PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA SISWA KELAS V SDN 2 SINGKAWANG
Abstract
ABSTRAK
Keberhasilan model pembelajaran IPA bergantung pada inovasi dalam menentukan model pembelajaran yang lebih baik untuk menciptakan pembelajaran yang inovatif dan kreatif. Maka dari itu, perlu adanya pemecahan masalah melalui penggunaan model pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terhadap hasil belajar ranah kognitif IPA siswa kelas V, untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar kognitif IPA siswa kelas V. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 Singkawang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan metode true experimental design, dengan bentuk desain posttest only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 2 Singkawang. Sampel yang diambil menggunakan teknik probability sampling, jumlah sampel masing-masing kelompok 26 orang. Sampel yang terpilih menjadi kelas eksperimen adalah kelas VB dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dan kelas VA sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung. Penelitian ini dilakukan di SDN 2 Singkawang. Uji persyaratan analisis data dilakukan adalah uji normalitas, uji homogenitas, Effect Size, sehingga hasil analisa perbandingan dapat dilanjutkan dengan statistik parametrik. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa nilai thitung= 2,188dan nilai ttabel = 2,008 untuk α = 5% dan dk = 50, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar ranah kognitif antara siswa yang diterapkan model pembelajaran inkuiri dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran langsung. Hasil uji Effect Size menunjukan bahwa Effect Size = 0,88, yang berarti penggunaan model pembelajaran inkuiri berpengaruh tinggi terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPA. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model inkuiri pada saat proses pembelajaran memberikan kesan , menarik perhatian siswa, siswa mudah memahami materi yang disampaikan guru, dan memberikan suasana pembelajaran yang baru.
Kata kunci: model pembelajaran inkuiri; hasil belajar kognitif.
ABSTRACT
the success of the science learning model depends on innovation in determining a better learning model to create innovative and creative learning. Therefore, there is a need for problem solving through the use of inquiry learning models in learning. This study aims to determine the effect of the inquiry model on the learning outcomes of the fifth grade science cognitive domain, to determine the magnitude of the inquiry learning model influence on the fifh grade students cognitivi science learning outcomes. This research was conducted at SDN 2 Singkawang.The type of research used is quantitative research with a true experimental design method, in the form of a posttest only control design. The population in this study were all fifth grade students at SDN 2 S ingkawang. Samples taken using probability sampling technique, the number of samples for each group is 26 people. The sampel selected to be the experimental class was class VB using the inquiry learning model and class VA as the control class using the direct learning model. This research was conducted at SDN 2 Singkawang. Test requirements for data analysis carried out are normality test, homogeneity test, Effect Size, so that the results of the comparison analysis can be continued with parametric statistics. The results of the hypothesis test show that the value of i2,188 and bed value = 2,008 for a = 5% and dk = 50, which means that there is a significant influence on cognitive domain learning outcomes between students who applied the inquiry learning model and students who received direct learning Effect test results Size shows that Effect Size = 0.88, which means the use of the inquiry learning model has a high effect on students' cognitive learning outcomes in science subjects. Thus it can be concluded that the use of the inquiry model during the learning process gives an impression, attracts students' attention, students easily understand the material presented by the teacher, and provides a good learning atmosphere.
Keywords: inquiry learning model; cognitive domain learning outcomes.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, S. (2019). teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar.
Anderson, L. W., & Krathwol, D. R. (2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, Asesmen Revisi Taksonomi Bloom. Pustaka Belajar.
Arif, S. (2017). model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013.
Edy, S. (2020). snowball throwing tingkatkan minat dan hasil belajar.
Haniah, A. A., Rosnita, R., & Sugiyono, S. (n.d.). Pengaruh Penggunaan Model Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan …, 1–11. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/24123
Kurniasih, I. (2015). ragam pengembangan model pembelajaran untuk peningkatan profesionalitas guru.
Maolani. (2015). METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN.
Rusman. (2014). model model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru.
Sentanu, I. M., Rasana, I. D. P. R., & Kusmariyatni, N. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri di Sambirenteng. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/784/657.
Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sugiyono. (2018). metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D.
Widiawati, N. P., Pudjawan, K., & Margunayasa, I. G. (2015). Analisis pemahaman konsep dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SD di gugus II kecamatan banjar. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 12–14.
DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v8i2.8574
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika
p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
EDITORIAL OFFICE: