PELATIHAN ENGLISH FOR ACCOUNTING BAGI GURU BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DI KABUPATEN KARAWANG

Indah Purnama Dewi, Evi Karlina Ambarwati, Praditya Putri Utami, Nina Puspitaloka

Abstract


ABSTRAK

Kurikulum 2013 menuntut guru untuk menciptakan situasi pembelajaran yang kreatif dan inovatif dan dituntut untuk mampu menyediakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan dunia industri. Tujuan dari pelaksanaan program pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pelatihan “English for Accounting” bagi guru-guru bahasa Inggris SMK  di Kabupaten Karawang. Pelaksanaan PKM ini dilaksanakan selama 3 bulan yaitu pada bulan September, Oktober, dan November 2021. Peserta kegiatan pelatihan ini melibatkan guru – guru SMK sebanyak 60 orang. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilakukan dengan menggunakan metode pelatihan dan workshop dengan melibatkan 3 tahapan pelaksanaan, yaitu (1) perencanaan untuk mengetahui kebutuhan dan menyusun materi pelatihan, (2) pelaksanaan kegiatan dan (3) evaluasi pelaksanaan yang dilakukan dengan analisis angket Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Auditorium SMK Bhinneka Karawang. Hasil dari pelaksanaan kegiatan ini menunjukan hasil yang memuaskan  pada 4 aspek, yaitu kesesuaian materi dengan kebutuhan, kejelasan informasi yang disampaikan dan interaksi dengan narasumber, serta kepuasan tentang pelaksanaan kegiatan. Oleh karena itu,  program kegiatan pengabdian pada masyarakat  mampu meningkatkan kompetensi guru dalam  bahan ajar bahasa Inggris untuk bidang Akuntansi Keuangan dan Lembaga serta penerapan media Teknologi Infomasi dan Komunikasi (TIK) di dalam kelas. Hasil dari pelaksanaan kegiatan ini menunjukan bahwa program kegiatan pengabdian pada masyarakat  mampu meningkatkan kompetensi guru dalam memb bahan ajar yang sesuai dengan jurusan bidang keahlian di sekolah, selain itu kegiatan pelatihan ini dan pengetahuan baru di bidang Teknologi Infomasi dan Komunikasi (TIK).

 

Kata kunci: english for accounting; sekolah menengah kejuruan; guru bahasa inggris

 

ABSTRACT

The national 2013 curriculum requires teachers to create innovative learning situations and is required to be able to provide Human Resources (HR) who meet the demands of the industrial world. The purpose of this community service program is to provide "English for Accounting" training for English teachers at Vocational High School in Karawang Regency. The implementation of this program was carried out for 3 months, from September to November 2021. The participants of this training activity were 60 teachers. This community service activity was carried out using training and workshop methods which involved 3 stages, i,e, planning, implementation and evaluation. This activity was held in the Auditorium of the Bhinneka Vocational School in Karawang. The results of the implementation of this activity indicated the participants’ satisfaction in 4 areas, i.e. the material suitability, clarity of information and interaction with the speakers as well as their overall satisfaction of the activities. Thus, it can be concluded that the activity facilitated the participants to improve their competence regarding English for Accounting teaching materials and Information and Communication Technology (ICT) classroom integration.

 

Keywords: english for accounting; english teacher; vocational school


Keywords


english for accounting; english teacher; vocational school

Full Text:

PDF

References


Cahyati, S. S., Rahmijati, C., & Rizkiani, S. (2014). Students’ Needs Analysis inThe content of Vocational High School English Textbook. Didaktik STKIP Siliwangi Bandung, 8(1), 29–39.

Haryudin, A., Yana, & Efransyah. (2020). an Analysis of Developing English Teaching Materials At the Vocational High School in Cimahi. P2M Stikip Siliwangi, 7(1), 11–19.

Masyhud, M. (2021). Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Bahasa Inggris Bagi Guru Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Kota Batu. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 483. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4042

Puspitaloka, N. (2020). Pelatihan Basic English for Computing untuk Siswa SMK Teksas Purwakarta. Jurnal Anadara Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1).86-90

Samodro, N. U. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Tablet Android Pada Pelajaran Bahasa Inggris di SMK Harmoni Batam [Universitas Negeri Padang]. In e-Repository Dosen Universitas Negeri Padang.Sarmini, S., Pambayun, N. L. P., & Nurdewanti, N. P. (2021). Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Menggunakan Filmora Kepada Guru Madrasah Aliyah (Ma) Tanbihul Ghofiliin Banjarnegara. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(3), 672. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i3.4871

http://ejournal.unigamalang.ac.id/index.php/RDOS/article/view/378

Surjono, H. D., & Susila, H. R. (2013). Pengembangan multimedia pembelajaran bahasa inggris untuk SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 45–52. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1576

Wahjusaputri, S., Bunyamin, N., & Nastiti, T.I. (2021). Critical Success Factors in Implementing Teaching Factiry-Based Competency for Vocational High School Students. Cakrawala Pendidikan, 40(3), 584-592. https://doi.org/10.21831/cp.v40i3.28877




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i3.8916

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: