SOSIALISASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA PADA ANAK-ANAK DENGAN MEDIA VIDEO

Uni Ekowati, Wellem Nggonggoek, Susilo Setyo Utomo

Abstract


Pengabdian kepada Masyarakat dilaksanakan di TPQ di Mushola Baumata yang merupakan tempat belajar Al Quran bagi anak-anak yang berada di Baumata Barat Kecamatan Taebenu Kabupaten Kupang. Peran keluarga terutama orang tua di daerah Baumata Barat dalam mengembangkan karakter anak-anak mereka belum sepenuhnya maksimal sehingga perkembangan karakter anak dalam bidang spiritual, emosional dan intelektual belum begitu seimbang dan selaras. Selain itu banyak anak-anak yang ternyata sudah tidak mengenal atau belum mengenal nilai-nilai sosial budaya yang ada dan ternyata mengandung nilai-nilai karakter yang luhur. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu munculnya karakter yang berbasis budaya/kearifan lokal dari anak-anak TPQ tersebut karena dengan hal-hal tersebut kami berharap anak-anak mampu bersaing dengan individu lain dalam berbagai konteks. Untuk menumbuhkan karakter tersebut pada anak-anak di TPQ diperlukan kegiatan secara bertahap agar tercipta kebiasaan yang teratur selain belajar membaca Al Qur’an. Metode kegiatan pengabdian ini yaitu metode kajian kualitatif deskriptif. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa penayangan media video berbais budaya pada anak-anak TPQ ternyata dapat membantu anak-anak lebih mudah memahami nilai-nilai karakter sesuai dengan budaya yang mereka miliki. Pendidikan karakter menjadi sangat penting terutama anak-anak karena karakter menjadi dasar seorang individu untuk bersaing di masa yang akan datang

Keywords


Pendidikan Karakter, Budaya, Media Video

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v2i2.881

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: