PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI APLIKASI GEOGEBRA

Desi Vinsensia, Yulia Utami, Angga Ramadhan, Adelia Febriana

Abstract


ABSTRAK

Pelaksanaan pengabdian ini didasarkan pada kurang pahamnya siswa terhadap pembelajaran matematika di sekolah karena kurang memahami konsep pelajaran matematika yang dijelaskan oleh guru. Penjelasan guru matematika masih bersifat konvensional terutama pada pembelajaran yang harusnya dapat divisualisasikan. Kegiatan ini bertujuan memperkenalkan media pembelajaran yakni program aplikasi matematika berbasis komputer yakni GeoGebra kepada siswa  dalam pembelajaran matematika dan memberikan pengetahuan mengenai cara menggunakan teknologi sebagai media pembelajaran penggunaan aplikasi GeoGebra. Tahapan kegiatan ini dilakukan dengan sosialisasi (perkenalan), pelaksanaan pelatihan. Pelaksanaan pelatihan dikenalkan software GeoGebra yang dapat diunduh melalui komputer dan android. Pengenalan software diberikan pada siswa kelas VIII SMP Swadaya Sumberejo. Kegiatan pelatihan diikuti 18 siswa yang merupakan 1 kelas. Hasil kegiatan pengabdian ini memperlihatkan peningkatan kemampuan penggunaan media pembelajaran melalui aplikasi GeoGebra yang ditandai dengan kemampuan siswa dalam penyelesaian soal yang diberikan dalam konsep pembelajaran pitagoras dan menghitung luas segitiga.

 

Kata kunci: geoGebra; matematika; media pembelajaran.

 

ABSTRACT

The implementation of this activity is based on the students' lack of learning mathematics at school because they do not understand the concepts of mathematics explained by the teacher. Mathematics teacher explanations are still conventional, especially in learning that must visualize. This activity aims to introduce learning media, namely the computer-based mathematics application program, namely GeoGebra,  to students in learning mathematics and provide knowledge about how to use the technology as a learning medium for using the GeoGebra application. The stages of this activity are carried out with socialization (introductions) implementation of training. The introduced GeoGebra software on the training, which can be downloaded via computer and android. The introduction to the softwared was given to class VIII SMP Swadaya Sumberejo. This training activity was attended by 18 students consisting of 1 class. The results of this service activity indicate an increase in the ability to use learning media through the GeoGebra application, which is characterized by the ability of students to solve problems given in the pythagorean learning concept and calculate the area of a triangle.

 

Keywords:  geogebra; learning media; mathematics.


Keywords


geogebra; learning media; mathematics.

Full Text:

PDF

References


Agung, S., Ma’rufi, & Ilyas, M. (2019). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis media aplikasi geogebra pada materi geometri untuk meningkatkan higher order thinking skills siswa. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 7(2), 194–210.

Faradisa, M. (2019). Penggunaan Aplikasi Geogebra pada Pembelajaran Matematika Materi Poligon dan Sudut Sebagai Sarana Meningkatkan Kemampuan Siswa. Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, 1(2), 166. https://doi.org/10.29300/equation.v1i2.2294

Fitra, A., & Syahputra, M. R. (2018). Pengaruh GeoGebra Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi SPLDV di Kelas VIII SMP Kemala Bhayangkari 1 Medan. Jurnal Mantik Penusa, 2(2), 92–97.

Hamzah, R. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GEOGEBRA GURU SD MUHAMMADIYAH BEJI GUNUNGKIDUL. (HIPEMAS 2): Prosiding Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, Hapemas 2, 377–385.

Hasanah, H., Wirawati, S. M., & Sari, F. A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis STEM Pada Materi Bangun Ruang. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling (IJoLEC), 3(1), 91–100.

Nurhanan, Slamet, M., & Kania, N. (2019). Geogebra Software in Function Materials. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2019 “Literasi Pendidikan Karakter Berwawasan Kearifan Lokal pada Era Revolusi Industri 4.0”. 8 Agustus 2019, 2012, 585–591.

Rahadyan, A., Hartuti, P., & Awaludin, A. (2018). Penggunaan Aplikasi Geogebra Dalam. Jurnal PKM; Pengabdian Masyarakat, 01(01), 11–19.

Septian, A. (2017). Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Suryakancana. Jurnal PRISMA Universitas Suryakancana, VI(2), 180–191.

Septian, A., Sugiarni, R., & Monariska, E. (2020). The Application of Android-based GeoGebra on Quadratic Equations Material toward Mathematical Creative Thinking ability. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 261–272. https://doi.org/10.24042/ajpm.v11i2.6686

Simbolon, A. K. (2020). Penggunaan Software Geogebra Dalam Meningkatkan Kemampuan Matematis Siswa Pada Pembelajaran Geometri di SMPN2 Tanjung Morawa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1106–1114. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.351

Susanah;, Wijayanti, P., Setianingsih, R., & Fiangga, S. (2018). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Geogebra Pada. ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 46–51.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.7563

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: