PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN POWERPOINT SCREEN RECORDING BAGI GURU DI SMP KESATRIAN 2 SEMARANG

Iryan Dwi Handayani, Seno Suharyo, Diah Aryati Puji Lestari

Abstract


ABSTRAK

Pandemi covid 19 memang membawa dampak yang sangat besar bagi dunia dan bagi bangsa Indonesia pada khususnya. Dunia pendidikan yang biasanya bisa bertemu tatap muka antara siswa dan guru atauu mahasiswa dengan dosen, karena pandemi maka pembelajaran dilaksanakan secara online atau pembelajaran jarak jauh. Tantangan yang dihadapi oleh para pendidik di era pandemi ini adalah bagaimana harus merevisi dan merubah media pembelajaran dan strategi pembelajaran yang harus dibuat supaya siswa bisa memahami materi yang diberikan. Powerpoint merupakan salah satu bagian dari software Microsoft office yang biasa digunakan untuk membuat presentasi ataupun media pembelajaran. Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan pelatihan tentang pemanfaatan powerpoint screen recording. Metode pelaksanaan pengabdian ini yaitu identifikasi permasalahan, pendekatan penyelesaian masalah dan hasilnya 40 peserta akan menggunakan manfaat dari pelatihan untuk proses belajar mengajar di sekolah, dan 42 peserta menyatkan bahwa pelatihan tersebut sangat bermanfaat dalam proses kegiatan pembelajaran.

 

Kata kunci: powerpoint screen recording; PJJ

 

ABSTRACT

The COVID-19 pandemic has had a huge impact on the world and the Indonesian people in particular. The world of education is usually able to meet face-to-face between students and teachers or students and lecturers, because of the pandemic, learning is carried out online or distance learning. The challenge faced by educators in this pandemic era is how to revise and change learning media and learning strategies that must be made so that students can understand the material provided. Powerpoint is one part of Microsoft office software which is commonly used to make presentations or learning media. The purpose of this activity is to increase knowledge and training on the use of powerpoint screen recording. The method of implementing this service is problem identification, problem solving approach and the result is that 40 participants will use the benefits of the training for the teaching and learning process in schools, and 42 participants stated that the training was very useful in the process of learning activities.

 

Keywords: powerpoint screen recording; PJJ

 

Keywords


powerpoint screen recording; PJJ

Full Text:

PDF

References


Amalia, I. A. (2014). Power Point Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Masa Kini. Jurnal Edueksos, III(2), 127–144.

Andiani, W., & Fitria, H. (2021). Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Siswa Sd Negeri 103. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 172–181.

Cucum, Rohayat, A., Rusmana, M., & Tetep. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Program Powerpoint Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pengembangan, 3(1), 418–440. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/tekp/article/view/142/217

Misbahudin, D., Rochman, C., Nasrudin, D., & Solihati, I. (2018). Penggunaan Power Point Sebagai Media Pembelajaran: Efektifkah? WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(1), 43. https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i1.10939

Purwanti, L., Widyaningrum, R., & Melinda, S. A. (2020). Analisis Penggunaan Media Power Point dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Materi Animalia Kelas VIII. Journal Of Biology Education, 3(2), 157. https://doi.org/10.21043/jobe.v3i2.8446

Suharwoto, G. (2020). No Title. https://pusdatin.kemdikbud.go.id/pembelajaran-online-di-tengah-pandemi-covid-19-tantangan-yang-mendewasakan/




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6295

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: