PENINGKATAN KOMPETENSI BISNIS ONLINE BAGI GURU MGMP BISNIS DARING DAN PEMASARAN DI SURABAYA

Septyan Budy Cahya, Tri Sudarwanto, Harti Harti, Raya Sulistyowati, Veni Rafida

Abstract


ABSTRAK

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan meningkatkan kompetensi dan skill guru-guru Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran di Surabaya dalam bidang bisnis online. Metode pelaksanaan kegiatan PKM yaitu melalui pelatihan dan pendampingan: a) Merancang strategi Bisnis Online   b) merancang pembuatan website. c) merancang prosedur Pemasaran Online dengan menggunakan/ memanfaatkan e-mail dan Media Sosial. d) melakukan pemasaran melalui situs mobile. e) membuat Blog. Hasil Pelatihan yang dilaksanakan dirasa bermanfaat bagi mitra, dimana dari segi kompetensi pengetahuan yang didapat setelah kegiatan PKM, 86% peserta memberikan respon sangat setuju, dan 14% menjawab setuju. Para peserta mengharapkan adanya kegiatan seperti ini lagi, dimana ada kelanjutan kegiatan webinar atau pelatihan mengenai bisnis online. Akan tetapi dalam pelaksanaan selanjutnya peserta mengharapkan kegiatan untuk dilakukan secara luring atau offline sehingga kegiatan serupa bisa terlaksana lebih maksimal lagi.

 

Kata kunci: bisnis online; MGMP BDP kota Surabaya; pelatihan

 

ABSTRACT

This Community Service activity aims to improve the competence and skills of MGMP teachers of the Online Business and Marketing Department in Surabaya in the field of online business. The method of implementing PKM activities is through training and mentoring: a) Designing Online Business strategies b) designing website creation. c) designing On-line Marketing procedures by using/utilizing e-mail and Social Media. d) conduct marketing through mobile sites. e) create a blog. The results of the training carried out were felt to be useful for partners, where in terms of knowledge competence obtained after PKM activities, 86% of participants responded strongly agree, and 14% answered agree. The participants hope that there will be more activities like this, where there will be a continuation of webinars or training on online business. However, in the next implementation, participants expect activities to be carried out offline or offline so that similar activities can be carried out more optimally.

 

Keywords: online business; MGMP BDP Surabaya city; training

 

Keywords


online business; MGMP BDP Surabaya city; training

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, C & Hermawan, D. (2013). E-Business & E-Commerce. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Amin, Fatkhul, (2015), Pemasaran Online Program Keahlian Tata Niaga untuk SMK/MAK, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Anggraeni, Ari Andian. (2008). Manajemen Keyword: Strategi Pemasaran Online Menggunakan Search Engine .Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. VI. No. 2 – Tahun 2008 Hal. 60 – 69.

Dianawati, A., (2008), “6 Rahasia Sukses Menjadi Jutawan Internet”, Mediakita, Jakarta.

Erfianto, D., Rahayu, W. P., & Kusumajanto,D. D. (2015). Penerapan Blog Sebagai Media Pembelajaran Mata Pelajaran Pemasaran Online. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen, 1 (1), 1- 70.

Kurnia, R.A., (2008), “Website yang Baik itu Memperindah Content, Bukan Desain!”, (http://www.dibekasi.net/page_highlights.php?id_brt=55).

Millman, et al. (2010). Entrepreneurship Education and Students’ Internet Entrepreneurship Intention. Journal of Small Business and Enterprise Development, 17 (4), 569- 590. Spiller & Tuten. (2015). Integrating Metrics Across the Marketing Curriculum: The




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6296

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: