PENYULUHAN KESEHATAN MENTAL DI MASA PANDEMI COVID-19

Surya Syarifuddin, Nur Afni Ponseng

Abstract


ABSTRAK

Penyebaran virus Covid-19 telah menjadi pandemi di Indonesia, menyebabkan bencana bagi masyarakat dan mengakibatkan kematian diseluruh dunia. Berbagai dampak yang terjadi seperti adanya perubahan pada bidang sosial, bidang ekonomi dan bidang psikologis. Dampak pada bidang psikologis diantaranya seperti orang yang merasakan cemas, takut, depresi, khawatir akan tertular hingga adanya keinginan bunuh diri, gangguan perasaan tersebut harus dikelola dengan baik agar tidak memberikan dampak pada kesehatan mental. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang kesehatan mental di masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan adalah penyuluhan kesehatan dengan mengunakan media poster. Hasil pelaksanaan kegiatan ini yaitu masyarakat paham akan isi pesan yang tercantum di dalam poster dan adanya keinginan untuk mengubah sikap untuk tetap menjaga kesehatan mentalnya di masa pandemi Covid-19. Kesimpulannya bahwa kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan mental di masa  pandemi Covid-19.

 

Kata kunci: kesehatan mental; pandemi; covid-19.

 

ABSTRACT

The Covid-19 virus has become a pandemic in Indonesia. Causing harm for the community and resulting death throughout the world. Various effects that occur such as changes in the social, economic, and psychological fields. Psychological disorders that felt include feeling sad, fearful, depressed, worring about being infected, and suicidal ideation have an influence on mental health. These feelings disorders must be managed properly so that they do not have an impact on mental health. The purpose of this activity is to increase public knowledge about mental health during the Covid-19 pandemic.  The method used is health education with poster media. The result is that the public understands the contents of the message contained in the poster and there is a desire to change attitudes to maintain their mental health. The conclusion is that this activity can improve public knowledge and awareness to increasing mental health during the Covid-19 pandemic.

 

Keywords: mental health; pandemic; covid-19.


Keywords


mental health; pandemic; covid-19.

Full Text:

PDF

References


Manggala Kecamatan Manggala. Dengan adanya penyuluhan ini dapat mengedukasi dan mempengaruhi perilaku masyarakat agar tetap menjaga kondisi kesehatan mental di masa pandemi Covid-19.

SIMPULAN DAN SARAN

Kegiatan ini dirasa sangat penting karena dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan mental di masa pandemi Covid-19 dan sangat bermanfaat serta perlu dilakukan di lingkungan masyarakat yang lebih luas.

UCAPAN TERIMAKASIH

Ucapan terima kasih kepada LPPM yang memberikan amanah dalam kegiatan pengabdian ini serta masyarakat di lingkungan Keluarahan Manggala Kecamatan Mangggala atas keikutsertaannya dalam penyuluhan kesehatan mental di masa pandemi Covid-19.

DAFTAR RUJUKAN

Fakhriyani, V. D. (2019). Kesehatan Mental. Pamekasan : Duta Media Publishing.

Kayyis, R., Rosidah, A., & Khasanah, B. A. (2020). Penyuluhan Masyarakat Desa Sadar Covid 19 Melalui Poster. Abdimas Siliwangi, 04(01), 129–137.

Kholid, A. (2015). Promosi Kesehatan dengan Pendekatan Teori Perilaku, Media, dan Aplikasinya. Rajawali Press.

Nurjanah, S. (2020). Gangguan Mental Emosional Pada Klien Pandemi Covid 19 di Rumah Karantina. Journal Ilmu Keperawatan Jiwa, 3(3), 329–334.

Sumartono, & Hani, A. (2018). Penggunaan poster sebagai media komunikasi kesehatan. Komunikologi, 15, 8–14.

Susanto, D. (2020). Kasus Gangguan Jiwa di Indonesia Meningkat Selama Masa Pandemi. Media Indonesia. https://mediaindonesia.com/humaniora/352006/kasus-gangguan-jiwa-di-indonesia-meningkat-selama-masa-pandemi

Ulya, Z., & Iskandar, A. (2017). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Poster Terhadap Pengetahuan Manajemen Hipertensi Pada Penderita Hipertensi. Jurnal Keperawatan Soedirman, 12(1), 38. https://doi.org/10.20884/1.jks.2017.12.1.715

Wahyuni, N. (2020). Kesehatan Jiwa dan Resiliensi Sosial di Tengah Pandemi. https://www.theindonesianinstitute.com/kesehatan-jiwa-dan-resiliensi-sosial-di-tengah-pandemi/




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6551

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: