METODE JOYFULL LEARNING DAPAT MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA PADA ANAK SEKOLAH DASAR.

Dwi Hurriyati, Maula Rosada, Mulia Marita Lasutri Tama, M.Iqbal Ramdhani

Abstract


ABSTRAK      

Pendampingan dengan menggunakan metode Joyfull Learning pada  Pembelajaran matematika pada siswa kelas IV masih tergolong sederhana dan siswa menganggap matematika itu sulit dan membosankan serta minat belajar siswa terus menurun. Dengan menggunakan metode pembelajaran matematika yang menyenangkan dapat meningkatkan minat belajar anak. Dengan menggunakan metode pembelajaran Joyfull Learning dimana metode pembelajaran Joyfull Learning merupakan metode pembelajaran yang menyenangkan dimana tidak ada tekanan baik secara fisik maupun psikis. Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar dengan menggunakan metode Joyfull Learning pada siswa Kelas IV SDN 05 Banding Agung. Dari hasil pengabdian diketahui bahwa penggunaan metode Joyfull Learning dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan minat belajar dan juga nilai siswa di SD kelas IV peningkatan nilai siswa-siswa sebanyak 13,5 % dan siswa tampak antusias dalam belajar matematika.

 

Kata Kunci : matematika;  metode joyfull learning; meningkatkan minat belajar.

 

ABSTRACT

Mathematics learning in fourth grade students is still relatively simple and students think mathematics is difficult and boring and students' interest in learning continues to decline. By using fun math learning methods can increase children's interest in learning. By using the learning method Joyfull Learning where the learning method Joyfull Learning is a fun learning method where there is no pressure either physically or psychologically. The purpose of this service is to increase interest in learning by using the Joyful Learning method in Grade IV students of SDN 05 Banding Agung. From the results of the dedication, it is known that the use of the Joyful Learning method in mathematics can increase interest in learning and also the grades of students in elementary school in fourth grade and students seem enthusiastic in learning mathematics.

 


Keywords : joyfull learning method, mathematics, iincrease interest in learning.


Keywords


joyfull learning method, mathematics, iincrease interest in learning.

Full Text:

PDF

References


Azmi, N. (n.d.). PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR JURUSAN ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MATARAM 2015/2016. 18.

Debora Tanjung.pdf. (n.d.). Tanjung, D. (2015) . Penerapan model pembelajaran Joyfull Learninng dengan pendekatan bermain diluar kelas untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasa bilangan bulat di kelas VII SMP Negeri 2 Tapian Nauli. Pendidikan Matematika,1 dan 3,4,14,15.

Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis Minat Belajar pada Pembelajaran Matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(1), 6. https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i1.870

Musbhirah, Q. U., Muntari, M., & Idrus, S. W. A. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JOYFUL LEARNING DENGAN MEDIA KARTU AKSI TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI KOLOID PADA SISWA KELAS XI MIA MAN 2 MODEL MATARAM. 8.

Widyastuti, L. (2015). JURUSAN KIMIA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JOYFUL BERBANTUAN CHEMPUZZLE TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATERIKOLOID SISWA SMAN 2 KENDAL , 62. (Widyastuti, 2015).

Cerya, E. (2016, Januari ). Pakar Pendidikan. JOYFULL LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISA SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTASI, 14, (33-42).

Saputri, R. A. (2021, April). Jurnal Pendidikan Matematika. Sistem Pembelajaran Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MTNS 1 Alor, Nusa Tenggara Timur Pada Materi Bentuk dan Operasi Pecahan Aljabar , 3, (33-40).




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.7205

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: