PENGEMBANGAN MEDIA FLASH FLIPBOOK BERBASIS PANDUAN EFT (EMOTIONAL FREEDOM TECHNIQUE) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN REGULASI EMOSI SISWA

Maya Masyita Suherman, Azmi Sya’ban Husaeni, Mutia Nurfauziah, Riesa Rismawati Siddik

Abstract


Abstrak: Kemampuan regulasi emosi sangat dibutuhkan bagi siswa. Dengan memiliki regulasi emosi yang baik, remaja dapat mengelola emosi negatif dan berperilaku dengan cara yang dapat diterima oleh orang lain, dapat mengatasi perasaan sedih, kecewa, dan putus asa sehingga dapat menghindari terjadinya depresi. Tugas utama Bimbingan dan Konseling yaitu memberikan layanan bantuan kepada peserta didik untuk mencapai perkembangan dirinya secara optimal. Salah  satu  media  dalam pemberian layanan  yang  diharapkan  dapat menciptakan suasana  yang menarik dan kondusif yaitu  dengan  penggunaan media flash flipbook. Dalam penelitian ini menggunakan metode research and development (RnD) model Borg & Gall yang meliputi 7 langkah. Penelitian ini dilakukan di kelas SMA 1 Batujajar dengan melibatkan 38 siswa. Berdasarkan hasil validasi ahli materi diperoleh hasil penilaian memiliki skor rata-rata sebesar 79,3% dan termasuk kategori layak. Berdasarkan validasi ahli media diperoleh hasil rata-rata sebesar 89% dan termasuk kategori sangat layak. Berdasarkan hasil validasi dari ahli praktisi diperoleh skor rata-rata sebesar 87,7% dan termasuk kategori sangat layak. Hasil persentasi dari pemahaman siswa terkait regulasi  emosi dapat dikategorikan Paham dengan rata-rata sebesar 58%, sehingga Ini membuktikan bahwa media flash flipbook layak digunakan dalam meningkatkan keterampilan regulasi emosi siswa.

Abstract:  Emotional regulation skills are very necessary for students. By having good emotional regulation, teenagers can manage negative emotions and behave in a way that is acceptable to others, can overcome feelings of sadness, disappointment and despair so that they can avoid depression. The main task of Guidance and Counseling is to provide assistance services to students to achieve optimal personal development. One of the media in providing services that is expected to create an attractive and conducive atmosphere is the use of flash flipbook media. In this research, the Borg & Gall model of research and development (RnD) method is used, which includes 7 steps. This research was conducted in the class of SMA 1 Batujajar involving 38 students. Based on the validation results from material experts, the assessment results showed that the average score was 79.3% and was included in the feasible category. Based on media expert validation, the average result was 89% and was included in the very feasible category. Based on validation results from expert practitioners, an average score of 87.7% was obtained and was included in the very feasible category. The percentage results of students' understanding regarding emotional regulation can be categorized as Understanding with an average of 58%, so this proves that the flash flipbook media is suitable for use in improving students' emotional regulation skills.


Keywords


Emotional Freedom Technique; Regulasi Emosi; Flash Flipbook

Full Text:

PDF

References


Adika. (2014). Pengembangan flipbook fisika untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif bagi siswa SMP/MTs kelas VIII pada materi cahaya. Artikel Ilmiah Tugas Akhir. Yogyakarta : Pendidikan Fisika UIN Yogyakarta

Aniqotunnisa, Siti. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Kuis Interaktif Nahwu Berbasis Macromedia Flash 8 Sebagai Sumber Belajar Mandiri Di Madrasah Tsanawiyah Ibnul Qoyyim Putra Kelas VIII. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN.

Borg, R.W. & Gall, M.D. (2008). Educational Research: An Introduction. The Eight Edition. Pearson Education, Inc.

Christner, R.W dan Mennuti. R.B. (2019). School Based Mental Health: a Practitioner’s Guide to Comparative Practices. Routledge.

Fitriani, Yulia & Alsa, Asmadi. (2015). Relaksasi Autogenik untuk Meningkatkan Regulasi Emosi pada Remaja SMP. Journal of Psychology, Vol.1, No.3.

Gunawan, Dedi. (2010). Modul Pembelajaran Interaktif Elektronika Dasar Untuk Program Keahlian Teknik Audio Video Smk Muhammadiyah 1 Sukoharjo Menggunakan Macromedia Flash 8”. Jurnal KomuniTi. Vol. 2, No. 1, Juni 2010.

Gross, J.J. & Munoz, R.F. (1995). Emotion Regulation and Mental Health. American Psychological Association D12. Mental Health pdf tanggal 20 Februari 2023

Juwono, S. 2012. Buku Terapi EFT (Emotional Freedom Technique). Yogyakarta: NQ. Publising.

Nazeri. (2013). Penggunaan e-FlipBook dalam Topik Elektrik dan Elektronik: Inovasi dalam Pengajaran Reka Bentuk dan Teknologi PISMP RBT. Artikel Ilmiah Tugas akhir: Vol 1 (1).

Rasiman. 2014. Efektivitas Resource-Based Learning berbantuan Flip book maker dalam pembelajaran matematika SMA. JKPM. ISSN : 2339-2444. Vol 1 (2).hal:34-41.

Saputra, A. (2011). EFT (Emotional Freedom Tecnique). Yogyakarta: Genius Publisher.

Saxena, P., Dubey, A., & pandey, R. (2011). Role of Emotion Regulation Difficulties in Predicting Mental Health and Well-Being. SIS J. Proj.Psy. & Mental Health 18: 147-155

Utomo, H.B. (2015). Keterkaitan antara Kognitif dengan Regulasi Emosi. Jurnal Pendidikan, DOI: 10.13140/RG.2.1.2410.0325 (https://www.researchgate. net/publication/282182709_Keterkaitan_Antara_Kognitif_Dengan_Regulasi _Emosi.)

Widada, B. W. (2018). Cara Mudah Membuat Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash. Gava Media.

Wijayanto. (2014). Pengembangan e-modul berbasis flip book maker dengan model project Based learning untuk mengembangkan kemampuan pemecahan Masalah matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika. ISBN 978-602-0960- 00-5. Hal: 625-628

Yohanes, A. (2013). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Flipbook terhadap Hasil Belajar Siswa Sistem Gerak Manusia di SMP Artikel Ilmiah Tugas Akhir. Pontianak: Pendidikan Biologi FKIP Untan.




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v15i4.24709

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Maya Masyita Suherman, Azmi Sya’ban Husaeni, Mutia Nurfauziah, Riesa Rismawati Siddik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  

..

 EDITORIAL OFFICE: