KEGIATAN FUN ENGLISH BAGI ANAK-ANAK DI PANTI ASUHAN CIANGSANA BOGOR

Imelda Malawaty Simorangkir, Yulia Sofiani Zaimar, Yosi Maeleona Passandaran

Abstract


ABSTRAK

Kegiatan PKM ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, motivasi dan konsentrasi peserta dalam pembelajaran bahasa Inggris Kegiatan ini bertajukkan Fun English, yaitu kegiatan belajar bahasa Inggris menyenangkan dengan menggunakan metode resitasi untuk menyampaikan materi pembelajaran bahasa Inggris. Kegiatan pengabdian ini difokuskan pada keterampilan berbicara (speaking) dan keterampilan menulis (writing) khusus pada penguasaan kosakata dalam kalimat sederhana. PKM ini dilaksanakan untuk anak-anak yang tinggal di Yayasan Mahabbatul Yatim. Sebuah panti asuhan untuk anak-anak yatim dan piatu yang kurang mampu. Yayasan ini berlokasi di Kampung Pabuaran Wetan Ciangsana Kabupaten Bogor. Peserta yang mengikuti adalah khusus putri berlatar belakang pendidikan sekolah menengah (SMP/SMA/SMK). Pencapaian hasil PKM ini adalah peningkatan kemampuan peserta dalam menguasai kosakata bahasa Inggris (dalam topik atau materi yang diajarkan). Peserta telah dapat mengatakan beberapa kosakata dengan benar. Peserta telah memahami cara menulis kalimat sederhana dengan benar dan dapat berbicara (membaca dialog). Akhirnya, konsentrasi dan motivasi peserta juga meningkat, ini terbukti dari hasil eveluasi kegiatan dalam post-test. Dengan demikian, peserta juga merasa bahagia dan tidak merasa canggung saat berpartisipasi dalam semua kegiatan bahasa Inggris yang menyenangkan di PKM ini.

 

Kata kunci: fun english; berbicara;  menulis;  metode resitasi; kosakata; anak yatim-piatu; bahasa

                    Inggris.

 

ABSTRACT

This PKM activity aims to improve the ability to speak English, motivation, and concentration of participants in English learning. This activity is titled Fun English, which is a fun English learning activity using the method of recitation to deliver English learning materials. This service activity is focused on speaking skills and writing skills specifically on mastery of vocabulary in simple sentences. This PKM is held for children who live in the Mahabbatul Yatim Foundation. An orphanage for orphans and less able orphans. This foundation is located in Kampung Pabuaran Wetan Ciangsana, Bogor Regency. Participants who followed were special daughters with secondary school education backgrounds (SMP/SMA/SMK). The achievement of the results of this PKM is the increase in the ability of participants in mastering English vocabulary (in the topic or material taught). Participants have been able to say several vocabulary correctly. Participants have understood how to write simple sentences correctly and are able to speak (read dialogue). Finally, the concentration and motivation of participants also increased, this is evident from the results of the eveluation of activities in post-test. Thus, participants also felt happy and did not feel awkward while participating in all Fun English activities at this PKM.

 

Keywords: fun english; speaking; writing; recitation methods; vocabulary; orphans; english.


Keywords


fun english; speaking; writing; recitation methods; vocabulary; orphans; english.

Full Text:

PDF

References


Aditya, Dedi Yusuf. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal SAP Vol. 1 No. 2 Desember 2016 ISSN: 2527-967X 165.

Avila, Hernán A.. (2015). Creativity in the English Class: Activities to Promote EFL Learning. How, 22(2), 91-103.

https://doi.org/10.19183/how.22.2.141.

Gusrayani, Diah. (2014). Teaching English to Young Learners (Sebuah Telaah Konsep Mengajar Bahasa Inggris Kepada Anak-Anak). Bandung: UPI Press.

Hasan, A. S. (2000). Learners' perceptions of listening comprehension problems. Language Culture and Curriculum, 13(2), 137-153.

Kamlasi, I. (2019). Bimbingan Belajar Bahasa Inggris Bagi Anak-Anak Sekolah Dasar . Jurnal Abdimas Bsi Vol. 2 No. 1, 260- 267

Kutlu, Ö., & Aslanoǧlu, A. E. (2009). Factors Affecting the Listening Skill. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 1(1), 2013–2022.

Megawati, Fika. (2016). Kesulitan Mahasiswa Dalam Mencapai Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Efektif.. JURNAL PEDAGOGIA Page.147-156. ISSN 2089-3833 Volume. 5, No. 2, Website: www.ojs.umsida.ac.id

Megawati, F., Mandarani, V. (2016). Speaking Problems in English Communication. Artikeldipresentasikanpada the First ELTiC Conference. Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jawa Tengah. 30 Agustus 2016

Risnadedi, (2001), “Developing Students` Speaking Ability”. Journal of SMP Negeri 17 Pekan Baru. (7). 56-58.

Roby, M & Zhichang Xu. (2019). English As a Lingua Franca. The TESOL Encyclopedia of English Language Teaching, First Edition. John Wiley & Sons, Inc.

DOI: 10.1002/9781118784235.eelt0667.

Slameto. (2003). Belajar & Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Susini, Made & Ndruru Evirius. (2021). Strategi Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris. Linguistic Community Service Journal │ Vol. 1, No. 2, 2021 P-ISSN: 2746-7031│ E-ISSN: 2746-7023 https://www.ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/licosjournal.DOI:http://doi.org/10.22225/licosjournal.v1i2.2732. 37-48.

Suyati, S. (2019). Peningkatan keterampilan menulis teks prosedur menggunakan model pembelajaran resiprokal pada mata pelajaran b. Indonesia siswa kelas vii smp negeri 1 rambutan banyuasin. Jurnal pembahsi (pembelajaran bahasa dan sastra indonesia), 9(1), 66-74.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i2.8324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: