PENINGKATAN PENGETAHUAN PENCEGAHAN OMICRON MELALUI BERMAIN PUZZLE PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Indah Dewi Ridawati, Eva Oktaviani, Zuraidah Zuraidah, Nadi Aprilyadi, Jhon Feri, Teti Eriani, Yuniarti Yuniarti, Tri Murtilawati

Abstract


ABSTRAK

Omicron adalah varian baru virus corona. Varian omicron memiliki kecepatan penularan bisa sampai lima kali lipat dari sebelumnya. Masyarakat terkhusus siswa SLBN Kota Lubuklinggau memiliki peran penting dalam memutus rantai Omicron dengan cara vaksinasi dan penerapan ketat protokol kesehatan. Salah satu media menarik dan dapat meningkatkan kemampuan motorik halus dalam penyuluhan kesehatan tentang pencegahan penularan omicron pada anak berkebutuhan khusus adalah menggunakan puzzle.Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan kepada anak berkebutuhan khusus SLBN Kota Lubuklinggau dalam pemahaman tentang pencegahan penularan omicron.Metode yang digunakan adalah penyuluhan dan terapi bermain puzzle. Kegiatan dilakukan pada tanggal 10 Maret 2022 di Ruang Pertemuan SLBN Kota Lubuklinggau. Jumlah peserta yang berasal dari siswa sebanyak 21 orang. Pengetahuan peserta dievaluasi menggunakan kuesioner mengenai pencegahan omicron. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu terjadinya kenaikan rata-rata pengetahuan peserta pengabdian dari 44,3 menjadi 80,8 dengan skor maksimal 100. Kegiatan berlangsung lancar dan semoga ke depannya ada pembentukan satgas (satuan petugas) pencegahan omicron di sekolah.

 

Kata kunci:omicron; pengetahuan; puzzle

                                         

ABSTRACT

Omicron is a new variant of the corona virus. The omicron variant has a transmission speed of up to five times the previous one. The community, especially the Lubuklinggau City SLBN students, have an important role in breaking the Omicron chain by vaccination and strict application of health protocols. One of the interesting media that can improve fine motor skills in health education about preventing transmission of omicron in children with special needs is using puzzles. counseling and puzzle play therapy. The activity was carried out on March 10, 2022 in the Lubuklinggau City SLBN Meeting Room. The number of participants who came from students as many as 21 people. Participants' knowledge was evaluated using a questionnaire on omicron prevention. The results of this community service activity were an increase in the average knowledge of service participants from 44.3 to 80.8 with a maximum score of 100. The activity went smoothly and it is hoped that in the future there will be the formation of a task force (unit of officer) to prevent Omicron in schools.

 

Keywords: omicron; knowledge; puzzle


Keywords


omicron; knowledge; puzzle

Full Text:

PDF

References


Amalia, H., Ilmu, D., Mata, P., Kedokteran, F., & Trisakti, U. (2021). Omicron penyebab COVID-19 sebagai variant of concern. 4(4), 139–141. https://doi.org/10.1136/bmj.n2943

Ariyani, Y. A., Listyarini, A. D., Studi, P., Keperawatan, I., Tinggi, S., Kesehatan, I., & Utama, C. (2017). Pengaruh terapi bermain. 449–455.

Ariyanti, R., Sigit, N., Anisyah, L., Barat, K. T., Tarakan, K., & Barat, K. T. (2021). Edukasi kesehatan terkait upaya swamedikasi penyakit osteoarthritis pada lansia. 4, 552–556.

CNBC Indonesia. (2021). Omicron Menggila, Covid London hingga New York “Meledak.”

Dewi, A. L., Arrofi, S., & N, E. A. S. (2011). Peningkatan Pengetahuan Gizi Anak Usia Sekolah Melalui Pengoptimalan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (Penjaskes) Menggunakan Media Ular Tangga.

Febriani, S. L. (2016). PENGARUH EDUKASI GIZI DENGAN MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG PEDOMAN GIZI SEIMBANG (PGS) PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI SD NEGERI 08 KINARI KECAMATAN BUKIT SUNDI KABUPATEN SOLOK. 29(April).

Ghudafa, M., Akbar, T., & Srisulistiowati, D. B. (2021). Analisa Sentimen Efektifitas Vaksin terhadap Varian COVID 19 Omicron Berbasis Leksikon. 2(2), 251–258.

Gunawan, S., Sinsin, I., Yan, A., & Zani, P. (2021). Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap dengan Perilaku Pencegahan COVID-19 Pada Peserta Seminar Online STIKes Raflesia 7 April 2020 Relationship Between Knowledge and Attitudes with COVID-19 Prevention Behav- ior in Participants of Raflesia STIKes Online Seminar 7th April 2020. 3(April 2020), 47–57. https://doi.org/10.47034/ppk.v3i1.4553

Halim, M. R. H. B. S. P. Y. (2016). Perancangan Papan Permainan Tentang Pentingnya Sayuran Berbasis Family Games Sebagai Sarana Pendidikan Anak-anak Usia 6-12 Tahun. 5(2).

Kemenkes. (2013). Profil Kesehatan Indonesia 2012.

Kementerian Kesehatan RI. (2020). Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Coronavirus Disesase (Covid-19) revisi ke V. 2019.

Maghfuroh, L. (2018). METODE BERMAIN PUZZLE BERPENGARUH PADA PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA PRASEKOLAH. 3(1), 55–60.

Notoatmodjo, S. (2013). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan.

Susilawati, E. I. K. W. A. (2022). Edukasi kesadaran siswa terhadap pencegahan penyebaran varian omicron dalam pembelajaran tatap muka terbatas. 02, 90–95.

Yatimah, D., Kustandi, C., Maulidina, A., & Irnawan, F. (2020). Peningkatan Kesadaran Masyarakat tentang Pencegahan COVID-19 berbasis Keluarga dengan Memanfaatkan Motion Grafis di Jakarta Timur. 4, 246–255.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i2.8664

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: