MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS, KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN SELF EFFICACY SISWA MENGGUNAKAN MODEL SCIENTIFIC CRITICAL THINKING (SCT)

Rusmansyah Muhammad, Liana Wahyuni, Syahman Syahman, Husna Juwida

Abstract


Abstrak: Pembelajaran kimia yang dapat melatihkan kemampuan berpikir kritis, keterampilan komunikasi, dan self efficacy sangat dibutuhkan bagi siswa. Model Scietific Critical Thinking (SCT) salah satu model yang dapat diterapkan pada materi larutan penyangga di kelas XI MIPA SMAN 12 Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kemampuan berpikir kritis (2) keterampilan komunikasi dan (3) self-efficacy terhadap penerapan model SCT pada materi larutan penyangga. Metode dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian post-test nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 (kelas eksperimen) dan kelas XI MIPA 2 (kelas control). Variabel bebas adalah model SCT dan GDL, sedangkan variabel terikat adalah kemampuan berpikir kritis, keterampilan komunikasi dan self-efficacy. Pengumpulan data menggunakan teknik test dan non-test. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada peningkatan kemampuan berpikir kritis (2) ada peningkatan keterampilan komunikasi dan  (3) ada peningkatan self-efficacy. Kelas eksperimen lebih baik di banding kelas kontrol dalam melatih kemampuan berpikir kritis, keterampilan komunikasi, dan self-efficacy siswa dalam pembelajaran materi larutan penyangga.

 

Abstract: Chemistry learning that can train critical thinking skills, communication skills, and self-efficacy was very much needed for students. The Scientific Critical Thinking (SCT) Model is one of the models that can be applied to buffer material in class XI MIPA SMAN 12 Banjarmasin. This study aims to determine (1) critical thinking skills, (2) communication skills, and (3) self-efficacy towards the application of the SCT model on buffer solution material. The method in this study is a quasi-experiment with a post-test nonequivalent control group design. This study were students of class XI MIPA 1 (experimental class) and class XI MIPA 2 (control class). The independent variables are the SCT and GDL models, while the dependent variable is the ability to think critically, communication skills, and self-efficacy. Data collection using test and non-test techniques. Data analysis techniques using descriptive and inferential analysis. The results showed that (1) there was an increase in critical thinking skills, (2) there was an increase in communication skills, and (3) there was an increase in self-efficacy. The experimental class is better than the control class in exercising students' critical thinking skills, communication skills, and self-efficacy in learning buffer solution material.

Keywords


Critical Thinking Skills, Comunication Ability, Self Efficacy, Scientific Critical Thinking Model

Full Text:

Download [PDF]

References


Afisha, H. M. (2015). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Beargumentasi dan Hasil Belajar Siswa. FKIP: Universitas Lampung.

Arikunto. (2015). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Bilgin , I., Karakuyu, Y., & Ay, Y. (2015). The Effect of Project Based Learning on Undergraduated Student's Archivments and Self-Efficacy Beliefs Towards Science Teaching. Journal of Mathematics. Journal of Mathematics, Science, & technology Education, 469-477.

Carole, W., & Carol, T. (2007). Psikologi Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Indonesia. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor22 Tahun 2016 Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Sekretariat Negara.

Malsa, P., Rahmi, & Febriana, R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Self Efficacy. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1-10.

Maslyni, Zaini, M., & Syahmani. (2018). The Effectiveness of Natural Science Modules Toward Critical Thinking Ability and Student Performance: A Development Research. IOSR Journal of Research & Mrthod in Education (IOSR-JRME), 29-33.

Mataka, e. (2014). The Effect of Using an Explicit General Problem Solving Teaching Approach on Elementary Pre-Service Teacher' Ability to Solve Heat Transfer Problem. International Jurnal of Education in Mathematics, Science and Tecnologgy, 2(3), 166.

Nuyami, N., Suastra, I., & Sadia, I. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share terhadap Self-Efficacy Siswa ditinjau dari Gender. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 1-11.

Prasetyowati, E. N., & Suyanto. (2016). Peningkatan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa melalui Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri pada Materi Pokok Larutan Penyangga. Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia, 1(1), 67-74.

Putri, A., Enawaty, E., & Lestari, I. (2016). Deskripsi Keterampilan Komunikasi Siswa SMA Negeri 9 Pontianak Melalui Metode Praktikum pada Materi KSP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(9), 1-11.

Rusmansyah, Ibrahim, M., Yuanita, L., Muna, K., & Isnawati. (2018). Keterlaksanaan Model Pembelajaran Scientific Critical Thinking (SCT) untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru Kimia pada Materi Koloid. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 9(2), 121-132.

Rusmansyah, Yuanita, L., Ibrahim, M., Isnawati, & Prahani, B. K. (2019). Innovative Chemistry Learning Model : Improving Critical Thinking Skills and Self Efficacy of Pre-service Chemistry Teachers. Journal of Technology and Science Education, 9(1), 59-76.

Sudijono, A. (2015). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsino.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v11i2.2382

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  


 EDITORIAL OFFICE: