Editorial Policies

Focus and Scope

  1. Kajian teoritis, penelitian dan pengembangan materi ajar, kegiatan, model atau media pembelajaran di bidang pendidikan meliputi matematika dan ilmu alam (fisika, kimia, biologi, sains, ICT, dan aplikasinya); (2) ilmu sosial, sejarah, geografi, budaya, dan ekonomi; (3) bahasa dan sastra, dan (4) pendidikan dasar;
  2. Penelitian tindakan untuk meningkatkan motivasi, aktivitas, minat atau hasil belajar dalam menyelesaikan masalah pembelajaran;
  3. Pengembangan atau bangun rancang kreativitas, inovasi dan teknologi pembelajaran berbasis software, online atau e-learning;
  4. Pengembangan kurikulum, menejemen, program, dan kebijakan pendidikan lainnya.

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

» Peer Review Process

Every submitted article is independently reviewed by at least double blind review (two peer-reviewers). The decision for publication, amendment, or rejection is based upon their reports/recommendation.  After being reviewed, there will be four kinds of editor decision based on reviewers’ recommendation:

  1. Accept Submission: The submission will be accepted without revisions.
  2. Revisions Required: The submission will be accepted after minor changes have been made.
  3. Resubmit for Review: The submission needs to be re-worked, but with significant changes, may be accepted. It will require a second round of review, however.
  4. Decline Submission: The submission will not be published in the journal.


» Article Revision

The articles sent back to the authors for revision should be returned to the editor without delay. The revised article returned later than 10 days will be considered as new submissions. The revised article can be sent to editorial through the Online Submission Interface.

 

Publication Frequency

Jurnal Paedagoria terbit dua kali dalam setahun yakni bulan April dan September, dengan jumlah minimal 5 artikel pada setiap nomor terbitan.

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

 

Archiving

This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. More...

 

Publication Charges

Submission Charges

Article Submission: 0.00 (IDR). Authors are NOT required to pay for article submission fees.

Processing Charges

Each paper that is accepted (maximum 6 authors) publication in Paedagoria is charged IDR250,000. This fee is used for final proofreading, plagiarism checks, DOI, XML galley, one copy of the journal print-out, and editing process. This is beyond the cost of sending to the institution or the author's address.

After making a payment, please send proof of payment to the Contact Team Editor.

 

Publication Ethics

Jurnal Paedagoria yang ditelaah secara peer review dan diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Mataram yang terbit dua kali dalam setahun yakni bulan Maret dan Septmber. Berikut adalah standar perilaku etis yang digunakan dalam jurnal ini dalam publikasi artikel sejalan dengan kode Etika Bagi Editor Jurnal Paedagoria. Kode Etik ini diharapkan dipatuhi oleh semua pihak yang terlibat dalam penerbitan yaitu penulis, pengelola jurnal (editor), mitra bebestari (reviewer) dan penerbit.

Keputusan Publikasi

Editor menentukan proses publikasi dan mengintegrasikan fungsi pengarang, mitra bestari dan pengelola jurnal untuk mempublikasikan jurnal yang baik dan terpercaya. Editor bertanggung jawab untuk memutuskan bahwa artikel yang diserahkan ke jurnal akan diterbitkan atau tidak. Editor mengacu kepada kebijakan dewan redaksi jurnal yang dibatasi ketentuan hukum, seperti pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta dan plagiarisme. Editor dapat berdiskusi dengan editor lain atau reviewer dalam membuat keputusan ini.

Editor bekerja berdasarkan prinsip dan berstandar etika sebagai berikut:

1. Proses yang Adil

Para editor melakukan evaluasi konten naskah berdasarkan kepakaran mereka tanpa memandang ras, jenis kelamin, orientasi seksual, keyakinan agama, asal etnis, kewarganegaraan, atau filsafat politik penulis.

2. Kerahasiaan

Editor dan setiap staf editorial tidak diperbolehkan mengungkapkan informasi apapun tentang naskah kepada orang lain selain penulis, mitra bestari atau reviewer, penasihat editorial lain, dan penerbit.

Setiap naskah yang diterima reviewer atau mitra bestari harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Naskah tidak boleh ditampilkan atau didiskusikan dengan orang lain kecuali sebagaimana diizinkan oleh editor.

3. Menghindari Konflik Kepentingan

Bahan yang tidak dipublikasikan dalam suatu naskah yang disampaikan tidak boleh digunakan dalam penelitian editor sendiri tanpa persetujuan tertulis dari penulis. Informasi rahasia atau ide-ide yang diperoleh melalui peer review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi. Reviewer tidak harus mempertimbangkan naskah di mana mereka memiliki konflik kepentingan karena unsur kompetitif, kolaboratif, atau hubungan lain dengan salah satu penulis, perusahaan, atau lembaga yang terkait dengan naskah tersebut.

4. Tugas Reviewer

Reviewer bertugas menelaah secara kritis substansi karya tuis ilmiah sesuai bidang kepakarannya. Reviewer bertugas memberikan masukan terhadap keputusan Tim Editorial tentang kelayakan suatu naskah untuk diterbitkan. Peer review membantu editor dalam membuat keputusan editorial dan melalui komunikasi editorial dengan penulis juga dapat membantu penulis untuk meningkatkan kualitas artikel yang disusunannya.

5. Ketepatan

Setiap mitra bestari yang dipilih namun merasa tidak memenuhi syarat untuk mereview naskah yang diberikan oleh editor atau sama sekali di luar kompetensinya harus segera menolak dan tidak melakukan proses review. Apabila mengetahui pakar lain yang lebih sesuai, dapat merekomendasikan editor untuk meminta pakar tersebut sebagai mitra bebestari.

6. Standar Objektivitas

Proses review naskah harus dilakukan secara objektif. Kritik pribadi penulis merupakan hal yang tidak pantas dilakukan. Reviewer harus memberikan pandangan mereka dengan jelas dan disertai dengan argumen yang mendukung.

7. Pernyataan Sumber

Reviewer harus mengidentifikasi karya lain yang relevan yang belum dikutip oleh penulis. Setiap pernyataan yang merupakan hasil observasi, derivasi, atau argumen yang telah digunakan sebelumnya harus disertai dengan kutipan yang relevan. Mitra bestari atau reviewer juga harus mempertimbangkan adanya kesamaan substansial atau tumpang tindih antara naskah yang sedang dipertimbangkan dan makalah lain yang diterbitkan. Pengakuan yang tepat dari karya orang lain harus selalu diberikan. Penulis harus mengutip publikasi yang mempengaruhi penentuan sifat penelitian mereka.

8. Tugas Penulis

Standar Pelaporan

Penulis laporan penelitian asli harus menyajikan laporan yang akurat dari penelitian dan kajian yang dilakukan. Data yang diambil harus ditulis dengan akurat dalam laporan penelitian. Naskah harus detail dan memiliki rujukan yang cukup untuk memungkinkan orang lain merujuk dengan baik. Pemalsuan Laporan atau sengaja tidak akurat merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

Orisinalitas dan Plagiarisme

Para penulis harus memastikan bahwa mereka telah menulis karya asli seluruhnya, dan jika penulis telah menggunakan karya dan / atau kata-kata orang lain maka mereka wajib mengutipnya dengan benar sesuai aturan yang berlaku. Seorang penulis tidak seharusnya menerbitkan naskah yang menggambarkan fondasi penelitian yang sama di lebih dari satu jurnal atau publikasi utama. Mengirimkan naskah yang sama untuk lebih dari satu jurnal bersamaan merupakan perilaku tidak etis penerbitan dan tidak dapat diterima.

Kepenulisan Naskah

Karangan harus dibatasi pada mereka yang telah memberikan kontribusi signifikan terhadap konsepsi, desain, pelaksanaan, atau interpretasi penelitian yang dilaporkan. Semua orang yang telah membuat kontribusi yang signifikan harus terdaftar sebagai penulis. Orang-orang yang telah berpartisipasi dalam aspek-aspek substantif tertentu dari proyek penelitian tersebut harus diakui atau terdaftar sebagai kontributor.

Para penulis harus memastikan bahwa semua penulis anggota masuk dalam naskah, dan semua penulis harus telah memeriksa dan menyetujui versi final dari naskah tersebut dan telah sepakat untuk dipublikasikan.

Kesalahan Mendasar Dalam Karya-karya yang Diterbitkan

Ketika seorang penulis menemukan kesalahan yang signifikan atau ketidaktepatan dalam naskah yang diterbitkan, menjadi kewajiban penulis untuk segera memberitahu editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki naskah.

 

Plagiarism Check

The author must ensure that they have written the original work, and if the author has used the work and / or words of others, they must quote it correctly in accordance with the applicable rules. An Author may not publish text that describes the same foundation of research in more than one journal or major publication. Submit the same manuscript to a more complete journal delivered that is unethical and unacceptable. The editor will run a plagiarism check using Plagiarism CheckerX for the submitted articles before sending to the reviewers. We do not process any plagiarised contents. If an article has over 30% of plagiarism based on the result of the check, we will send back the article to the author to be revised for the plagiarised contents.

 

Licensing, Archiving, and Indexing

» Licencing

All published articles are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

» Archiving

This publication is archived in Indonesia One Search National Library of Indonesia and Garba Rujukan Digital

» Indexing

This publication is indexed by:

CrossRef | Sinta (Science and Technology Index) | Google Scholar | Academia | Repositori Ilmiah Indonesia (Neliti) | Garba Rujukan Digital (Garuda) | Indonesia One Search |