PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN CANVA DAN PADLET BAGI GURU SD DI SDN PULOGEBANG 09 PAGI

Ima Mulyawati, Novanita Whindi Arini, Lanny Polina

Abstract


ABSTRAK

Penyebaran virus Covid 19 begitu cepat dan dalam waktu yang singkat memberikan dampak bagi semua sektor khususnya pendidikan. Pola pembelajaranpun berubah dari luring menjadi daring. Banyak sekali penyesuaian yang harus dilakukan demi berlangsungnya pembelajaran daring ini, salah satunya adalah menyiapkan media pembelajaran bagi siswa agar mudah memahami materi yang disampaikan guru. Ada beberapa kendala yang dihadapi oleh guru salah satunya adalah menciptakan media pembelajaran yang menarik dengan memaksimalkan berbagai platform yang ada. Kegiatan pengabdian yang dilakukan adalah Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Bagi Guru SDN Pulogebang 09 Pagi. Ada beberapa guru yang belum bisa membuat Canva dan Padlet sebagai salah satu media pembelajaran yang mendukung proses pembelajaran daring. Berdasarkan permasalahan tersebut maka kegiatan pengabdian ini menawarkan pelatihan pembuatan dan pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Bagi Guru SDN Pulogebang 09 Pagi. Sasaran dari kegiatan ini adalah guru dan staff sebagai mitra pengabdian. Langkah-langkah kegiatan pengabdian ini terdiri dari tahap persiapan berupa survey dan wawancara mengenai kondisi mitra, tahap persiapan. Tahap yang terakhir adalah evaluasi dengan pemberian angket mengenai kegiatan pengabdian dan tindak lanjut mengenai kegiatan pengabdian selanjutnya. Hasil pengabdian ini menunjukkan adanya respon positif dimana para guru mendapatkan pengetahuan dan keterampilan dalam media pembelajaran khususnya Canva dan Padlet.

 

Kata kunci: media pembelajaran; canva; padlet.

 

ABSTRACT

The spread of the Covid 19 virus is so fast and in a short time has an impact on all sectors, especially education. The learning pattern has changed from offline to online. There are so many adjustments that must be made for the sake of this online learning, one of which is to prepare learning media for students to easily understand the material presented by the teacher. There are several obstacles faced by teachers, one of which is creating interesting learning media by maximizing the various existing platforms. The service activity carried out was Training on Making Learning Media for Teachers at SDN Pulogebang 09 Pagi. There are some teachers who have not been able to make Canva and Padlet as one of the learning media that supports the online learning process. Based on these problems, this service activity offers training in the manufacture and assistance of Making Learning Media for Teachers at SDN Pulogebang 09 Pagi. The targets of this activity are teachers and staff as service partners. The steps of this service activity consist of a preparation stage in the form of surveys and interviews regarding the condition of partners, the preparation stage. The last stage is an evaluation by giving a questionnaire regarding service activities and follow up on further service activities. The results of this service indicate a positive response where teachers gain knowledge and skills in learning media, especially Canva and Padlet.

 

Keywords: learning media;, canva; padlet.


Keywords


learning media;, canva; padlet.

Full Text:

PDF

References


Amin, S. (2019). Peningkatan Profesionalisme Guru melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Sparkol Videoscribe di Kabupaten Malang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(4), 563–572. https://doi.org/10.30653/002.201944.238

Garris Pelangi. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 1–18. Retrieved from http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sasindo/article/view/8354

Kadaruddin. (2016). Buku referensi media dan multimedia pembelajaran. Yogyakarta : Deepublish.

Melinda, T., & Saputra, E. R. (2021). Canva Sebagai Media Pembelajaran Ipa Materi Perpindahan Kalor di SD. (JIPD) Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 5(2), 96–101. Retrieved from http://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jipd/article/view/848/451

Prasetyo Widyanto, Naniek Sulistya Wardani, I. P. (2021). Pembelajaran Daring Menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantuan Padlet untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Lembaran Ilmu Kependidikan, 50(1), 60–65.

Rahayu, E. M., Nungki, A., Inggris, P. B., Pgri, U., & Buana, A. (2021). Pemanfaatan Moda Aplikasi Padlet Untuk Keterampilan Membaca Dan Menulis Bagi Guru-Guru Sma/K Se-Kabupaten Sidoarjo, I(2), 84–95.

Rahma Elvira Tanjung, D. F. (2019). Canva sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika, 7(2), 79–85.

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.

Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Susanti, E. (2020). Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk Ukm. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 430. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.2983

Suryansah, T., & Suwarjo, S. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas Iv Sd. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 209. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.8393

Windasari, T. S., & Sofyan, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 1–13. https://doi.org/doi.org /10.21009/JPD.0101.01




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.7670

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: