PENDAMPINGAN BELAJAR SISWA MELALUI KEGIATAN BIMBINGAN BELAJAR DI DESA SONGAN DALAM MEMUTUS LAJU PENYEBARAN COVID 19

I Nyoman Sudirman, N. W. S. Darmayanti, Putu Beny Pradnyana, Pande Agus Adiwijaya

Abstract


ABSTRAK

Penyebaran virus covid 19 yang melanda dunia harus mengubah paradigma pendidikan yang sebelumnya di laksanakan secara tatap muka di sekolah berubah harus belajar secara mandiri dirumah. Tujuan belajar dirumah adalah untuk membatasi laju dan mencegah perkembangan virus covid 19. Kegiatan proses belajar di rumah memunculkan berbagai persoalan bagi anak-anak maupun orang tua, beberapa pelajaran yang harus diselesaikan oleh anak-anak tidak bisa dipahami secara baik. Harapan- anak-anak bisa dibantu belajar oleh orang tuanya masing-masing juga mengalami kendala akibat kurang pahamanya orang tua terhadap materi pembelajaran yang harus diselesaikan oleh anak-anak selama belajar di rumah. Masalah yang dihadapi oleh anak-anak maupun orang tua tim pecahkan dengan memberikan solusi melakukan pendampingan belajar dirumah. Tujuan dilaksanakan pendampingan belajar dirumah ialah untuk membantu anak-anak memahami materi serta membantu menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh gurunya untuk diselesaikan dirumah selama pembelajaran di lakukan dirumah. Pendampingan belajar dirumah disusun dengan metode secara langsung dilakukan ke rumah-rumah anak-anak yang berada di wilayah desa songan untuk memberiakan bantuan pembelajaran tambahan pada materi-materi yang tidak bisa di pahami oleh anak-anak. Pegabdian masyarakat berupa pendampingan belajar di rumah telah memberikan kontribusi yang positif kepada anak-anak yang berada di wilayah desa songan. Anak-anak maupun orang tuanya yang didampingi belajar oleh tim pegabdian sangat senang dengan ada kegiatan seperti ini serta merasa terbantu untuk memahami materi yang tidak bisa di pahami secara mandiri dirumah.

 

Kata Kunci: sekolah dasar; pendampingan belajar;covid 19

 

ABSTRACT

Covid-19 pandemic has drastically changed the education paradigm from face-to-face interaction at school to be learning independently at home. Learning at home is aimed at restricting the spread and rate of the Covid-19 virus. Learning at home has caused various problems for the students and parents. Some subjects could not be understood well by the students. The hope of the students being assisted by their parents could not also be realized since the parents did not understand the learning materials that should be learned by the students at home. This problem was overcome by the team with learning assistance at home. The goal of learning assistance at home was assisting the students to understand learning materials and finishing the assignments from the teachers during learning from home. Learning assistance at home was conducted with a direct method to be conducted at home in Songan Village to support additional learning sessions for the subjects that are not understood yet. This community service in form of learning assistance has positively contributed to the students in Songan Village. Both the students and parents were happy to get this learning assistance since they were helped to understand the learning materials from learning at home independently. 

 

Keywords: elementary school; learning assistance; covid-19


Keywords


elementary school; learning assistance; covid-19

Full Text:

PDF

References


Asri dkk, (2020) Pendampingan Belajar dari Rumah Untuk Anak Sekolah di Masa Pandemi Covid-19 Kecamatan Purwanegara, Kabupaten Banjarnegara,https://kkn.unnes.ac.id/lapkknunnes/32004_3304042010_6_Desa%20_20201004_194028.pdf, Di Akses Pada Tanggal 5 Desember 2020

Handayani dkk, (2020), Pendampingan Belajar Di rumah Bagi Siswa Sekolah Dasar Terdampak Covid9,Tersediapada:https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/abdipraja/article/view/3209/pdf, diakses pada tanggal 3 Desember 2020

Mufarikhah Umar, (2020) Studi Kepustakaan Tentang Dampak Wabah Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Pada Siswa Sekolah Dasar(Sd),TersediaPada:Https://Jurnalmahasisw.Unesa.Ac.Id/Index.Php/JurnalBkUnesa/Article/View/34440, Di Akses Pada Tanggal 5 Mei 2020

Pradnyana dkk, (2020) Pendampingan Kegiatan Belajar Di Rumah Secara Privat Di Masa Pandemi Covid-19 di lingkungan Kabupaten Bangli Bagian Utaratersediapada:http://journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/view/3383/2086, diakses pada Tanggal 4 Desmber 2020

Rizqon Halal Syah Aji, (2020). Dampak Covid-19 padaPendidikandiIndonesia:Sekolah,Keterampilan, dan Proses Pembelajaran, tersedia pada: https://core.ac.uk/download/pdf/325992698.pdf, diakses pada tanggal 3 Mei 2020

Wahyu Aji Fatma Dewi (2020), Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di SekolahDasar,Tersediapada:https://core.ac.uk/reader/322536540,diakses pada tanggal 29 Mei 2020




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6553

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: