengembangan Produk Oatmeal Berbahan Potensi Lokal Larawang Terubuk (Saccharum edule Hasskarl) Sebagai Sumber Pangan Alternatif di SMK Teknologi Karawang

Arnisa Stefanie, Farradina Choria Suci, Ratna Dewi Anjani

Abstract


Pertanian Karawang sangat melimpah dan potensial untuk dikembangkan. Salah satu wilayah yang melimpah dan potensial yaitu wilayah Loji Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Karawang yang khas akan tanaman terubuk. Terubuk (Saccharum edule Hasskarl), merupakan tanaman yang banyak mengandung mineral terutama kalsium dan fosfor, disamping vitamin C. Kandungan yang ada dalam terubuk sangat potensial untuk dikembangan menjadi sumber pangan alternatif dengan kandungan karbohidrat dan energi yang relatif tinggi. Terubuk dapat digunakan untuk substitusi dalam pembuatan makanan, salah satunya adalah dalam pembuatan oats. Oats terubuk dapat dikembangkan sebagai sumber pangan alternatif yang kaya dengan kandungan nutrisi. Tim iBM akan melakukan edukasi analisis teknologi pada pengembangan produk oats terubuk dengan berbahan potensi lokal daerah. Melalui adanya edukasi tentang pengembangan produk lokal oats-terubuk diharapkan dapat memberikan keterampilan dalam pemanfaatan produk lokal yang berpeluang untuk dijadikan usaha mikro.


Keywords


Terubuk; Oats-terubuk; Sumber Pangan Alternatif

Full Text:

PDF

References


Pepelingkarawang. (2019). Turubuk. Retrieved from http://www.pepelingkarawang.com

Dharmapadni, G. A., A. H. Bambang, and I. W. Yoga. “Pengaruh Suhu Pengeringan Terhadap Karakteristik Tepung Labu Kuning (Cucurbitae Moschata Ex. Poir) Beserta Analisis Finansialnya.” Jurnal Rekayasa dan Manajemen Industri ISSN: 2503-488X 4, no. 2 (n.d.).

Kurniatusolihat, N. Pengaruh Bahan Stek Dan Pemupukan Terhadap Produksi Terubuk. Bogor, 2009.

Nirmala,(2001)”Oats untuk Sarapan, Mengapa Tidak?” 2010. Majalah Nirmala Edisi No.01/III/Januari .

Putrasamedja S. “Eksplorasi Dan Koleksi Sayuran Indigenous Di Kabupaten Karawang.” Buletin Plasma Nutfah, 2005.

Sukmawani, Reny., Meilani, Ema Hilma., and Ramdan, Asep M. 2017. Developing Strategy of Terubuk Farming (Saccarum edule Hasskarl). Acta Scientific Agriculture, Vol. 1. ISSN: 2581-365X.

Ummah, N., Y. A. Purwanto, and A. Suryani. “Penentuan Konstanta Laju Pengeringan Bawang Merah (Allium Ascalonicum L.) Iris Menggunakan Tunnel Dehydrator.” Journal of Agro-based Industry 33, no. 2 (2016): 49–56.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6058

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: