KAJIAN ETNOFISIKA PADA TARI SOYA-SOYA SEBAGAI SUMBER AJAR FISIKA

Irnin Agustina Dwi Astuti, Ria Asep Sumarni, Irawan Setiadi, Rachma Azkia Zahra

Abstract


ABSTRAK

Indonesia yang memiliki wilayah sangat luas dan memiliki banyak pulau diiringi dengan keanekaragamannya maka Indonesia dikaruniai banyak kearifan lokal. Pelajaran fisika yang rumit untuk dipahami oleh siswa, karena fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang dibutuhkan pemahaman konsep antara teori dan penerapan pada kehidupan sehari-hari. Penyajian guru dalam memberikan sebuah materi fisika dan mampu menciptakan suasana kegiatan belajar mengajar interaktif mampu memberikan kesan baik terhadap peserta didik dalam belajar fisika. Tarian daerah sangat kental dengan kearifan lokal daerah tersebut, salah satunya tarian khas Kota Ternate yaitu tari Soya-soya. Maka perlu dikaitkan dengan kegiatan belajar mengajar agar mencegah hilangnya pengetahuan peserta didik tentang kearifan lokal dan mampu mengimplementasikan materi fisika dalam kehidupan sehari-hari maka perlu adanya pengembangan metode pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan pendekatan etnofisika. Metode penelitian  berupa literature  review. Teknik pengumpulan data berupa kajian literatur. Berdasarkan hasil dan pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa setiap gerakan yang dilakukan oleh sang penari Soya-Soya dapat dikaji secara fisika dengan berbagai konsep fisika yang dapat digunakan sebagai bahan ajar fisika di sekolah yang mampu mengasah peserta didik menjadi kreatif dan mampu mengimplementasikan materi dalam kehidupan sehari-hari.

 

Kata kunci: etnofisika; sumber ajar fisika; kearifan local; tari soya-soya.

 

ABSTRACT

Indonesia, which has a very large area and has many islands accompanied by its diversity, Indonesia is blessed with a lot of local wisdom. Physics lessons are complicated for students to understand, because physics is one of the subjects that requires understanding the concept between theory and application to everyday life. The presentation of teachers in providing physics material and being able to create an atmosphere of interactive teaching and learning activities is able to give a good impression on students in learning physics. Regional dances are very thick with the local wisdom of the area. One of them is the typical dance of Ternate City, namely the Soya-soya dance. So it needs to be related to teaching and learning activities in order to prevent the loss of knowledge of students about local wisdom and be able to implement physics material in daily life, it is necessary to develop learning methods, one of which is by using an ethnophysical approach. Data collection techniques in the form of literature studies and interviews. Based on the results and discussion above, it can be concluded that every movement performed by the Dancer Soya-Soya can be studied in physics with various physics concepts that can be used as physics teaching materials in schools that are able to hone students to be creative and able to implement the material in daily life.

 

Keywords: ethnophysics; physics teaching resources; local wisdom; soya-soya dance.


Keywords


ethnophysics; physics teaching resources; local wisdom; soya-soya dance.

Full Text:

PDF

References


Astuti, I. A. D., & Bhakti, Y. B. (2021). Kajian Etnofisika Pada Tari Piring Sebagai Media Pembelajaran Fisika. In SINASIS (Seminar Nasional Sains) (Vol. 2, No. 1).

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Digital Library UIN Sunan Gunun Djati Bandung.

Falani, A. Z., & Ekawati, P. L. (2015). Pemanfaatan Teknologi Game Untuk Pembelajaran Mengenal Ragam Budaya Indonesia Berbasis Android. Jurnal Ilmiah: Lintas Sistem Informasi dan Komputer (LINK), 22(1).

Husin, V. E., Wiyanto, W., & Darsono, T. (2018). Integrasi Kearifan Lokal Rumah Umekbubu dalam Bahan Ajar Materi Suhu dan Kalor untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA. Physics Communication, 2(1), 26-35.

Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan media pembelajaran dalam proses belajar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kognitif siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 17-26).

Jannah, L. C. (2022). Pengenalan Budaya Lokal Kabupaten Banyuwangi Melalui Aplikasi Quizizz dalam Pembelajaran Matematika Tingkat SMP pada Materi Bangun Datar. ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 15-30.

Kurniawati, I. D. (2018). Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan Pemahaman konsep mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68-75.

Munandar, R., Ristanti, C. I., Busyairi, A., & Rokhmat, J. (2022). Analisis Potensi Pembelajaran Fisika Berbasis Etnosains Untuk Meningkatkan Kecintaan Budaya Lokal Masyarakat Bima: Pendidikan. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Fisika Indonesia, 4(1).

Mundilarto. (2002). Kapita Selekta Pendidikan Fisika. Yogyakarta: FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.

Novitasari, L., Agustina, P. A., Sukesti, R., Nazri, M. F., & Handhika, J. (2017). Fisika, Etnosains, dan Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Sains. Seminar Nasional Pendidikan Fisika III 2017, 81–88.

Pingge, H. D. (2017). Kearifan Lokal dan Penerapannya di Sekolah. Jurnal Edukasi Sumba, 01 (02), 128-135.

Rahayu, W. E., & Sudarmin, S. (2015). Pengembangan modul IPA terpadu berbasis etnosains tema energi dalam kehidupan untuk menanamkan jiwa konservasi siswa. Unnes Science Education Journal, 4(2).

Ramadani, E. M., & Nana, N. (2020). Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Virtual Lab Phet pada Pembelajaran Fisika Guna Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA: Literature Review. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 8(1).

Subijanto, S. (2015). Kebijakan Program Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal di Sekolah Menengah Negeri 2 Pekalongan. Kebijakan Program Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal di Sekolah Menengah Negeri 2 Pekalongan, 21(2), 115-134.

Utari, K., Mulyaningsih, N. N., Astuti, I. A. D., Bhakti, Y. B., & Zulherman, Z. (2021). Physics calculator application with matlab as a learning media to thermodynamics concept. Momentum: Physics Education Journal, 5 (2), 101-110.

Wahyudi, I., Bahri, S., & Handayani, P. (2019). Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Budaya Indonesia. Jurnal Teknik Komputer Amik BSI, 01 (05).




DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v8i2.10415

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika

p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

EDITORIAL OFFICE: