Kepuasan Kerja Pada Guru Taman Kanak-Kanak

Umi Anugerah Izzati, Desi Nurwidawati

Abstract


Abstrak. Guru memiliki peran yang penting dalam menunjang tercapainya tujuan sekolah.. Sekolah perlu memperhatikan hal-hal yang menjadi kebutuhan guru. Salah satu kebutuhan guru adalah mendapatkan kepuasan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan kerja pada guru Taman kanak-Kanak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian berjumlah 6 orang guru yang bekerja di salah satu sekolah  Taman Kanak-Kanak yang ada di Surabaya. Data dikumpulkan dengan wawancara menggunakan instrumen pedoman wawancara yang disusun tim penelitian. Data yang telah dikumpulkan kemudian dilakukan proses reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru yang bekerja di Taman Kanak-Kanak yang ada di Surabaya tergolong baik.  

Abstract:  Teachers have an important role in supporting the achievement of school goals. Schools need to pay attention to the things that are the needs of teachers. One of the teacher's needs is to get job satisfaction. This study aims to analyze the job satisfaction of Kindergarten teachers. This study used a qualitative descriptive method with 6 research subjects working in one of the Kindergarten schools in Surabaya. Data was collected by interview using instrument guidelines prepared by the research team. The data that has been collected is then carried out by the process of data reduction, data display and drawing conclusions. The results of this study indicate that teachers who work in kindergartens in Surabayaare classified as good

 

Keywords


Kepuasan Kerja; Guru; Taman Kanak-Kanak

Full Text:

PDF

References


Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Cv Jejak.

Astuti, R., & Iverizkinawati. (2018). Pengaruh Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja terhadap Kepuasan Kerja Karyawan pada PT. Sarana Agro Nusantara Medan. Jurnal Ilman, 6(1), 26–41.

Gibson, J. L. (2012). Organization behaviour, structure, processes (14th ed.). McGraw-Hill.

Govinda, I. W. R., & Mujiati, N. W. (2022). Peran kepuasan kerja dalam memediasi pengaruh kompensasi terhadap kinerja karyawan UD. Windhu Sari, Gianyar. E-Jurnal Manajemen, 11(7), 1297–1316.

Irma, A., & Yusuf, M. (2020). Pengruh lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja pegawai. Jurnal Manajemen, 12(2), 253–258. https://doi.org/10.31289/diversita.v3i2.1259

Irwani, T. (2017). Kepuasan kerja guru sekolah dasar dalam kecamatan Johan Pahlawan kabupaten Aceh Barat. Bina Gogik, 4(1), 65.

Kurniawan, A. W., & Puspaningtyas, Z. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Pandiva Buku.

Kurniawan, I. S., & Naeni, H. L. (2021). Pengaruh Dukungan Rekan Kerja Terhadap OCB Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Pemediasi Pada Karyawan Grage Jogja Hotel. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 5(1), 119–128. https://doi.org/10.29408/jpek.v5i1.3319

Listiyawati, Murniati, N. (2016). Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kepuasan kerja guru di Taman Kanak-Kanak UPTD Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe. Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah, 4(3), 41–51.

Luthans, F., Luthans, B. C., & Luthans, K. W. (2021). Organizational Behavior: An evidenced based approach (14th ed.). IAP–Information Age Publishing, Inc.

Mustapha, N., & Zakaria, Z. (2013). The effect of promotion opportunity in influencing job satisfaction among Academic in Higher Public Institutions in Malaysia. International Journal of Academic Research in Business and Social Science, 3(3), 20–26.

Napsawati. (2019). Analisis Kepuasan Kerja Guru Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 2(1), 1–7.

Rasyid, M. A., & Tanjung, H. (2020). Pengaruh Kompensasi, Lingkungan Kerja dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Guru pada SMA Swasta Perkumpulan Amal Bakti 4 Sampali Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 60–74. https://doi.org/10.30596/maneggio.v3i1.4698

Rifaldi, M. A., & Roesminingsih, E. (2014). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru terhadap Kepuasan Kerja Guru di SMK ADB INVEST Se-Kota Surabaya. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 4(4), 122–133.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2014). Essential of Organizational Behavior (12th ed.). Pearson Education Limited.

Rozzaid, & Yusron. (2015). Pengaruh kompensasi dan motivasi terhadap kepuasan kerja karyawan (Studi kasus pada PT. Nusapro Telemedia Persada Cabang Banyuwangi). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 1(2).

Septian, Z., & Pangestu, D. (2017). Pengaruh lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja (Studi pada Karyawan Perum Perhutani Ngawi ). Jurnal Administrasi Bisnis, 43(1), 157–162.

Suchyadi, Y., Sundari, F. S., Sutisna, E., Sunardi, O., Budiana, S., Sukmanasa, E., & Windiyani, T. (2020). Improving the ability of elementary school teachers through the development of competency based assessment instruments in teacher working group, North Bogor City. Journal of Community Engagement, 2(1).

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.

Suryati, Nyoto, & Sudarno. (2022). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Guru Yayasan Prajnamitra Maitreya Pekanbaru. Jurnal Maitreyawira, 3(1), 36–47. https://maitreyawira.e-journal.id/jm/article/view/50/56

Tandafatu, N. K. (2016). Pengaruh Dukungan Organisasional, Dukungan Supervisor dan Dukungan Rekan Kerja terhadap Kepuasan Kerja Karyawan di Credit Union (CU) Bahtera Sejahtera Maumere. E-Journal UAJY.

Uhl-Bien, M., Schermerhorn, J. R., & Osborn, R. N. (2016). Organizational behavior (13th ed.). Wiley.

Uno, H. B., & Lamatenggo, N. (2016). Landasan pendidikan. PT Bumi Aksara.

Wibowo, S. A. (2014). Supervisi Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Dan Kepuasan Kerja. Jurnal Ilmiah “ PENDIDIKAN DASAR, 1(1), 20–31.

Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. Quanta, 2(2), 83–91. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v14i2.14038

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Umi Anugerah Izzati, Desi Nurwidawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  


 EDITORIAL OFFICE: