PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS ARDUINO UNO R3 PADA MATERI GERAK JATUH BEBAS

M. Jhoni, Nur Afiah, Ikhsan Alparesa, Ani Sugiarni, Shelina Putri

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa alat peraga gerak jatuh bebas berbasis ardunio Uno R3 di kelas X.IPA SMA Ethika Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian R&D yang diadopsi dari langkah-langkah pengembangan sugiyono. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu berupa angket yang diberikan kepada ahli desain dan ahli media bertujuan untuk menguji kevalidan/kelayakan alat peraga gerak jatuh bebas. Hasil dari penelitian ini yaitu telah dikembangkan media pembelajaran berupa alat peraga gerak jatuh bebas berbasis ardunio Uno R3 yang layak digunakan dalam pembelajaran yang telah divalidasikan oleh para validator. Adapun hasil dari validasi ahli desain sebesar 95,56% dengan kategori yang sangat valid dan hasil validasi ahli media sebesar 88,55% dengan kategori sangat valid. Hasil uji coba lapangan awal kepada guru menunjukkkan persentase penilaian dari guru sebesar 88,22% dengan kategori sangat praktis dan penilaian dari hasil uji coba one to one sebesar 96,67% serta hasil coba pada kelompok kecil (small group) dari peserta didik sebesar 92,57% sangat praktis dan mendapatkan respon positif dari peserta didik.

 

Kata kunci: media pembelajaran dan ardunio uno R3

 

ABSTRACT

This study aims to develop learning media in the form of arduino uno R3 based free fall mution visual aids in class X. IPA Ethika Higt School  Palembang. This reseach is an R&D research adopted from Sugiyono’s development steps.The instrument used for data collection in the form of a questionnaire given to design experts and media expert aims to test the validty or feasibility of free fall motion props.The result of this study have been deveload elearning media in the from of free fall metion props on Arduino Uno R3 that are suitable for use in learning that has been validated by validators. The result of the desigt expert validation of 95.56% with a very valid category and the  results of the result of the validation of the media expert at 88.55% with a very valid category.

 

Keywords: learninng media and arduino uno R3.


Keywords


learninng media and arduino uno R3.

Full Text:

PDF

References


Alvian, Alfana (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Elektronika Dasar Berbasis Android untuk Mata Pelajaran Electronic Fundamental Kelas XI SMK Penerbangan AAG Adisutjipto Yogyakarta. (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia.

Alvian, Alfana (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Elektronika Dasar Berbasis Android untuk Mata Pelajaran Electronic Fundamental Kelas XI SMK Penerbangan AAG Adisutjipto Yogyakarta. (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia.

Desriyani, Y., Hufri, Yohandri. (2015). Pembuatan Set Eksperimen Gerak Jatuh Bebas Berbasis Mikrokontroler dengan Tampilan PC: Pillar Of Physics, 5(tanpa nomor), 89-96.

Fitri, U. R., Desnita, & Raihanati. (2015). Pengembangan alat Peraga Momentum dengan Sistem Sensor: Jurnal Pendidikan dan Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(2), 75-80.

Kemendikbud. (2011). Pembuatan Alat Peraga Fisika Untuk SMA. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Departemen Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Maiyena, S., Marjoni, I., & Fitri, N. (2017) Pengembangan Alat Peraga Praktikum Gerak Jatuh Bebas Menggunakan sensor Phototransistor untuk Pembelajaran Fisika pada Materi Gerak Jatuh Bebas: Journal of Saintek, 9(1), 54-67.

Mulyanta & Marlon Leong. (2009). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Kompetensi Dasar Gerbang Logika Dasar dan Sekuensial pada Mata Pelajaran Elektronika Digital Berbasis Android Puzzle Game di SMK Penerbangan AGGAdjisutjipto (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta, Indonesia.

Pratiwi, Umi. (2011). Kontrol suhu Berbasis Arduino dengan Interface Matlab sebagai Alat Bantu Praktikum Fisika Dasar: Jurnal JPSE, 14-25.

Putri, A. Dan Dalilah, N.A. (2017). Pembelajaran Sains Berbasis Tradisi Sains Islam di Madrasah Tsanawiyah (Gerak Benda Menurut Ibnu Bajjah: Jurnal Phenpmenon, 07 (02), 164-173.

Qomariyah, N. dan Rahadi W. (2018). Aplikasi Sensor Infrared dan Arduino Uno untuk Alat Peraga Sederhana Gerak Jatuh Bebas: Prosiding PKM-CSR. 1(1).

Rosdianto, Haris. (2017). Rancang Bangun Alat Praktikum Gerak Jatuh Bebas dengan Stopwatch Otomatis Sederhana: Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 3(1), 20-23.

Sanjaya, Vina. (2008). Perancangan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sujana. (2006). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R &D). Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Prenada Media Group.

Wicaksoni, H. T., Eko S. K., & Arif M. (2014). Pengembangan Alat Peraga Resonator sebagai Alternatif Media Pembelajaran pada Materi Gelombang Bunyi Kelas XII SMA: Journal Pendidikan Fisika, 3(2), 142-144.

Wicaksono, A., & Isnan, N. R. (2017). Pembuatan Alat Peraga Pendidikan Fisika Sub Materi Gerak Jatuh Bebas Berbasis Arduino Uno: Prosiding Seminar Nasional Teknologi Terapan: 1 (1), 440-447.




DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v8i1.8419

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika

p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

EDITORIAL OFFICE: