PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB MELALUI KOLABORASI SISWA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING

Fitria Eka Putri Rinjani, Isnol Khotimah

Abstract


Abstrak: Pentingnya penelitian ini untuk meningkatkan keterampilam menulis Bahasa Arab melalui kolaborasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas metode Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan keterampilan menulis Bahasa Arab melalui kolaborasi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimental dengan subjek penelitian sebanyak 22 siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Tibu Sisok. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan ganda sebanyak 10 soal dan soal essay sebanyak 5 soal. Hasil analisis data menunjukkan bahwa implementasi PBL menghasilkan nilai N-Gain sebesar 0,806, yang termasuk dalam kategori tinggi atau 80,65% menunjukkan bahwa metode PBL melalui kolaborasi siswa berperan efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis Bahasa Arab. Penelitian ini memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan metode pembelajaran Bahasa Arab di tingkat Madrasah Tsanawiyah dan menggarisbawahi pentingnya kolaborasi siswa dalam konteks pembelajaran. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah dukungan untuk penerapan metode PBL dalam meningkatkan keterampilan menulis Bahasa Arab di kalangan siswa kelas VIII.

Abstract:  The importance of this research is to improve arabic writing skill through student collaboration. This study aims to evaluate the effectiveness of the Problem Based Learning (PBL) method in enhancing Arabic writing skills through student collaboration. The research employs a quantitative experimental approach with a sample of 22 eighth-grade students from Madrasah Tsanawiyah Tibu Sisok. The data collection instruments consist of a multiple-choice test with 10 items and an essay section with 5 questions. Data analysis results indicate that the implementation of PBL yields an N-Gain score of 0.806, categorizing it as high, with 80.65% indicating that the PBL method through student collaboration effectively enhances Arabic writing skills. This research contributes positively to the development of Arabic language learning methods at the Madrasah Tsanawiyah level, emphasizing the importance of student collaboration in the learning context. Practical implications of this study endorse the adoption of the PBL method to improve Arabic writing skills among eighth-grade students.


Keywords


Keterampilan Menulis; Bahasa Arab; Kolaborasi Siswa; Problem Based Learning.

Full Text:

PDF

References


Arina, A., Arleni, R. N., Salsabila, A., Sinambela, R., & Saroh, M. (2023). Penerapan Strategi Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits. Journal on Education, 5(3), 9164–9172. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1719

Hadiannor. (2022). Meningkatkan kemampuan qawaid tentang aqsamul kalam melalui penerapan model problem based learning (PBL). Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 1(1), 2464–2476.

Hakimah, N. (2023). Assessing the Impact of Project-Based Learning on Students’ Writing Skills: A Pre-Experimental Study. Acitya: Journal of Teaching and Education, 5(2), 434-448. https://doi.org/10.30650/ajte.v5i2.3723

Hizati, A., & Arief, E. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 12 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 183–190.

Hudha, M. N., Etikamurni, D. P., Rasuli, I. P. A., Safitri, N. S., Perwita, C. A., & Ayu, H. D. (2023). Problem Based Learning (PBL) - Problem Solving Skills (PSS): Systematic Literature Review. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 5(2), 103-116.

https://doi.org/10.29300/ijisedu.v5i2.10603

Imbaquingo, A., & Cárdenas, J. (2023). Project-Based Learning as a Methodology to Improve Reading and Comprehension Skills in the English Language. Education Sciences, 13(6), 587.

https://doi.org/10.3390/educsci13060587

Khabibul, K. (2022). Implementasi Tahapan Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Kitabah Khabibul. Jurnal Nasional Pendidikan Agama Islam, 2, 1–7.

Khaerotin, R. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif 3D Aurora Presentation Untuk Keterampilan Menulis Bahasa Arab. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(1), 1–18. https://doi.org/10.14421/almahara.2019.051-01

Kusrianti, A., & Suharto, V. T. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Multimedia untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 3(2), 145. https://doi.org/10.25273/linguista.v3i2.5736

Liana, L., Wiryokusumo, I., & Leksono, I. (2021). Pengembangan E-Book Berbasis Problem Based Learning Pada Pelajaran Bahasa Jawa Kelas IV Sekolah Dasar. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 8(3), 289–298. https://doi.org/10.17977/um031v8i32021p289

Mustofa, M. A. (2020). Analisis Penggunaan WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab di Era Industri 4.0. Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 4(2), 333. https://doi.org/10.29240/jba.v4i2.1805

Narsa, I. K. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Menulis Teks Cerita Fantasi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Journal of Education Action Research, 5(2), 165–170. https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33269

Ni’ma, A. A. (2022). Penggunaan Seni Kaligrafi Dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis ( Maharah Kitabah ). Tifani, 2(1), 55–60.

Nurhanifah, N. S. (2021). Problematika Mahasiswa Bahasa Arab Dalam Meningkatkan Kemahiran Menulis Bahasa Arab. Semnasbama, 5, 643–650.

Nurwahidah, N., Samsuri, T., Mirawati, B., & Indriati, I. (2021). Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Menggunakan Lembar Kerja Siswa Berbasis Saintifik. Reflection Journal, 1(2), 70–76. https://doi.org/10.36312/rj.v1i2.556

Rahmawati, D., & Liansari, V. (2023). The Effect of Problem Based Learning (PBL) Learning Model on Writing Skills of Experimental Reports on the Properties of Gases in Grade 3 Elementary School Students. Academia Open, 8(1), 1-11.

https://doi.org/10.21070/acopen.8.2023.4736

Rathomi, A. (2020). Maharah Kitabah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Keguruan Dan Pendidikan Islam, TARBIYA ISLAMICA ISSN (p): 2303-3819-; ISSN (E):, 1(1), 1–8. http://ojs.iaisambas.ac.id/index.php/Tarbiya_Islamica/index

Susilo, J., & Wahyuni, V. E. (2019). Penggunaan metode demonstrasi Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur. Bahastra, 39(2), 1. https://doi.org/10.26555/bahastra.v39i2.13573

Warni, S. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Bahasa Arab melalui Media Gambar Reka Cerita pada Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Blangkejeren. Jurnal Serambi Akademica, 9(2), 135–146.




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v15i2.20984

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fitria Eka Putri Rinjani, Isnol Khotimah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  


 EDITORIAL OFFICE: