PENANAMAN NILAI PENDIDIKAN AGAMA HINDU MELALUI PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DI PASRAMAN AMERTHA SANJIWANI RINCUNG

I Wayan Rudiarta

Abstract


ABSTRAK

Tulisan ini bertujuan untuk mempublikasikan hasil kegiatan pengabdian kepada Masyarakat yang dilaksanakan di Pasraman Amertha Sanjiwani, Dusun Rincung, Desa Banyu Urip, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat. Kegiatan yang ditekankan pada tulisan ini adalah mengenai penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Hindu atau nilai karakter mulia kepada para siswa pasraman. Kegiatan pengabdian dilakukan dalam enam rangkaian kegiatan, yang mencakup Perencanaan Kegiatan Pengabdian, Survei Lokasi, Analisis Kebutuhan Pengabdian, Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu, Penanaman Nilai Pendidikan Agama Hindu dan Evaluasi Kegiatan. Melalui kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Hindu, penanaman nilai karakter dapat dilakukan melalui pendekatan holistic dan mempertimbangkan faktor kultur yang berlaku di masyarakat. Dengan memperhatikan protokol kesehatan Covid-19, pembelajaran dilaksanakan dengan menerapkan metode Dharma Wacana dikolaborasikan dengan metode Dharma Tula dan Demonstrasi. Kombinasi tiga metode belajar tersebut mampu membuat siswa antusias belajar. Sebagai hasil kegiatan, terlihat mulai tertanam benih-benih nilai religius, ramah tamah dan sopan santun, disiplin dan sikap peduli pada diri siswa. Hal ini tentunya menjadi tanggung jawab bersama untuk mampu menjaga berkembangnya nilai positif pada siswa yang akan berimplikasi pada kemajuan masyarakat ke depannya.

 

Kata Kunci: penanaman nilai; pendidikan; agama hindu; pasraman.

 

ABSTRACT

This paper aims to publish the results of community service activities carried out at the Amertha Sanjiwani Pasraman, Rincung Hamlet, Banyu Urip Village, Gerung District, West Lombok Regency. The activities emphasized in this paper are about internalisation Hindu religious education values or noble character values to pasraman students. Service activities are carried out in six series of activities, which include Service Activity Planning, Location Surveis, Needs Analysis, Hindu Religious Education Learning Planning, Hindu Religious Education Values and Evaluation. Through Hindu Religious Education learning activities, the internalisation of character values can be done through a holistic approach and considers cultural factors that apply in society. By paying attention to the Covid-19 health protokol, learning is carried out by applying the Dharma Wacana method in collaboration with the Dharma Tula and Demonstration methods. The combination of the three learning methods is able to make students enthusiastic about learning. As a result of the activity, it seems that the seeds of religious values, hospitality and courtesy, discipline and caring attitudes are starting to be planted in students. This is of course a shared responsibility to be able to maintain the development of positive values in students which will have implications for the progress of society in the future.

 

Keywords: value internalisation; education; hinduism; pasraman.


Keywords


value internalisation; education; hinduism; pasraman.

Full Text:

PDF

References


Ainiyah, N. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Al-Ulum: Jurnal Studi Islam, 13(1), 25–38.

Dewi, E. R. (2018). Metode Pembelajaran Modern Dan Konvensional Pada Sekolah Menengah Atas. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 2(1), 44. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i1.5442

Gunada, I. W. A., Dyatmika, G. E. P., & Weda, I. G. L. N. (2021). Pelatihan Dan Pembelajaran Aksara Bali Pada Anak-Anak Di Pasraman Amerta Sanjiwani. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 155–164. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/view/4136

Hendratmoko et.al. (2017). Tujuan Pembelajaran Berlandaskan Konsep Pendidikan Jiwa Merdeka Ki Hajar Dewantara. Jinotep, 3(2), 152–157.

Murtini, P., Wardhani, N. K. S. K., Sugita, I. W., Sudarsana, I. K., & Hendrawathy Putri, I. D. A. (2019). Internalisasi Nilai Pendidikan Agama Hindu Dalam Membentuk Siswa Berkarakter Mulia. Jurnal Penelitian Agama Hindu, 3(2), 175. https://doi.org/10.25078/jpah.v3i2.1138

Nadlir, M. (2013). Perencanaan pembelajaran berbasis karakter. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 1(2), 338-352.

Ni Komang Sutriyanti. (2020). METODE PEMBELAJARAN PASRAMAN HINDU (Dalam Membentuk Karakter Anak Didik).

Rudiarta, I. W. (2020). CATUR PARAMITA SEBAGAI PENDEKATAN LATIHAN YOGA ASANA DI STAHN GDE PUDJA MATARAM. MEDIA BINA ILMIAH, 14(11), 3345-3356.

Rudiarta, I. W. (2020). Implikasi Latihan Yoga Asana Bagi Pembentukan Karakter Siswa Di Ashram Gandhi Puri Sevagram Klungkung. Jurnal Penelitian Agama Hindu, 4(1), 24-33.

Santika, N. W. R. (2018). Pendidikan Agama Hindu Sebagai Dasar Dalam Pembentukan Karakter. Satya Widya: Jurnal Studi Agama, 1(2), 153–163. https://doi.org/10.33363/swjsa.v1i2.47

Sariani, R. (2020). Peranan Pasraman Dalam Meningkatkan Sradha Dan Bhakti Anak-Anak. WIDYALAYA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 201-208.

Sri, W. (2012). The nation’s Character Building Through Value Education. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(2), 55–66.

Suadnyana, I. bagus P. eka, & Yogiswari, K. S. (2019). Upanisad Perspektif Pendidikan Modern. Jurnal PASUPATI, 6(2), 88. https://doi.org/10.37428/pspt.v6i2.136

Subagia, N. (2016). Keberadaan Pasraman Sebagai Penguatan Budaya Lokal Dikaitkan Dengan Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2007. Jurnal Penelitian Agama , II(2), 31–68.

Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23–27. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77

Wiguna, I. B. A. A., & Dewi, K. A. T. R. (2020). Strategi Guru Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Etika Hindu. Jurnal Penjaminan Mutu, 6(2), 210–220.

Yasa, I. M. A. (2021). Optimalisasi Pengabdian Masyarakat Pada Sekolah Paud Binaan. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 179–187. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/view/4387




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6653

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: