PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA SISWA MELALUI PHONIC LEARNING DI SEKOLAH DASAR

Hasanudin Hasanudin, Irfandi Idris, Faisal Eka Mahendra, Rezkiah Hartanti, Ruslan Hasyim

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD Muhammadiyah Malawili Kabupaten Sorong melalui metode pembelajaran fonik dalam meningkatkan literasi membaca. Pemahamamn terkait bacaan dalam proses belajar terhambat karena kurangnya kemampuan siswa dalam literasi membaca. Hal ini ditunjukkan dari rendahnya hasil capaian belajar siswa dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) sangat rendah. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur penelitian melalui perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 kali siklus dengan subjek penelitian siswa kelas II yang berjumlah 28. Hasil dari penelitian ini yaitu, dalam siklus I rata-rata hasil belajar siswa 67,75 dengan presentase ketuntasan klasikal 71,72%. Sementara dalam siklus II rata-rata hasil belajar siswa mencapai nilai 82,61 dengan presentase ketuntasan klasikal 79% yang masuk kaegori tinggi. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan literasi membaca siswa melalui metode pembelajaran fonik pada siswa kelas II SD Muhammadiyah Malawili Kabupaten Sorong.

Abstract: This study aims to improve the learning outcomes of second-grade students at SD Muhammadiyah Malawili, Sorong Regency, through the phonics teaching method to enhance reading literacy. Understanding related to reading in the learning process is hindered due to the lack of students' reading literacy skills. This is indicated by the low student achievement with a very low Minimum Mastery Criterion (MMC). This research was conducted using the Classroom Action Research (CAR) method with a research procedure involving planning, implementation, observation, and reflection. The research was carried out in two cycles, with the research subjects being 28 second-grade students. The results of this study show that in the first cycle, the average student learning outcome was 67.75, with a classical completeness percentage of 71.72%. Meanwhile, in the second cycle, the average student learning outcome reached 82.61, with a classical completeness percentage of 79%, categorized as high. From this data, it can be concluded that there is an improvement in students' reading literacy through the phonics teaching method among second-grade students at SD Muhammadiyah Malawili, Sorong Regency.


Keywords


Kemampuan Literasi; Membaca; Pembelajaran Fonik

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en%5C&lr=%5C&id=M_UrEAAAQBAJ%5C&oi=fnd%5C&pg=PA1%5C&dq=literasi+membaca%5C&ots=_M87aM0O5d%5C&sig=KmlBBizqTAPxBE_KAj5kFDQ4WpE

Adli, R. N. (2022). Perancangan Interior Fasilitas Terapi Disleksia Dengan Pendekatan Metode Fonik Di Bandung. elibrary.unikom.ac.id. https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/7387/

Adnyana, I. M., Arnyana, I. B. P., & Margunayasa, I. G. (2023). Digital Phonics Literacy Media to Support the Initial Reading Skills of First-Grade Students in Multicultural Bilingual Schools. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 6(1), 14–25. https://doi.org/10.23887/jpmu.v6i1.58838

Amri, S., & Rochmah, E. (2021). Pengaruh Kemampuan Literasi Membaca Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 13(1), 52–58. https://doi.org/10.17509/eh.v13i1.25916

Anggraeni, S., Suyono, S., & Kuswandi, D. (2019). Metode Jolly Phonics sebagai Metode Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(1), 91. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i1.11873

Ariyanti, F. (2022). Penggunaan Metode Fonik (Phonic Method) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Disleksia Di Kelas 1 SD Negeri 187/1 Teratai. Indonesian Journal of Education Research (IJoER), 3(1), 16–20. https://doi.org/10.37251/ijoer.v3i1.552

Erdi. (2022). Pengaruh Metode Fonik Melalui Animasi Powerpoint Terhadap Kemampuan Membaca Anak Di Taman Kanak-Kanak Pembina. 2022, 6(01), 41–45.

Fikriyah, F., Rohaeti, T., & Solihati, A. (2020). Peran orang tua dalam meningkatkan literasi membaca peserta didik sekolah dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset …. https://jurnal.uns.ac.id/jdc/article/view/43937

Fonetik, M., & Terhadap, P. (n.d.). The Phonics Method in A ṣ wat Learning and Its Influence on the Reading Ability of Ibtidaiyyah Madrasah Students Email : [email protected]. 8(2), 231–247. https://doi.org/10.14421/almahara.

Gogahu, D. G. S., & Prasetyo, T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Bookstory untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. https://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/493

Harahap, D. G. S., Nasution, F., Nst, E. S., & Sormin, S. A. (2022). Analisis kemampuan literasi siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu. https://scholar.archive.org/work/yoo7ghqtfbbatnuqumge24a7qe/access/wayback/https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/download/2400/pdf

Hildayanti, A., Ibrahim, R. D., & Suardi, D. (2023). Pendampingan Kemampuan Literasi Anak Melalui Pembelajran Fonik Assisting Children ’ s Literacy Skills Through Phonics Learning. 3(4).

Juliana, R., Witarsa, R., & Masrul, M. (2023). Penerapan Gerakan Literasi terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Literasi Membaca di Sekolah Dasar. Journal of Education Research. https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/265

Munawaroh, M. (2022). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Melalui Kelas Literasi di Sekolah Dasar Islam. JENIUS (Journal of Education Policy and Elementary Education Issues), 2(2), 108–116. https://doi.org/10.22515/jenius.v2i2.4438

Norfienti, L. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Melalui Metode Fonik Di Taman Kanak-Kanak Islam Adzkia Bukittinggi. Journal of Chemical Information and Modeling, 1(1), 1–10.

Nuraisyah, S., Risandi, A., & Sri Utami, I. I. (2023). Peningkatan Literasi Membaca Anak Melalui Pojok Baca. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 81–88. https://doi.org/10.30997/ejpm.v4i1.6593

Nurulanningsih. (2023). Classroom action research as the professional development of indonesian language teachers. Didactique Bahasa Indonesia, 4(1), 50–61. https://online-journal.unja.ac.id/JKAM/article/view/13805

Pratiwi, S. H. (2021). Upaya meningkatkan literasi membaca di masa pandemi melalui kegiatan seminggu sebuku. FITRAH: International Islamic Education Journal. http://journal.ar-raniry.ac.id/index.php/fitrah/article/view/835

Putri, S., Laily, N., & Amelasasih, P. (2021). Efektivitas Metode Fonik terhadap Penurunan Tingkat Keterlambatan Bicara Anak Usia 4-5 Tahun. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7(2), 171–184. https://doi.org/10.53627/jam.v7i2.4256

Saragih, A., & Widayat, I. W. (2020). Metode Fonik Dan Proximal Self Motivation untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 9(1), 26. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v9i1.3589

Tiani, F., Simbolon, M. E., & Hermawati, E. (2023). MEMBACA PERMULAAN SISWA. 2, 172–178.

Westhisi, S. M. (2019). Metode Fonik Dalam Pembelajaran Membaca Permulaan Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Jurnal Tunas Siliwangi, 5(1), 23–37.




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v15i4.24000

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fandi Idris Fandiidris

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  

..

 EDITORIAL OFFICE: