PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MACROMEDIA FLASH PROFESSIONAL 8 PADA POKOK BAHASAN SIFAT ELASTISITAS BAHAN KELAS XI SMA
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran fisika berbasis macromedia flash pro 8 pada pokok bahasan sifat elastisitas bahan kelas XI SMA. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan instrumen angket dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah; Menghasilkan produk berupa media pembelajaran fisika berbasis macromedia flash pro 8 pada pokok bahasan sifat elastisitas bahan, kualitas produk yang telah dikembangkan adalah sangat layak dengan persentase 97% berdasarkan penilaian ahli materi, 80% oleh ahli media dalam kategori layak, respon peserta didik kelas XI pada media pembelajaran fisika berbasis macromedia flash pro 8 pada pokok bahasan sifat elastisitas bahan dengan persentase 87,75% dengan kategori sangat layak, dan Peningkatan pemahaman konsep fisika pada pokok bahasan sifat elastisitas bahan setelah siswa menggunakan media pembelajaran fisika berbasis macromedia flash pro 8 adalah sedang, dilihat dari nilai gain rata-rata kelas sebesar 0,62 atau dalam ketegori sedang.
Kata kunci: media pembelajaran; macromedia flash pro 8; sifat elastisitas bahan.
ABSTRAK
This study discusses the development of physics learning media based on macromedia flash pro 8 on the subject of the elasticity properties of class XI high school materials. This research was carried out using the Research and Development (R&D) research method with a 4D development model (Define, Design, Develop, and Disseminate). Meanwhile, data collection was carried out by means of questionnaires and student learning outcomes tests. The results of this study were; Produce a product in the form of physics learning media based on macromedia flash pro 8 on the subject of the elasticity of the materials, the quality of the product that has been developed is very feasible with a percentage of 97% based on the assessment of material experts, 80% by media experts in the appropriate category, the response of class XI students on physics learning media based on macromedia flash pro 8 on the subject of material elasticity properties with a percentage of 87,75% with a very decent category, and an increase in understanding of physics concepts on the subject of material elasticity properties after students use physics learning media based on macromedia flash pro 8 is moderate, seen from the class average gain value of 0,62 or in the medium category.
Keywords: learning media; macromedia flash pro 8; elasticity of materials.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adam, S., & Muhammad Taufik Syastra. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. CBIS Journal, 3(2),79. https://ejournal.ap.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2013/05/PRINT JURNAL SITI (05-09-13-03-29-59).pdf
Agustina, Putri. (2011). Psikologi Perkembangan. Surakarta: PGSD UMS.
Ardiansyah, N. (2013). Tutorial Macromedia Flash Profesional 8 untuk Pemula. Buku Elektronik.
Arsyad, Azhar. (2012). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Arsyad, Azhar. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
Asmarnis, Yuhelman, N., & Murwindra, R. (2016). Media Dan Efektivitas Belajar Siswa Untuk Mewujudkan Pendidikan Yang Berdaya Saing Tinggi. Jurnal Zarah, 4(1), 34–46.
Aththibby, A. R., & Ishafit, D. (2010). Perancangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Animasi Komputer Untuk Sekolah Menengah Atas Pokok Bahasan Hukum-Hukum Newton Tentang Gerak. Skripsi Ilmu Pendidikan.
Bahtiar. (2010). Fisika Dasar 1. Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta.
David, Bern. (1991). Teaching with media, a paper presented at Technology and Education Conference in Athens, Greece.
Darmawan, D. (2016). Teknologi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Falahudin, Iwan. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 108.
Giancoli, Dauglas C. (2001). Fisika jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Hamalik, Oemar. (1994). Media pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Joyce Bruce. Et al,. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Kusrianto, Adi. (2006). Macromedia Flash Professional 8. Jakarta: PT Elex Media.
Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran) Oleh. Jurnal Pemikiran Islam, 37(1), 27. https://doi.org/10.4236/ce.2020.113020
Panjaitan, M. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Fisika Berbantuan Animasi Komputer Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 3 Tambusai Rokan Hulu Riau. Universitas Pasir Pengaraian.
Purwono, J., Yutmini, S., & Sri Anitah. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 127–128.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suryosubroto, B. (1990). Beberapa Aspek Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Tipler, Paul A. (1998). Fisika untuk Sains dan Teknik. Jakarta: Erlangga, hal.155-156.
Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori dan Praktek. Rineka Cipta.
Undang-undang Guru dan Dosen No 14 tahun 2005. (2008). Jakarta:Sinar.
Undang-undang Sisdiknas No 20 Tahun 2003. (2008). Jakarta:Sinar Grafika.
Young, Hugh D., & Roger A.Freedman. (2002). Fisika Universitas. Jakarta: Erlangga.
DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v8i2.8859
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
______________________________________________________
ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika
p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
EDITORIAL OFFICE: