PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE DAN QUANTUM TEACHINGDI TINJAU DARI HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA SMA NEGERI 25 BONE

Ayu Ashari, Erwing Erwing, Sitti Asmah

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran Concept Sentence dan Quantum Teaching di tinjau dari hasil belajar siswa. Dengan demikian penelitian ini digunakan karena siswa mengalami penurunan nilai yang diakibatkan dari pergaulan bebas, semangat belajar yang kurang kondusif dan kurang menyenangkan, sehingga peneliti berasumsi menggunakan kedua model pembelajaran tersebut sebagai penelitian. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi eksperimental bentuk Posttest-Only Control Design yang melibatkan kelas XI IPA 2 dengan penerapan model Concept Sentence dan kelas XI IPA 3 dengan penerapan model Quantum Teaching, jumlah sampel sebanyak 51 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrument tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda sejumlah 20 nomor dan untuk teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis infernsial. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari kedua kelas eksperimen tersebut melalui analisis data deskriptif diperoleh rata-rata hasil belajar siswa mengunakan model Concept Sentence yaitu 77,88 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa dengan menerapkan model Quantum Teaching yaitu 81,92. Hasil analisis data inferensial menunjukkan bahwa taraf signifikasi yang diperoleh (0,044 < 0,05). Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbandingan yaitu model Quantum Teaching lebih baik dibanding model Concept Sentence ditinjau dari hasil belajar biologi siswa.

Abstract:  This research aims to determine the comparison Concept Sentence and Quantum Teaching learning models in terms of student learning outcomes. Thus, this research was used because students experienced a decline in grades resulting from promiscuity, less conducive learning enthusiasm and less fun, so the researcher assumed to use these two learning models as research. The type of research used was Quasi-experimental in the form of Posttest-Only Control Design involving class XI IPA 2 with application of the Concept Sentence model and class The data collection technique used is a learning outcomes test instrument in the form of a multiple choice number of 20 numbers and the data analysis technique uses descriptive analysis and inferential analysis. Based on the research results obtained from the two experimental classes through descriptive data analysis, the average student learning outcome using the Concept Sentence model was 77.88, while the average student learning outcome using the Quantum Teaching model was 81.92. The results of inferential data analysis show that the level of significance obtained is (0.044 < 0.05). It can be concluded that there’s a comparison, namely that the Quantum Teaching model is better than the Concept Sentence model in terms of students' biology learning outcomes.

Keywords


Model Pembelajaran; Concept Sentence; Quantum Teaching; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Ada, D., Telaumbanua, T., Zega, I., & Halawa, N. (2022). Peningkatan Kemampuan Menilai Perihal Yang Dapat Diteladani Dari Teks Biografi Menggunakan Model Concept Sentence. Educativo: jurnal pendidikan, 1(2), 501–509. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i2.70

Amelia Reski. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD INPRES Bontomanai makassar. Skripsi, 820.

Asmah, S. (2021). Efektivitas Penggunaan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Ponre Kecamatan Ponre Kabupaten Bone. Jurnal Ilmiah Mandal Education, 7(3), 1538–1541. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/index

ayumi, alfi yalda, Daulay, S. N., Naryatmojo, D. L., & Haryadi. (2021). 26260-58626-1-SM. Rekonstruksi Model Pembelajaran Consept Sentence Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Kelas X MAN 1 Medan, 10(2), 63–65.

Cahyaningrum, A. D., AD, Y., & Asyhari, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe Tandur Terhadap Hasil Belajar. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 372–379. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4363

Dakhi, O. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Prestasi Belajar. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 8–15. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.2

Dermawan, C. (2021). 110422_2021 _ Jurnal Majelis Ed. 3 - Arah & Kebijakan Pembangunan Nasional Bidang Pendidikan dan Kebudayaan. Jurnal Majelis Ed,3 - Arah & Kebijakan Pembangunan Nasional Bidang Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–4.

Doyan, A., & Wayan Gunada, I. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X1 MIA SMA Negeri 2 Labuapi, 7(1), 199–200.

Dr. Ahdar Djamaluddin, S. Ag. , S. Sos. , M. Pd. i, & Dr. Wardana, M. Pd. I. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. BOOK, 5–7.

Fitri, R. A., Adnan, F., & Irdamurni, I. (2020). Pengaruh Model Quantum Teaching terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 88–101.https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.570

Ilmu, J., Nonformal, P., Psikologis, E., Homeschooling, P., Teori, P., Kognitif, S., Konstruktivisme, D., Aziz, A. N., Rahmatullah, A. S., Anjasari, T., & Janti, S. A. (2023). Efek Psikologis Pembelajaran Homeschooling dalam Penerapan Teori Sosial Kognitif dan Konstruktivisme. 09(1). https://doi.org/10.37905/aksara.9.1.113-128.2023

Lia Dwi Putri, E., & Estika Hader, A. (2021). Journal for Lesson and Learning Studies Model Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu Siswa Muatan IPA di Sekolah Dasar. 4(2), 255–263. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS

Musmita. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Concept Sentence terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa SD se-Kota Makassar. Tesis, 45–60.

Mustakim, A., Ngaliyah, J., & Darmayanti, R. (2023). Quantum Teaching Model: Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa MTs. https://www.journal.assyfa.com/index.php/JPTK/

Nasution, M., & Juniati, M. (2022). Peningkatan hasil belajar siswa melalui model quantum teaching di sd negeri 033 hutabaringin mandailing natal. 13(1).

Nurlaelah. (2020). Aplikasi Model Quantum Teaching Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Capaian Pembelajaran Siswa. JURNAL, IX(1), 152–167.

Nursalam, M., HS, E. F., & Jusmawati, J. (2021). Efektifitas Model Quantum Teaching Terhadap Pembelajaran Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2),506–516. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.724

Prihatiningtyas, N. C., Wahyuni, R., & Mariyam, M. (2020). Pengembangan Model Concept Sentence Learning Berbasis Budaya Multietnis untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep dan Kepedulian Sosial Siswa. Jurnal Didaktik Matematika, 7(2), 121–141. https://doi.org/10.24815/jdm.v7i2.17606

Putri, R. krisna. (2021). Skripsi model pembelajaran. Perbandingan model pembelajaran index card match (icm) dan course review horay (crh) terhadap kemampuan berpikir kritis dan representasi matematis siswa, 16–17.

Rohana, S. (2021). Perbandingan model pembelajaran quantum teaching dan model pembelajaran concept sentence terhadap hasil belajar biologi siswa kelas x di ma pondok pesantren darul qur’an, 11–12.

Rosdiana. (2018). 18.1600.012 quantum teaching. Penggunaan Model Consept Sentence Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Mendalami Cerita Ulang, 2(3), 405–416.

Rozi Fakhtur. (2021). Keefektifan pembelajaran menulis teks puisi dengan model concept sentence pada peserta didik kelas x sma n 1 ulujami kabupaten pemalang tahun ajaran 2019/2020. Sasindo, 9(2), 44–60.

Sadono, F. S. (2018). Penerapan model concept sentence dengan media kartu kata.

Salsabila, K. N. (2022). Penerapan model quantum teaching dalam pembelajaran menulis teks proposal pada peserta didik kelas xi di sman 27 bandung tahun pelajaran 2021/2022.

Samala, A. D., Ambiyar, A., Jalinus, N., Dewi, I. P., & Indarta, Y. (2022). Studi Teoretis Model Pembelajaran: 21st Century Learning Dan Tvet. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2799–2780. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2535

Sari Asti. (2021). Pengaruh penerapan model pembelajaran quantum teaching terhadap hasil belajar matematika siswa kelas vii upt smpn 25 kepulauan selayar. 17–134.

Subiyanto Hendro. (2022). Upaya meningkatkan hasil belajar ips melalui model pembelajaran quantum teaching pada siswa kelas vii b smpn 3 dusun selatan kabupaten barito selatan efforts to Improve IPS Learning Outcomes Through Quantum Teaching Learning Model in Students of Class VII B SMPN 3 South Hamlet of South Barito Regency. Nusantara Hasana Journal, 1(11), 1–10.

Sultan Alauddin, J. (2018). Strategi pembelajaran quantum teaching dalam meningkatkan motivasi belajar pai siswa sd islam al-izhar cendekia makassar. In telp (vol. 866132, Issue 259).

suzana eva, Budaya, &, & Issn, W. P. |. (2021). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Concept Sentences Pada Materi Sistem Pencernaaan Manusia di Kelas VIII.3 SMPN 2 Kec. Harau Kabupaten Lima Puluh Kota.

Syamsul, M., Wasis, A., Dwiyogo, D., Olahraga, P., & Pascasarjan, P. (n.d.). Teori belajar behavioristik dan implikasinya dalam pembelajaran.

Wahyuni, S. (2018). UNM Journal of Biological Education Pengaruh Model Pembelajaran Scaffolding Meggunakan Teknik Peer Tutoring terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Barebbo Kabupaten Bone. Journal of Biological Education Pengaruh Model Pembelajaran Scaffolding Menggunakan Teknik Peer Tutoring Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Barebbo, 2(1), 61–68.




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v14i4.17635

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ayu Ashari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  


 EDITORIAL OFFICE: