PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OPEND ENDED UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BERPIKIR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS X2 MAN I MATARAM TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X MAN I Mataram pada materi
Trigonometri dengan melakukan perbaikan kualitas proses pembelajaran. Perbaikan kualitas proses ini dilakukan
dengan menerapkan pembelajaran dengan mengunakan metode opend ended. Penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas (PTK) yang di laksanakan dalam dua siklus di mana setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu 1)
perencanaan 2) observasi 3) pelaksanaan tindakan dan 4) refleksi. Hasil penelitian menujukan bahwa terjadi
peningkatan hasil belajar siswa kelas X MAN I Mataram pada materi Trigonometri. Ketuntasan klasikal mencapai
79,33% pada siklus I sedangkan pada siklus II mencapai 94,1%.
Trigonometri dengan melakukan perbaikan kualitas proses pembelajaran. Perbaikan kualitas proses ini dilakukan
dengan menerapkan pembelajaran dengan mengunakan metode opend ended. Penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas (PTK) yang di laksanakan dalam dua siklus di mana setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu 1)
perencanaan 2) observasi 3) pelaksanaan tindakan dan 4) refleksi. Hasil penelitian menujukan bahwa terjadi
peningkatan hasil belajar siswa kelas X MAN I Mataram pada materi Trigonometri. Ketuntasan klasikal mencapai
79,33% pada siklus I sedangkan pada siklus II mencapai 94,1%.
Keywords
Hasil belajar, pembelajaran opend ended
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v7i1.177
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Universitas Muhammadiyah Mataram
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.
_______________________________________________
Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan |
______________________________________________
CURRENT INDEXING:
..
EDITORIAL OFFICE: