PELATIHAN PEMBUATAN BUSINESS PLAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) PADA KOMUNITAS PEREMPUAN INDONESIA MAJU

Eigis Yani Pramularso, Ety Nurhayaty, Isnurrini Hidayat Susilowati, Ratnawaty Marginingsih

Abstract


ABSTRAK

Permasalahan bisnis dapat terjadi muncul kapan saja. Terkadang hal yang dilupakan adalah melakukan bisnis langsung menjalankan usaha tanpa melalui tahapan yang benar sehingga bisnis yang dijalankan tidak mengalami perkembangan. Pengenalan perencanaan bisnis sekaligus pelatihan ini diterapkan pada mitra pengabdian masyarakat di komunitas Perempuan Indonesia Maju (PIM) Bogor yang menjadi wadah bagi anggotanya yang seluruhnya perempuan dan  telah memiliki bisnis dan berwirausaha dalam semua bidang. Setelah dilakukan pemetaan masalah, bahwa saat ini mereka langsung menjalankan usaha, hanya karena melihat potensi keuntungan sesaat dan tidak mempersiapkan bisnisnya dengan matang, bahkan banyak yang tidak direncanakan dengan rinci padahal dalam berbisnis dihadapkan dengan banyak risiko seperti masalah pasokan, masalah kualitas produk, masalah memperoleh dan mempertahankan pelanggan, sampai mendeteksi jenis pengeluaran dan pendapatan usaha. Pada akhirnya disepakatilah pada pengabdian masyarakat ini melakukan pelatihan terkait perencanaan bisnis berupa model BMC (Business Model Canvas) yang dianggap mudah dan sederhana untuk dipahami. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini dilakukan dengan metode ceramah yang isinya menjelaskan pentingnya perencanaan bisnis dan konsep Business Model Canvas. Berdasarkan tanggapan atas kuesioner yang dibagikan kepada peserta yang berjumlah 29 orang menunjukkan bahwa dari pelaksanaan kegiatan hasilnya 100 persen atau keseluruhan peserta setuju kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat meningkatan wawasan, pengetahuan, keterampilan dan keahlian anggota komunitas dalam membuat rencana bisnis kedepannya.

 

Kata kunci: pelatihan; perencanaan; bisnis; BMC.

 

ABSTRACT

Business problems can occur at any time. Sometimes the thing that is forgotten is doing business directly running a business without going through the correct stages so that the business being run does not experience development. This introduction to business planning as well as training was applied to community service partners in the Maju Indonesia Women's Community (PIM) Bogor, which became a forum for its members who were all women and already had businesses and entrepreneurship in all fields. After mapping the problem, that currently they are directly running the business, just because they saw the potential for temporary profits and did not prepare their business carefully, even many of them were not planned in detail even though in doing business they were faced with many risks such as supply problems, product quality problems, problems obtaining and retain customers, to detect the type of expenses and revenues of the business. In the end, it was agreed that this community service would conduct training related to business planning in the form of the BMC (Business Model Canvas) model which is considered easy and simple to understand. This Community Service activity is carried out using the lecture method, which explains the importance of business planning and the concept of the Business Model Canvas. Based on the responses to the questionnaire distributed to 29 participants, it shows that from the implementation of the activities the results are 100 percent or all participants agree that this community service activity can increase the insight, knowledge, skills and expertise of community members in making future business plans.

 

Keywords: training; planning; business; BMC


Keywords


training; planning; business; BMC

Full Text:

PDF

References


Alma, B. (2010) Kewirausahaan Untuk Mahasiswa Dan Umum. Bandung: Alfabeta.

Awaluddin, R. (2021) ‘Pelatihan Swot Dan Business Model Canvas Pada Ukm Keripik’, Humanis : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 20(1), pp. 47–58.

Didiet and Dewa (2021) PIM Kota Bogor Gelar Arisan Bejubel, Kabar Berita News. Available at: https://www.kabarberitanews.co.id/2021/12/pim-kota-bogor-gelar-arisan-bejubel.html.

Ermaya, S. K. and Darna, N. (2019) ‘Strategi Pengembangan Bisnis Dengan Pendekatan Business Model Canvas (Studi Kasus: Industri Kecil Kerupuk)’, Business Management and Entrepreneurship Journal, 1(3), pp. 207–210.

Fauziah, M. R. N., Damayani, N. A. and Rohman, A. S. (2014) ‘Perilaku Knowledge Sharing Multi Bahasa Pada Komunitas Fakta Bahasa’, Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan, 2(2), p. 87. doi: 10.24198/jkip.v2i2.11643.

Misdaniawan and Purwanto, H. (2017) ‘Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Dengan Pendekatan Business Model Canvas Dalam Upaya Mencapai Keunggulan Bersaing’, Jurnal Ilmiah Jurutera, 4(1), pp. 212–220.

Nurhakim, A. S., Suparno, O. and Nurrochmat, D. R. (2018) ‘Pengembangan Model Bisnis Dan Strategi Pelayanan Kesehatan XYZ’, Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen, 4(2), pp. 251–260. doi: 10.17358/jabm.4.2.251.

Pamungkas, A. S. et al. (2021) ‘Pengembangan Dan Pelatihan Menggunakan Model Bisnis Canvas Bagi Siswa/I Smk Santo Leo Mangga Besar Jakarta’, Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 3(2), pp. 514–520. doi: 10.24912/jbmi.v3i2.9403.

Prasetyo, B. B., Baga, L. M. and Yuliati, L. N. (2018) ‘Strategi Pengembangan Bisnis Rhythm Of Empowerment Dengan Pendekatan Model Bisnis Kanvas’, Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Bisnis, 4(2), pp. 296–307.

Ruhiyat, R. et al. (2021) ‘Pelatihan Penyusunan Kanvas Model Bisnis Dengan Menggunakan Design Thinking Secara Daring Bagi Peternak Dan Petani Muda Di Desa Cibodas , Kecamatan Pasir Jambu , Kabupaten Bandung’, 4(3), pp. 508–517.

Sitio, V. S. S. (2017) ‘Strategi Bisnis Model dengan Pendekatan Business Model Canvas (Studi kasus di industri keci dan menengah (IKM) Bir Pletok Bu Lina di Kelurahan Ciracas, Jakarta Timur)’, Journal of Economics and Business Aseanomics (JEBA), 2(1), pp. 1–16.

Subekti, P. et al. (2021) ‘Pelatihan Business Model Canvas Bagi Siswa SMA Diponegoro Tumpang Dalam Membangun Bisnis di Masa Pandemi’, Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), pp. 79–90. doi: 10.32815/jpm.v2i2.395.

Wibawa, S. (2019) ‘Strategi Pengembangan Bisnis Melalui Analisis Swot’, Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), pp. 1689–1699.

Zamzuri, Z., Wicaksono, T. and Karim, S. (2018) ‘Workshop Business Model Canvas untuk Analisa Bisnis Komprehensif’, Jurnal Panrita_Abdi, 2(2), pp. 105–112.

Zulkarnain, Z., Saputra, M. G. and Silvia, D. (2020) ‘Strategi Pengembangan Bisnis Melalui Pendekatan Business Model Canvas Pada Pt Pitu Kreatif Berkah’, Journal Industrial Servicess, 6(1), p. 55. doi: 10.36055/jiss.v6i1.9476.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i2.8335

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: