PELATIHAN DIGITAL IMAGING UNTUK DESIGN PRODUCT GUNA MENINGKATKAN NILAI JUAL PRODUK

Try Wulandari, Mariska Putri Pratiwi, Sulthan Faza

Abstract


ABSTRAK

Mengingat besarnya peranan UMKM dalam pertumbuhan ekonomi, maka kapasitas UMKM dan juga sumber daya manusia harus terus ditingkatkan. Mahasiswa merupakan calon-calon pemimpin bangsa sehingga kualitas dirinya harus terus ditingkatkan, baik dari segi akademik maupun non akademik. Pada saat ini, banyak mahasiswa yang berkuliah dan bekerja sekaligus. Oleh karena itu, sebaiknya para mahasiswa tersebut terus diberikan ilmu-ilmu pengetahuan dan keterampilan agar kelak dapat menjadi pengusaha sukses. Pelatihan ini dilakukan oleh dua dosen dan satu mahasiswa yang ditujukan kepada mahasiswa/i di kota Palembang. Kegiatan ini dilaksanakan secara offline melalui zoom meeting dan tidak dipungut biaya pendaftaran. Hal ini bertujuan untuk menarik jumlah peserta yang lebih banyak sehingga materi yang akan disampaikan juga akan diterima oleh lebih banyak mahasiswa. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test yang sudah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa banyak peserta yang merasa kemampuannya kurang baik sebelum pelatihan dilakukan dan menjadi lebih baik setelah pelatihan ini dilaksanakan. Para peserta juga menanggap bahwa pelatihan ini meningkatkan kemampuannya dalam bidang digital imaging dan menantikan pelatihan-pelatihan selanjutnya.

 

Kata kunci: desain produk; digital imaging; UMKM.

 

ABSTRACT

In the current era of visualization and digitalization, MSME actors are required to continue to develop their marketing media. Given the large role of MSMEs in economic growth, the capacity of MSMEs as well as human resources must continue to be improved. Students are future leaders of the nation so that their quality must continue to be improved, both in terms of academic and non-academic. At this time, many students are studying and working at the same time. Therefore, the students should continue to be given the knowledge and skills so that in the future they can become successful entrepreneurs. This training is aimed at students in the city of Palembang from various universities and is conducted online and free of charge. This aims to attract a larger number of participants so that the material to be delivered will also be accepted by more participants. Based on the results of the pre-test and post-test that have been carried out, it can be concluded that many participants felt that their abilities were not good before the training was carried out and became better after the training was carried out.

 

Keywords: digital imaging; product design; SMEs.


Keywords


digital imaging; product design; SMEs.

Full Text:

PDF

References


Catriana, E. (2022, February 24). Kemenkop UKM: Sudah 17,25 Juta UMKM yang Terhubung ke Platform Digital. Kompas.Com. https://money.kompas.com/read/2022/02/24/153800426/kemenkop-ukm--sudah-17-25-juta-umkm-yang-terhubung-ke-platform-digital

Hadining, A. F., & Saptadi, S. (2022). WORKSHOP DAN STRATEGI IMPLEMETASI E-COMMERCE PADA UKM MANUFAKTUR MEMANFAATKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN E-BUSINESS. 6(2), 756–760.

Manik, S. I. (2018). Proses Digital Imaging Iklan Cetak Indonesia. JSRW (Jurnal Senirupa Warna), 6(1), 17–33.

Purwanto, Y. S., & Veranita, M. (2018). PELATIHAN FOTOGRAFI DASAR BAGI PELAKU USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) KECAMATAN LENGKONG KOTA BANDUNG. Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas, 02(02), 2528–2190.

Sasongko, D. (2020). UMKM Bangkit, Ekonomi Indonesia Terungkit. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13317/UMKM-Bangkit-Ekonomi-Indonesia-Terungkit.html




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i3.9703

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: