PRODUK DAN POTENSI DESA BUDAYA BERBASIS DESAIN VISUAL SEBAGAI MEDIA BRANDING KALURAHAN SRIHARDONO

Sakir Sakir, Fajar Junaedi, Bhakti Gusti Walinegoro, Shelsa Aurelia Gunawan Putri

Abstract


ABSTRAK

Kalurahan Srihardono, Pundong, Bantul merupakan kalurahan yang memiliki beragam potensi, salah satunya adalah kebudayaan. Akan tetapi, dalam pengelolaannya, Kalurahan Srihardono memiliki permasalahan utama yaitu belum adanya desain branding untuk mempromosikannya potensi desanya. Program Kalurahan Online (Kaline) hadir dan dilaksanakan sebagai bentuk pengabdian untuk mendampingi Kalurahan Srihardono dalam mengelola produk dan potensi budaya yang dimiliki berbasis desain visual. Tujuan pengabdian ini adalah untuk membuat desain branding pada Kalurahan Srihardono Terdapat lima tahapan yang dilaksanakan, yaitu persiapan internal, eksekusi program, monitoring dan evaluasi, perbaikan program, dan rencana tindak lanjut. Hasil atau luaran dalam pengabdian berhasial dalam membentuk desain branding berupa buku Rintisan Desa Budaya Srihardono, yang memuat enam pembahasan, 1) kegiatan adat dan tradisi, 2) kesenian dan permainan rakyat, 3) bahasa, sastra, dan aksara jawa, 4) potensi kerajinan, kuliner, dan pembuatan obat tradisional, 5) penataan ruang, bangunan, dan warisan, dan 6) register sanggar dan kelompok seni.

 

Kata kunci: desain; branding; srihardono; produk; potensi; budaya

 

ABSTRACT

The village of Srihardono, Pundong, Bantul is a village that has various potentials, one of that is culture. However, in its management, Kalurahan Srihardono has a problem, namely the absence of a branding design to promote it. The Kalurahan Online (Kaline) program is carried out as a form of devotion to assist Srihardono Village in managing products and cultural potentials they have based on visual design. There are five stages carried out, namely internal preparation, program execution, monitoring and evaluation, program improvement, and follow-up plans. The result or outcome of this service is the availability/formation of a branding design in the form of the Srihardono Cultural Village Pilot book, which contains six discussions, 1) traditional activities, 2) folk arts and games, 3) language, literature, and Javanese script, 4) potential for crafts, culinary, and traditional medicine manufacture, 5) spatial planning, buildings, and heritage, and 6) registers of art studios and groups.

 

Keywords: design; branding; srihardono; product; potential; budaya


Keywords


design; branding; srihardono; product; potential; budaya

Full Text:

PDF

References


Darmawanto, E., & Septiya, B. (2020). Genteng Wuwung Berbasis Desain Komunikasi Visual Dalam Pengembangan Branding Desa Mayong Lor , Jepara. Jurnal Imajinasi, XIV(2), 131–140.

Michandani, E. S., & Arida, I. N. S. (2019). Perancangan Destination Branding Desa Wisata Kerta di Kecamatan Payangan Kabupaten Gianyar. Jurnal Destinasi Pariwisata, 7(1), 111. https://doi.org/10.24843/jdepar.2019.v07.i01.p17

Muntazori, A. F., Listya, A., & Qeis, M. I. (2019). Branding Produk UMKM Pempek Gersang. Jurnal Desain, 6(03), 177. https://doi.org/10.30998/jd.v6i3.4252

Perguna, L. A., Irawan, I., Tawakkal, M. I., & Mabruri, D. A. (2020). Optimalisasi Desa Wisata Berbasis UMKM Melalui Destination Branding. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 3(2), 204–214. https://doi.org/10.29407/ja.v3i2.13727

Prabowo, O. A., Kuntjara, A. P., & Sutanto, R. P. (2019). Perancangan Visual Branding Desa Wisata Jambu Kabupaten Kediri. Jurnal DKV Adiwarna, 1(14), 10.

Rahardjo, S. T. (2020). Perancangan Branding Desa Wisata Rajek Wetan, Kelurahan Tirtoadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman Yogyakarta. Dharma Bakti, 3(1), 17–25. https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/dharma/article/view/2675

Srihardono, K. (2019). Potensi Pariwisata Kalurahan Srihardono. https://srihardono.bantulkab.go.id/first/kategori/32

Triani Pujiastuti, K. (2016). Penguatan Industri Rumahan Makanan Mi-des dan Mi-pentil Sebagai Pendukung Desa Wisata Srihardono, Kecamatan Pundong Kabupaten. Prosiding LPPN UPN "Veteran Yogyakarta Tahun 2016, August.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i2.7516

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: