ANALISIS PERKEMBANGAN DAN PELAKSANAAN KURIKULUM DI MIS ELSUSI MEDINA

Anri Naldi, Neng Nurcahyati Sinulingga, Putri Handayani Lubis

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah menganalisis perkembangan dan pelaksanaan kurikulum dengan pendekatan nilai-nilai keislaman di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Elsusi Meldina. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomologi. Teknik pengumpulan data dengan teknik pengamatan, wawancara dan studi dokumen. Teknik analisis data, reduksi data, kategorisasi data, sintesisasi, menysusun hipotesis kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sejak berdiri tahun 1991 perkembanga kurikulum berdasarkan perubahan kurikulum pendidikan, sejak kurikulum 1984, kurikulum 1994, KBK, KTSP dan kurikulum 2013 dan merdeka belajar. Pelaksanaan kurikulum dilakukan dengan pendekatan nilai-nilai keislaman disesuaikan dengan program madrasah yang mengedapankan pendidikan agama Islam. pelaksanaan yang diterapkan adalah kurikulum 2013 dengan pendekatan nilai-nilai keislaman. Keunggulan yang dapat dilihat dari pelaksanaan ini adalah 1. Kemampuan afektif atau sikaf spritual yang menunjukkan nilai-nilai religius. 2. Kemampuan kognitif atau pengetahuan ilmu agama dan ilmu umum sebagai ciri khas madrasah. 3. Kemampuan psikomotorik atau keterampilan yang dikuasai siswa melalui kegiatan-pendidikan dan ekstrakurikuler. Maka dapat disimpulkan perkembangan dan pelaksanaan kurikulum yang sampai saat ini kurikulum 2013 dengan pendekatan merdeka belajar membawa Madrasah Ibtidaiyah Swasta Elsusi Meldina menjadi madrasah yang mampu mengimplentasikan kurikulum pendidikan sesuai dengan keinginan orang tua, masyarakat, bangsa dan Negara.

Abstract: The purpose of this study is to analyze the development and implementation of the curriculum with an approach to Islamic values in the Elsusi Meldina Private Madrasah Ibtidaiyah.This type of research is qualitative research with a phenomological approach. Data collection techniques with observation, interview and document study techniques. Data analysis techniques, data reduction, data categorization, synthesis, compiling working hypotheses. The results showed that since its establishment in 1991 the development of the curriculum based on changes in the educational curriculum, since the 1984 curriculum, the 1994 curriculum, KBK, KTSP and the 2013 curriculum and independent learning. The implementation of the curriculum is carried out with an approach to Islamic values adapted to the madrasah program that precipitates Islamic religious education. The implementation applied is the 2013 curriculum with an approach to Islamic values. The advantages that can be seen from this implementation are 1. Affective or spiritual abilities that demonstrate religious values. 2. Cognitive ability or knowledge of religious science and general science as a characteristic of madrasah. 3. Psychomotor abilities or skills mastered by students through educational and extracurricular activities. So it can be concluded the development and implementation of the curriculum that until now the 2013 curriculum with an independent learning approach brought the Elsusi Meldina Private Ibtidaiyah Madrasah into a madrasah that is able to implement the educational curriculum in accordance with the wishes of parents, society, nation and State.


Keywords


Perkembangan Pelaksanaan Kurikulum

Full Text:

PDF

References


Ahmad Tarmizi Hasibuan, Sapna Andani Batubara, Masitah Khairani, E. A. S. (2022). Telaah Kurikulum Dari Masa Ke Masa:Studi Evaluasi. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4, 1349–1358.

Aisyah, S. (2022). Dinamika Perkembangan dan pelaksanaan ilmu Islam dan keislaman di MIS Elsusi Meldina.

Anri Naldi, N. N. (2022). Analisis Pengembangan Kurikulum Di Lembaga Pendidikan Islam Pada Masa New NormaL. Fitrah: Journal of Islamic Education, 3(1), 10. https://workpointnews.com/2020/05/06/new-normal-covid19-newworld/

Assegaf, Abd, R. (2005). Pendidikan Islam Integratif, Upaya Mengintegrasikan Kembali Dikotomi Ilmu dan Pendidikan Islam. Pustaka Pelajar. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results

Cholilah, M., Gratia, A., Tatuwo, P., Rosdiana, S. P., Noor, A., Pgri, U., Buana, A., Pgri, U., Buana, A., Pgri, U., Buana, A., Pgri, U., & Buana, A. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. 01(02), 57–66. https://doi.org/10.58812/spp.v1.i02

Creswell. JW. (2015). Research Design: Pendekatan Kulaitatif, Kuantitatif dan Mixed. In Yogyakarta: Pustaka Pelajar. PT Pustaka Pelajar.

Gojali, N. (2020). Tafsir Dan Hadis Tentang Pendidikan. Pustaka Setia.

Hafiddin, H. (2015). Pendidikan Islam pada Masa Rasulullah. TARBIYA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 1(1), 17–30.

Hasan Asari, M. (2008). Hadis-Hadis Pendidikan (Sebuah Penelusuran Akar-kar Ilmu Pendidikan Islam. Citapustaka Media Perintis.

Hotmasarih Harahap, Salminawati, Indah Syafiqah Lubis, S. W. H. (2022). Filsafat Islam pada Masa Golden Age dan Kontribusinya dalam Dunia Pendidikan | Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme. Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme. https://doi.org/https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i3.2024

Ichsan, A. S., Sembiring, I. D., & Luthfiah, N. (2020). Pendidikan Islam Menghadapi Tradisi, Transisi, dan Modernisasi. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 107–123. https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.11

Industri, R. (2020). Fitrah: Journal of Islamic Education Konsep Kampus Merdeka Belajar Di Era Revolusi Industri 4.0 Article History. 1(1), 141–157. http://jurnal.staisumatera-medan.ac.id/index.php/fitrah

Irawan, K. A., Ahyani, H., Jafari, A., & Rofik, A. (2021). Pendidikan Islam Melalui Tradisi Keagamaan Problem dalam dunia Pendidikan Pendidikan Islam walaupun mempunyai Pendidikan Islam sebagai wadah bingkai toleransi dimana Qur ’ an dan Hadis. an dan Hadis, 2(1), 52–65.

Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Anisa Dwi Makrufi, Sunaryo Gandi, Abdul Muin, Tajeri, Ali Fakhrudin, Hamdani, S. (2020). Pengembangann Kurikulum Merdeka Penulis (Vol. 21, Nomor 1). CV. Literasi Nusantara Abadi. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203

Lestari, S., & Putro, K. Z. (2021). Integrasi Ilmu Keislaman MI dalam Pembentukan Karakter Generasi Emas. Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 33–44. https://journal.uhamka.ac.id/index.php/jpi/article/view/7008

Muhrin. (2021). Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam. Akhlak Kepada Allah Swt., 11(1), 1–6. https://doi.org/10.18592/jt

Nasution, H. (1985). Islam ditinjau dari berbagai macam aspek. UI-Pres.

Nasution, Z. (2022). Kepala Madrasah Ibtidaiyah Swasta Elsusi Meldina, Hasil Wawancara, 10 Januari 2023, Hari Senin jam 10.00 Wib (Nomor Hasil Wawancara).

Nata, A. (2022). Menata kembali ilmu-ilmu keislaman pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. In Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam (Vol. 11, Nomor 1, hal. 126). https://doi.org/10.32832/tadibuna.v11i1.6175

Nelvawita. (2017a). Akselerasi Perkembangan Ilmu Keislaman... POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 3(2), 242–255.

Nelvawita, N. (2017b). Akselerasi Perkembangan Ilmu Keislaman (Suatu Analisis Filosofis). In POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam (Vol. 3, Nomor 2). POTENSIA, Jurnal Kependidikan Islam. https://doi.org/10.24014/potensia.v3i2.4103

Rasyidin, A. (2019). Pendidikan Islam Di Masa Rasulullah SAW: Sejarah dan Pemikiran. In D. M. Dkk (Ed.), Dinamika Dan Pemikiran Pendidikan Islam. Perdana Publishing. https://www.academia.edu/download/62261149/Haidar_Dinamika___Pemikiran_Pend_Islam_OK20200303-61310-wpbkw5.pdf#page=103

Saihu, S. (2019). Modernisasi Pendidikan Islam Di Indonesia. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam, 1(1), 1–33. https://doi.org/10.36670/alamin.v1i1.1

Samsudin, M., & Haniefa, R. (2022). Sejarah Dan Perkembangan Madrasah Di Indonesia. In Turats (Vol. 15, Nomor 1, hal. 79–91). https://doi.org/10.33558/turats.v15i1.4541

Solihin, I. (2018). Madrasah Dan Pertumbuhan Keilmuan Dunia Islam: Sebuah Kajian Sosio-Historis. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 97. https://doi.org/10.32332/elementary.v4i1.1080

Sopiansyah, D., & Masruroh, S. (2021). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 34–41. https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i1.458

Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Nomor March). Remaja Rosda Karya. https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en

Suteja. (2012). Tafsir Tarbawi. In Nurjati Press : Cirebon. Nurjati Press.

Suwito, & Fauzan. (2005). Sejarah Sosial Pendidikan Islam 1. Kencana. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=_xMSEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=pemikiran+%22am+saefuddin%22&ots=kkRhBKm72T&sig=w1lcv6ir9t3uV_lRxwQBQG6ASS8

Wangsa, & Devi. (2022). Integrasi Ilmu dalam Pembelajaran. In H. Asari (Ed.), E-Jurnal.Stail.Ac.Id (Vol. 1, Nomor 1, hal. 167–173). Perdana Publishing. https://j-las.lemkomindo.org/index.php/BCoPJ-LAS

Winda Arianti, Agus Basri, & Andi Mujaddidah Alwi. (2021). Kedudukan Madrasah Dalam Penerapan Ilmu-Ilmu Islam. In Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam (Vol. 2, Nomor 1, hal. 8–13). https://doi.org/10.55623/au.v2i1.14




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v14i3.16144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Anri Anri Naldi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  


 EDITORIAL OFFICE: