PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH BERBASIS RISET BAGI GURU DAN TEKNIK SUBMISSION DI JURNAL NASIONAL

Mutia Fonna, Mursalin Mursalin, Aklimawati Aklimawati, Muliana Muliana, Fajriana Fajriana, Henni Fitriani, Ayu Rahmi, Ratna Unaida, Fakhrah Fakhrah, Nanda Novita, Syarifah Rita Zahara, Halimatus Sakdiah

Abstract


ABSTRAK

Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Dewantara, Aceh utara. Tujuan pengabdian ini untuk memberikan pengetahuan bagi guru-guru dalam menulis artikel ilmiah, mengembangkan pengetahuan dan meningkatkan kualitas penulisan artikel ilmiah, melatih guru untuk mempublikasikan artikel penelitian secara mandiri pada jurnal nasional berbasi OJS (Open Journal System). Kegiatan ini di dasari oleh permasalahan mitra yaitu: (1) Belum adanya pelatihan khusus untuk mendukung penulisan karya ilmiah berbasis riset. (2) Minimnya pengetahuan guru dan keterbatasan ide dalam penulisan karya ilmiah. (3) Guru masih mengalami kesulitan untuk mempublikasikan artikel ilmiah secara mandiri pada jurnal nasional. Metode pelaksanaan kegiatan terdiri dari 3 tahapan yaitu. Tahapan sosialisasi dan diskusi dilakukan melalui penyuluhan (pemaparan materi) tentang (1) Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis Riset Bagi Guru dan Teknik Submission di Jurnal Nasional dan (2) Teknik Submission Artikel di Jurnal Nasional Berbasis OJS. Tahap kedua yaitu tahapan diskusi dimana pada tahap ini dilanjutkan dengan diskusi berupa tanya jawab antara pemateri dengan peserta. Tahap ketiga yaitu mempraktekkan bagaimana cara submit artikel ilmiah sesuai dengan target submission jurnal nasional berbasis OJS. Hasil yang diperoleh yaitu semua peserta antusias mengikuti kegiatan pelatihan yang diberikan, hal ini terlihat dari para peserta yang menyimak dengan seksama materi yang disampaikan, dan mengajukan pertanyaan ketika ada kendala yang belum dipahami.

 

Kata kunci: penulisan artikel lmiah; teknik submission

 

ABSTRACT

This service activity was carried out at SMP Negeri 1 Dewantara, North Aceh. The purpose of this service is to provide knowledge for teachers in writing scientific articles, develop knowledge and improve the quality of writing scientific articles, train teachers to publish research articles independently in national journals based on OJS (Open Journal System). This activity is based on partner problems, namely: (1) There is no special training to support the writing of research-based scientific papers. (2) The lack of teacher knowledge and limited ideas in writing scientific papers. (3) Teachers still have difficulty publishing scientific articles independently in national journals. The method of implementing the activity consists of 3 stages, namely. The stages of socialization and discussion are carried out through counseling (exposure to material) on (1) Research-Based Scientific Article Writing for Teachers and Submission Techniques in National Journals and (2) Article Submission Techniques in OJS-Based National Journals. The second stage is the discussion stage where at this stage it is followed by a discussion in the form of questions and answers between the presenter and the participants. The third stage is to practice how to submit scientific articles in accordance with the OJS-based national journal submission target. The results obtained are that all participants are enthusiastic about participating in the training activities provided, this can be seen from the participants who listen carefully to the material presented, and ask questions when there are obstacles that are not yet understood.

 

Keywords: scientific article writing; submission techniques


Keywords


scientific article writing; submission techniques

Full Text:

PDF

References


Hamidsyukrie, Z. M., Syafruddin, & Muntari. (2020). Pendampingan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru-Guru SMA/MA di Kecamatan Narmada Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA , 1371-141.

Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara nomor 84/1993 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Keputusan bersama Menteri Pendidikan dan kebudayaan dan Kepala BAKN Nomor 0433/P/1993,nomor 25 tahun 1993 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan AngkaKreditnya.

Novita, N., Marhami, Sakdiah, H., & Muliani. (2021). Pengembangan Kompetensi Literasi Digital Pada Guru Untuk Optimalisasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Matappa: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat , 51-58.

Sakdiah, H. (2021). ANALISIS MINAT GURU IPA TINGKAT SMP DALAM MENULIS PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK). JURNAL EDUSCIENCE , 70-78




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6426

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: