PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA BERBANTUKAN KEARIFAN LOKAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI MTS NEGERI 3 MATARAM

Julaiha Julaiha, Islahudin Islahudin, Johri Sabaryati

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga berbantukan kearifan lokal terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VII MTs Negeri 3 Mataram. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri 3 Mataram
yang berjumlah 90 siswa yang terbagi atas 3 kelas. Sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas VII A sebanyak 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII B sebanyak 29 siswa sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Teknik analisis data menggunakan uji-t polled varians. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil tes awal dan tes akhir. Hasil tes awal diperoleh nilai rata-rata kelas untuk kelas eksperimen 41, sedangkan untuk kelas kontrol 44. Hasil tes akhir diperoleh nilai rata-rata kelas untuk kelas eksperimen 74 sedangkan untuk kelas kontrol 64. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 3,021 sedangkan ttabel sebesar 1,696 pada taraf signifikan 5%. Karena thitung lebih besar dari pada ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan alat  peraga berbantukan kearifan lokal terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VII MTs Negeri 3 Mataram.

Keywords


Pengaruh Penggunaan Alat Peraga, Berbantukan Kearifan Lokal, Peningkatan Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi AksaraArsyad, Azhar, 2015. Media Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada

Azizahwati, dkk. Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Prosiding Pertemuan Ilmiah XXIX HFI. ISSN : 0853-0823

Baiq Ewik Jiniarti, dkk. Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 22 Mataram Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi Volume I No 3 ISSN. 2407-6902

Daryanto, 2015. Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera

Dian Hardianti, dkk. Perbedaan Hasil Belajar Fisika Siswa Untuk Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dengan Model Pembelajaran Langsung Pada Kelas X SMA Negeri 7 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT) Vol. 4 No. 2. ISSN 2338 3240 E-Jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya; Volume 5 ISSN : 2337-3253

Giancoli, 2001. Fisika Edisi Kelima Jilid 1. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama

Halliday David, 2003. Dasar-Dasar Fisika jilid I. Tanggerang: Binarupa Aksara Publisher.

Islahudin, I., Darmayanti, N.W.S., Zulkarnain, Z, (2017). Pengaruh Pemanfaatan Alat Peraga Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas VIII Di MTs Nurul Iman NW Kembang Kerang Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. ORBITA : Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 3(2), 46-52.

Riduwan, 2014. Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alvebeta. Cv

Sudjana, Nana, 2014. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alvabeta. Cv

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alvabeta. Cv

Suherman, dkk. IbM Perangkat Pembelajaran Berbasis Budaya Sunda Untuk Guru-Guru Mipa Smp Di Kecamatan Karangnunggal Tasikmalaya. Jurnal Siliwonsi Vol.2 No.1. ISSN 2477-6629

Yusuf, Muri, 2015. Asesmen Dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.




DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v3i2.1001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika

p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

EDITORIAL OFFICE: