PENINGKATAN KREATIVITAS MAHASISWA MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS ANIMASI TRAVEL MAP

Reka Seprina, Lisa Rukmana, Andre Mustofa Meihan

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini menerapkan metode Project Based Learning) pada mata kuliah Pengantar Sejarah Indonesia, dan meningkatkan kreativitas mahasiswa. Metode penelitian menggunakan Classroom Action Research. Subjek penelitian melibatkan mahasiswa yang mengambil mata kuliah Pengantar Sejarah Indonesia. Penelitian ini dirancang dalam 3 (tiga) siklus yang mana pada tiap siklus terbagi menjadi empat kegiatan, yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi dan Evaluasi, serta Analisis dan Refleksi. Hasil penelitian membuktikan Pembelajaran Sejarah Berbasis Animasi Travel Maps Filmora Terintegrasi Project Based Learning terbukti efektif dalam meningkatkan kreativitas mahasiswa. Pada siklus I skor rata- rata kreativitas mahasiswa yakni 75,5. Pada siklus yang kedua skor rata-rata kreativitas mahasiswa yakni 79,9. Skor rata-rata tingkat kreativitas mahasiswa mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus ke-III yakni 101,6. Skor rata-rata kreativitas mahasiswa ini masuk dalam kategori “tinggi”, dan melebihi target yang diberikan yakni rerata lebih dari 80. Sehingga penelitian tindakan kelas setelah dilaksanakan Siklus-III dapat dikatakan “berhasil”.

Abstract: The aim of this research is to implement Project-Based Learning method in the Introduction to Indonesian History course. The goal is to enhance students' creativity. The research methodology employed is classroom action research. The study involved students who took the Introduction to Indonesian History course. It was designed in three cycles, each consisting of four activities: Planning, Action Implementation, Observation and Evaluation, and Analysis and Reflection. The results demonstrate that History Learning Based on Animation Travel Maps Filmora Integrated Project Based Learning is an effective method for enhancing student creativity. In the first cycle, students' average creativity score was 75.5. In the second cycle, it increased to 79.9. The third cycle saw a significant increase in the average creativity score to 101.6, which is categorized as 'high' and exceeds the target of an average score of 80. Therefore, the class action research after Cycle-III can be considered successful.

Keywords


Travel Maps; Project Based Learning; Sejarah Indonesia

Full Text:

PDF

References


Anazifa, R. D., & Hadi, R. F. (2016). Pendidikan lingkungan hidup melalui pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) dalam pembelajaran biologi. Prosiding Symbion (Symposium on Biology Education), 453–462.

Ashari, N. W., & Salwah, S. (2018). Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Self Directed Learning Dalam Pemecahan Masalah Mahasiswa Calon Guru: Suatu Studi Literatur. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1).

Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dwiyogo, W. D. (2022). Pembelajaran visioner. Bumi Aksara.

Farida, S. D. (2021). Peran Pendidikan Sejarah dalam Mengembangkan Kesadaran Berbagai Melalui Karakter Bangsa. Prosiding Pekan Sejarah 2020, 1(1), 378–385.

Hanifah, N. (2014). Memahami penelitian tindakan kelas: teori dan aplikasinya. Upi Press.

Haqqi, H., & Wijayati, H. (2019). Revolusi Industri 4.0 di Tengah Society 5.0: Sebuah Integrasi Ruang, Terobosan Teknologi, dan Transformasi Kehidupan di Era Disruptif. Anak Hebat Indonesia.

Mita, S., Lestari, E. T., & Irawani, F. (2023). Analisis Kreativitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sejarah Di Kelas XI Sma Negeri 01 Sebangki. Historica Didaktika, 3(1), 29–36.

Moeslihatoen. 2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta : Rineka Cipta

Mulyani, F., & Haliza2, N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 101–109. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.83

Mursidi, A. (2010). Pemanfaatan museum blambangan Sebagai sumber belajar sejarah.

Mutiah, E., & Srikandi, S. (2021). Konsep Pengembangan Kreatifitas AUD. Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 1(1), 1–15.

Nursyam, A. (2019). Peningkatan minat belajar siswa melalui media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 18(1), 811–819.

Partington, G. 1980. The Idea of Historical Education. Avon: NEFER Inc.

Purwanta (Trans). 2008. Pembelajaran Sejarah. Jakarta: Grasindo

Rahadian, D. (2016). Pergeseran Paradigma Pembelajaran pada Pendidikan Tinggi. Petik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(1), 1–7.

Sigit Dwi Laksana. (2016). Integrasi Empat Pilar Pendidikan (UNESCO) Dan Tiga Pilar Pendidikan Sslam. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 6(1).

Sulaiman, S. Pendekatan Konsep Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Sejarah Lontar, Vol. 9 (1), 2012.

Taufiqurrahman, T., & Junaidi, J. (2021). Pembelajaran berbasis Proyek (Project-based Learning) untuk mengembangkan keterampilan abad 21. INCARE, International Journal of Educational Resources, 2(2), 225–241.

Togatorop, F., Banjarnahor, D. N., & Saragih, D. Y. (2022). Sosialisasi Pengaruh Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi di Sekolah Dasar (SD) Swasta HKI 3 Pematangsiantar: Socialization of the Effect of Technology in Education in the Era of Globalization in Private Elementary Schools (SD) HKI 3 Pematangsiantar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(2), 68–76.

Utami, M. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Yurike Metriani. (n.d.). Mengenal Wondershare Filmora, Aplikasi Mudah untuk Edit Video. Https://Www.Beritasatu.Com/Ototekno/1050186/Mengenal-Wondershare-Filmora-Aplikasi-Mudah-Untuk-Edit-Video.

Zuhdi W, E., & Subastian, A. (n.d.). Modul Teknik Multimedia. Retrieved October 24, 2023, from https://repository.unmul.ac.id/bitstream/handle/123456789/36056/Modul%20Teknik%20Multimedia.pdf?sequence=1&isAllowed=y




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v15i1.20125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 LISA RUKMANA, REKA SEPRINA, Andre Mustofa Meihan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  


 EDITORIAL OFFICE: