PENGUATAN KONSEP STOIKIOMETRI SEBAGAI DASAR PEMECAHAN MASALAH SOAL PERHITUNGAN KIMIA : PERSIAPAN KSN-K KIMIA 2022 DI SMAN MODAL BANGSA ARUN KOTA LHOKSEUMAWE ACEH

Mellyzar Mellyzar, Henni Fitriani, Agus Muliaman, Ayu Rahmi

Abstract


ABSTRAK

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk menguatkan konsep stoikiometri sebagai dasar pemecahan masalah pada soal perhitungan kimia untuk persiapan Kompetisi Sains Nasional (KSN) dengan harapan siswa-siswa SMAN Modal Bangsa Arun dapat menjadi perwakilan Kota Lhokseumawe ke tingkat Provinsi maupun perwakilan Provinsi Aceh ke tingkat Nasional. Pelaksanaan kegiatan pada 26 Februari – 19 Maret 2022 dengan peserta adalah 5 siswa perwakilan sekolah yang akan mengikuti ajang KSN-K bidang kimia. Langkah-langkah kegiatan yang dilakukan antara lain (1) tes pengetahuan dasar terkait stoikiometri (2) persiapan analisis silabus KSN serta soal-soal KSN-K materi stoikiometri 4 tahun terakhir (3) melakukan penguatan terhadap materi stoikiometri yang terdiri dari: persamaan reaksi kimia, perhitungan stoikiometri (konsep mol), perhitungan massa dan volume (termasuk densitas), rumus empiris dan rumus molekul, bilangan Avogadro dan perhitungan konsentrasi (4) pembinaan penyelesaian soal KSN-K untuk materi stoikiometri (5) evaluasi penilaian kemajuan siswa dalam hal pemahaman materi stoikiometri pada level soal KSN-K. Hasil dari kegiatan ini adanya peningkatan pemahaman siswa terhadap materi stoikiometri. Siswa mampu menyelesaikan soal-soal topik stoikiometri dengan benar dan sistematis. Hasil posttest siswa termasuk kriteria sangat tinggi dengan persentase rata-rata 86% jauh lebih tinggi dibandingkan tes awal dengan rata-rata 38% dengan kriteria sangat rendah. Siswa merasa percaya diri untuk mengikuti KSN-K bidang kimia 2022.

 

Kata kunci: penguatan konsep; stoikiometri; kompetisi sains nasional; kimia

 

ABSTRACT

This service activity aims to strengthen the concept of stoichiometry as a basis for solving problems in chemical calculations for the preparation of national science competition (KSN) with the hope that SMAN Modal Bangsa Arun students can become representatives of Lhokseumawe City to the provincial level and representatives of Aceh Province to the National level. Implementation of activities on February 26 – March 19, 2022 with participants are 5 students representing schools who will take part in the KSN-K eventuality in the field of chemistry. The steps of the activities carried out include (1) testing basic knowledge related to stoichiometry (2) preparation of KSN syllabus analysis and KSN-K questions on stoichiometry material for the last 4 years (3) strengthening stoichiometry material consisting of: chemical reaction equations, stoichiometric calculations (mole concept), mass and volume calculations (including density), empirical formulas and molecular formulas, Avogadro's number and concentration calculations (4) problem solving guidance KSN-K for stoichiometry material (5) evaluation of student progress assessment in terms of understanding stoichiometric material at the level of KSN-K questions. The result of this activity is an increase in students' understanding of the stoichiometric material. Students can solve stoichiometry topic questions correctly and systematically. The students' post-test results included very high criteria with an average percentage of 86%, much higher than the first test with an average of 38% with very low criteria. Students feel confident to take part in KSN-K in chemistry 2022. 

 

Keywords: concept strengthening; stoichiometry; national science competition; chemistry


Keywords


concept strengthening; stoichiometry; national science competition; chemistry

Full Text:

PDF

References


Amir, M. F. (2015). Analisis kesalahan mahasiswa pgsd universitas muhammadiyah sidoarjo dalam menyelesaikan soal pertidaksamaan linier. Jurnal Edukasi, 1(2), 2443–0455.

Aripin, U. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita bangun datar segiempat ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematik untuk siswa kelas VII. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(6), 135–1142.

Hidayat, M. T., Faiziyah, N., Listiawati, V., Rini, I. F., & Surahmat, S. (2019). Workshop Penyusunan Program Unggulan OSN di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Tegalampel, Klaten. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.30653/002.201941.54

Junaidi, J. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Dengan Menggunakan Graded Response Models Di SMA Negeri 1 Sakti. Numeracy Journal, 4(1).

Kemdikbud. (2019). Silabus Olimpiade Kimia Internasional Untuk Seleksi Olimpiade Sains Nasional Tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, dan Nasional. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Kurniawati, M. (2014). Kajian motivasi belajar mandiri siswa melalui pembinaan dan pendampingan olimpiade sains nasional (OSN) bidang kimia pada siswa SMA. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 4(1), 446-455. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jip.v4i1.388

Mellyzar, M., & Muliaman, A. (2020). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Ikatan Kimia. Lantanida Journal, 8(1), 40–52. https://doi.org/10.22373/lj.v8i1.642

Mellyzar, M., Syafrizal, S., & Ginting, F. W. (2021). Penguatan Konsep Kompetisi Sains Nasional Bagi Guru dan Siswa Unggulan di SMAN 7 Kota Lhokseumawe dan SMAN 2 Dewantara Aceh Utara: Bidang Kimia,, Fisika dan Kebumian. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 228–235.

Muliani, F., Noviati, D., & . F. (2018). PEMBINAAN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN BIDANG OLIMPIADE SAINS BAGI GURU SD KOTA LANGSA PROVINSI ACEH. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 3(2), 9–13. https://doi.org/10.26905/abdimas.v3i2.2586

Muliani, M., Zahara, S. R., & Azni, A. (2020). Hubungan Antara Kepercayaan Diri dan Kecemasan Komunikasi Interpersonal Terhadap Perilaku Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X SMAN 1 Kuta Makmur. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 3(2), 18-26.

Noorarnie, A. M., Supardi, K. I., Sumarni, W., & Karnawan, K. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam mengerjakan soal stoikiometri melalui langkah polya. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(2), 2414–2424.

Norjana, R., Santosa, S., & Joharmawan, R. (2016). Identifikasi tingkat pemahaman konsep hukum-hukum dasar kimia dan penerapannya dalam stoikiometri pada siswa kelas X IPA di MAN 3 Malang. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 1(2), 42-49.

Pore, S., Laliyo, L. A., & Ischak, N. I. (2017). Kemampuan Pemahaman Konseptual dan Algoritmik Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Reaksi Redoks. Jambura Journal of Educational Chemistry 1, 2(1), 75–80.

Puspresnas. (2021). Panduan Pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional Tahun 2021. Pusat Prestasi Nasional Kemdikbud RI.

Sappaile, N. (2019). Hubungan Pemahaman Konsep Perbandingan dengan Hasil Belajar Kimia Materi Stoikiometri. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 10(2), 58–71.

SSCIntersolusi. (2012). Olimpiade Kimia SMA. Erlangga.

Susan, D. V., & Suyanto, S. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Diskusi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Karangmojo. Jurnal Pendidikan Kewaraganegaraan Dan Hukum, 6(4), 512–521.

Utomo, A. A., Imron, A., & Syaiful, M. (2017). Pengaruh Penjelasan Guru Terhadap Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah. PESAGI (Jurnal Pendidikan Dan Penelitian Sejarah), 5(8), 1-12.

Wiyoko, T., Megawati, M., Aprizan, A., & Avana, N. (2019). Peningkatan Kompetensi Siswa Melalui Pembinaan Olimpiade Sains (OSN). Warta LPM, 22(2), 67–75. https://doi.org/10.23917/warta.v22i2.8619

Yenni, Y., & Sukmawati, R. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa Berdasarkan Motivasi Belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 251-262. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.661

Zakiyah, Z., Ibnu, S., & Subandi, S. (2018). Analisis Dampak Kesulitan Siswa pada Materi Stoikiometri terhadap Hasil Belajar Termokimia dan Upaya Menguranginya dengan Metode Pemecahan Masalah. EduChemia (Jurnal Kimia Dan Pendidikan), 3(1), 119–134. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/educhemia.v3i1.1784.g3148




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i2.8245

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: